David Nelson (kolektor botani)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

David Nelson (wafat 20 Juli 1789) adalah seorang tukang kebun dan botanis pada pelayaran ketiga James Cook, dan botanis di kapal HMS Bounty di bawah pimpinan William Bligh pada waktu dahagi terkenal.

Leluhur atau kehidupan awalnya tak diketahui. Pada 1776, saat bekerja sebagai tukang kebun di Kew Gardens, ia menerima jabatan sebagai pelayan untuk William Bayly, astronom resmi di kapal HMS Resolution. Ia dipromosikan menjadi able seaman; namun tugas sebenarnya yang diatur oleh Joseph Banks dan Cook adalah untuk mengumpulkan banyak spesimen botani sememungkinkannya untuk Royal Gardens,[1] karena Cook, gagal untuk bertindak menjadi botanis pada jabatan tersebut. Ia meraih sejumlah kecil pelatihan dan instruksi botani dari Banks dan William Aiton sebelum berlayar. Pada pelayaran, ia juga membuat koleksi unggas Hawaii asli signifikan, yang sekarang disimpan di British Museum.[1]

Saat pulang ke London pada 1780, ia bekerja sebagai tukang kebun di Kew Gardens selama tujuh tahun, sebelum Banks mengangkatnya sebagai botanis untuk pelayaran Bligh ke Tahiti untuk membawa pohon-pohon sukun.[1] Nelson memiliki kontrol Kabin Besar dan 1015 pohon sukun yang ditempatkan di pot yang akan dibawa ke Hindia Barat. Ia terlibat dalam dahagi tersebut dan menjadi salah satu dari 19 awak kapal yang masih setia dengan kapten dan menyelamatkan diri dengan perahu kecil. Ia bertahan hidup dalam pelayaran 3800 mil menuju Timor, tetapi setelah beberapa hari datang ke Kupang, wafat akibat demam.[2] Bligh would later name Mount Nelson, Tasmania in his honor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Quanchi, Max (2005). Historical Dictionary of the Discovery and Exploration of the Pacific Islands. The Scarecrow Press. hlm. 192. ISBN 0810853957. 
  2. ^ St. John, Harold (1976). "Biography of David Nelson, and an account of his botanizing in Hawaii". Pacific Science. 30 (1): 1–5. hdl:10125/1529. 
  3. ^ "Author Query for 'Nelson'". International Plant Names Index. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Brosse, Jacques (1983). Great Voyages of Exploration. The Golden Age of Discovery in the Pacific. Transl. Stanley Hochman. Sydney: Doubleday. ISBN 0-86824-182-2.