Lompat ke isi

Despoina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Despoina (Δέσποινα), juga dikenal sebagai Despoena atau Despoine, adalah putri dari pasangan dewi Demeter dan dewa Poseidon dalam mitologi Yunani. Ia merupakan saudara perempuan dari Arion. Despoina adalah dewi kesuburan yang dipuja dalam kultus Misteri Akakesion (Acacesium) di wilayah Arkadia.[1]

Despoina dipuja bersama ibunya, Demeter, sebagai salah satu dewi misteri Eleusinian. Nama aslinya dirahasiakan dan hanya boleh diketahui oleh mereka yang terpilih dalam misteri tersebut. Pausanias, seorang ahli geografi dan penulis Yunani kuno, menceritakan bahwa Demeter memiliki dua anak perempuan: Kore (yang kemudian dikenal sebagai Persefone) dan Despoina. Zeus adalah ayah dari Kore, sedangkan Poseidon adalah ayah dari Despoina. Pausanias tidak dapat mengungkapkan nama asli Despoina karena kerahasiaan yang melingkupinya.

Dalam mitos, diceritakan bahwa Poseidon, yang menginginkan Demeter, menyamar sebagai kuda jantan untuk mendekatinya. Dari hubungan ini, lahirlah Despoina dan Arion (Ἀρείων). Kemarahan Demeter atas kejadian ini membuatnya mendapatkan julukan Erinys, yang berarti "kemarahan".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [[1](https://www.theoi.com/Georgikos/Despoine.html) "DESPOENA (Despoine) - Greek Goddess of the Arcadian Mysteries"] Periksa nilai |url= (bantuan). [www.theoi.com](https://www.theoi.com). Diakses tanggal 2021-04-30.