Deniz Öncü

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Deniz Öncü
KebangsaanTurki
Lahir26 Juli 2003 (umur 20)
Alanya, Turki
Tim saat iniRed Bull KTM Tech3
No. motor53
Situs webÖncü Twins
Catatan statistik
Karier Kejuaraan Dunia Moto3
Tahun aktif2019
PabrikanKTM
Juara dunia0
Klasemen 202017st (50 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
22 0 1 0 0 50

Deniz Öncü (lahir 26 Juni 2003) adalah pembalap motor Turki.

Karier[sunting | sunting sumber]

Saudara kembar Can, Deniz Öncü menjadi berita utama pada tahun 2017 ketika ia merebut gelar Idemitsu Asia Talent Cup dengan satu poin hanya pada tahun keduanya di seri ini. Masih berusia 14 tahun, pembalap Turki berbakat itu juga finis keempat di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada tahun yang sama, dengan sorotan kampanyenya adalah kemenangan di Sachsenring dan Brno.

Pada tahun 2018, Deniz bersaing ketat dengan saudara kembarnya Can untuk gelar Rookies Cup, akhirnya menjadi runner-up meski telah meraih tiga kemenangan. Semua fokus dan perhatiannya tertuju pada Kejuaraan Dunia Junior Moto3™ pada tahun 2019 saat ia berusaha melangkah lebih jauh di musim 2018. Namun, meski menunjukkan kecepatan lari terdepan di sebagian besar putaran, kecelakaan dan masalah teknis mengganggu tahun ini karena ia gagal mencatatkan satu pun podium. Öncü menunjukkan bakatnya di panggung Kejuaraan Dunia pada tahun 2019, menggantikan saudaranya Can di lima kesempatan dan mengesankan setiap saat.

Pada tahun 2020, ia mendapat kesempatan di Kejuaraan Dunia penuh waktu sebagai bagian dari skuad Red Bull KTM Tech 3. Tidak kurang dari lima finis sepuluh besar, termasuk yang terbaik dari keenam di Valencia, membuat pembalap Turki itu tampil mengesankan di musim rookie-nya. Tetap menggunakan Tech3 selama satu tahun lagi, dia akan berusaha untuk masuk ke lima besar pada tahun 2021.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]