David N. Weiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David N. Weiss
LahirDavid Nathan Weiss
31 Oktober 1961 (umur 62)
PendidikanBuena High School
AlmamaterUniversitas Pepperdine
USC School of Cinematic Arts
PekerjaanPenulis latar, pemimpin buruh

David Nathan Weiss (lahir 31 Oktober 1961) adalah seorang penulis, penceramah dan pemimpin buruh Amerika. Ia merupakan penulis latar film-film, yang meliputi All Dogs go to Heaven, The Rugrats Movie, Shrek 2, Clockstoppers, Jimmy Neutron: Boy Genius, Rugrats in Paris: The Movie, The Smurfs dan Ferdinand dan juga telah menulis untuk acara-acara televisi seperti Mission Hill, semuanya adalah penulisan hasil kerjasama dengan mitra menulisnya, J. David Stem.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

David N. Weiss lahir pada sekitar tahun 1960 dan dibesarkan di Ventura, California.[1][2] Ia lulus dari Buena High School di Ventura. Sebagai lulusan bisnis kehormatan dari Universitas Pepperdine, Malibu, CA (B.S. Business Admin, Magna Cum Laude), Mr. Weiss meraih gelar master-nya dari USC School of Cinematic Arts (MFA Production).

Karier[sunting | sunting sumber]

Weiss menulis dan menyutradarai beberapa film pendek pemenang penghargaan dan menulis permainan latar untuk MGM Classic, All Dogs Go To Heaven. Dengan mitra menulisnya, J. David Stem, Weiss bertugas sebagai kepala penulis untuk Rugrats dan menulis episode khusus hari raya Rugrats Chanukah.[3] Kredit TV lainnya merupakan serial CBS hit, Cybill (eksekutif penyunting cerita) Mission Hill (co-produser) di The CW dan Roundhouse di Nickelodeon. Weiss juga bekerja sama menulis film komedi keluarga hit, Are We There Yet, yang dibintangi oleh Ice Cube, film petualangan Paramount Pictures, Clockstoppers dan bertugas sebagai co-eksekutif produser/show-runner pada Focus pada serial video keluarga populer StoryKeepers.

Weiss dinominasikan untuk sebuah prime time Emmy Award untuk karyanya pada episode khusus the Rugrats Mother's Day dan dua filmnya yang dinominasikan untuk Academy Awards(Shrek 2 & Jimmy Neutron: Boy Genius – "Film Fitur Animasi Terbaik"). The Smurfs memecahkan rekor 7 minggu pada urutan #1 di seluruh dunia. Film tersebut masuk box office dengan meraih keuntungan sejumlah $2.3 miliar di seluruh dunia.

Pada 2005, Weiss terpilih menjadi wakil presiden Writers Guild of America, West.[1] Pada 2009, setelah menjalani dua masa jabatan sebagai wakil presiden, Weiss terpilih menjadi sekretaris-bendahara Writers Guild of America, West.[4]

Weiss juga menulis tiga buku anak-anak, yang meliputi buku dengan penjualan terbaik karya Kay Thompson, Eloise in Hollywood (dengan Stem, untuk Simon & Schuster). Ia adalah pelindung dari Festival Film Insight.[5] Ia mengajar di Sekolah Televisi, Film & Seni Rupa Ma'aleh, Yerusalem, Israel.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Weiss telah menikah dan memiliki dua anak.[6]

Weiss dibesarkan sebagai Yahudi Reformasi dan berpindah ke agama Kristen pada masa remaja.[6] Setelah berpindah ke Los Angeles, ia berpindah ke Yudaisme Ortodoks.[1][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Spence, Rebecca (7 November 2007). "Leader of Hollywood Union Strike Follows a More Traditional Script". Forward. Diakses tanggal 7 Mei 2016. 
  2. ^ Simmons, Shraga (6 Juni 2004). "SHREK'S MAZEL". KEHILLAH. Diakses tanggal 7 Mei 2016. 
  3. ^ a b Brown, Hannah (7 April 2011). "Blue And White All Over". The Jerusalem Post. Diakses tanggal 7 Mei 2016. 
  4. ^ Mitchell, Gregg (18 September 2009). "Writers Guild of America, West Announces Final Results of 2009 Officers and Board of Directors Election". Writers Guild of America, West. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 7 mei 2016. 
  5. ^ "People". Festival Film Insight. Diakses tanggal 7 Mei 2016. [pranala nonaktif permanen]
  6. ^ a b c Wenig, Gaby (1 Juli 2004). "'Shrek 2' Writer Gets His Happy Ending". The Jewish Journal of Greater Los Angeles. Diakses tanggal 7 Mei 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]