Deutsche Allgemeine Zeitung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


DAZ edisi tahun 1939

Deutsche Allgemeine Zeitung (sering disingkat sebagai DAZ) adalah sebuah surat kabar Jerman yang terbit dari tahun 1861 hingga 1945.

Sampai tahun 1918, surat kabar ini dikenal dengan nama Norddeutsche Allgemeine Zeitung. Meskipun pada awalnya Wilhelm Liebknecht, salah satu pendiri SPD serta rekan dekat Karl Marx dan Friedrich Engels, menjadi anggota dewan redaksi pendiri pada tahun 1861, surat kabar ini kemudian menjadi terkenal sebagai media konservatif dalam pers Jerman, sering dijuluki ("Bismarcks Hauspostille"). Setelah Perang Dunia Pertama berakhir, nama surat kabar tersebut diubah menjadi "Deutsche Allgemeine Zeitung", dengan tujuan untuk menciptakan sebuah koran konservatif dan demokratis yang setara dengan The Times di Inggris, serta untuk menampilkan citra yang lebih demokratis dari Reich. Berbagai penulis, baik liberal maupun konservatif, bekerja untuk DAZ pada masa itu, termasuk Otto Flake sebagai kepala Bagian Kebudayaan ("Feuilleton"), bersama kontributor seperti sejarawan Egmont Zechlin, jurnalis Dr. Friedrich Schrader, dan kolega Swissnya, Max Rudolf Kaufmann.

Pada awal 1920-an, Hans Humann mengambil alih kendali DAZ. Surat kabar ini terlibat dalam kontroversi mengenai penolakan dan pembenaran genosida Armenia. Setelah pembunuhan Talat Pasha pada Maret 1921, DAZ melancarkan kampanye anti-Armenia, yang agresif, dan menyatakan dalam salah satu artikelnya bahwa pembunuhan dan penikaman adalah "cara Armenia yang sebenarnya".[1]

Hugo Stinnes mengambil alih DAZ pada tahun 1920 dengan tujuan untuk memperkuat pengaruh industri. Ia berinvestasi dalam surat kabar tersebut, dan menikmati kesuksesan finansial untuk sementara waktu. DAZ menjadi semakin konservatif di bawah kepemimpinannya. Paul Lensch, mantan sosialis sayap kiri yang pernah berkaitan dengan Rosa Luxemburg, dan kemudian beralih ke sayap kanan "Lensch-Cunow-Haenisch-Gruppe" di dalam SPD, yang juga didukung oleh sosialis Jerman-Rusia-Yahudi, Alexander Parvus, menjadi penyunting kebijakan luar negeri dan kemudian menjabat sebagai pemimpin redaksi DAZ hingga kematiannya pada tahun 1926. Setelah Lensch meninggal, dan di bawah dukungan Stinnes untuk koalisi Weimar (Stinnes terkait dengan Gustav Stresemann dan partainya, DVP), surat kabar tersebut semakin bergeser ke kanan dan mendekat dengan pers Hugenberg serta lingkaran sayap kanan yang anti-demokrasi. Setelah kematian Stinnes, pemerintah Prussia secara diam-diam membeli DAZ pada tahun 1925, tetapi kemudian dijual kembali oleh pemerintah Reich setelah skandal tersebut terungkap kurang dari setahun kemudian.[2]

Pada tahun 1930, DAZ mengalami kemunduran dan menderita kerugian finansial yang signifikan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ihrig, Stefan (2016). Justifying Genocide: Germany and the Armenians from Bismarck to Hitler. Harvard University Press. hlm. 229–231. ISBN 978-0-674-50479-0. 
  2. ^ a b Fulda, Bernhard (2009). Press and Politics in the Weimar Republic, pp. 22, 43. Oxford University Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]