Lompat ke isi

Dealer mobil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dealer mobil pada umumnya (dalam hal ini dealer Jeep) di A.S. yang menjual mobil bekas di luar, mobil baru di showroom, serta pintu masuk kendaraan ke suku cadang dan area servis di belakang gedung

Dealer mobil, merupakan suatu usaha yang menjual mobil baru atau bekas, pada tingkat eceran, berdasarkan kontrak dealer dengan produsen mobil atau anak perusahaan penjualannya. Dealer mobil juga sering menjual suku cadang dan jasa perawatan otomotif.

Di Amerika Serikat, dealer mobil secara historis menjadi sumber penting pajak penjualan negara bagian dan lokal. Mereka mempunyai pengaruh politik yang besar dan telah melobi peraturan yang menjamin kelangsungan hidup dan keuntungan mereka. Pada tahun 2010, semua negara bagian AS mempunyai undang-undang yang melarang produsen untuk mengesampingkan dealer mobil independen dan menjual mobil langsung ke konsumen. Pada tahun 2009, sebagian besar negara bagian memberlakukan pembatasan pendirian dealer baru untuk bersaing dengan dealer lama.

Para ekonom mencirikan peraturan ini sebagai bentuk pencarian rente yang mengambil keuntungan dari produsen mobil, meningkatkan biaya bagi konsumen, dan membatasi masuknya dealer mobil baru sekaligus meningkatkan keuntungan bagi dealer mobil lama. Penelitian menunjukkan bahwa akibat undang-undang ini, harga eceran mobil menjadi lebih tinggi dibandingkan harga normalnya.