David Keith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Keith
LahirDavid Lemuel Keith
8 Mei 1954 (umur 69)
Knoxville, Tennessee, A.S.
PekerjaanAktor, sutradara
Tahun aktif1978-sekarang
Suami/istriNancy Clark (2000-sekarang)

David Lemuel "Davey" Keith (kelahiran 8 Mei 1954) adalah seorang aktor dan sutradara Amerika. Ia meraih nominasi Globe Emas untuk Aktor Pendukung Terbaik dan Bintang Baru Tahun Ini – Aktor untuk penampilannya dalam An Officer and a Gentleman. Penampilannya membuatnya menjadi peran utama dalam film-film adaptasi 1980an yakni The Lords of Discipline, Firestarter dan White of the Eye.

Karier[sunting | sunting sumber]

Keith awalnya adalah pemeran pendukung dalam film penjara Brubaker. Ia menjadi karakter pendukung dalam The Rose, yang dibintangi oleh Bette Midler, dan An Officer and a Gentleman, bersama dengan Richard Gere.

Keith bermain bersama dengan Elvis Presley pada film 1988 Heartbreak Hotel. Ia menyutradarai The Curse dan The Further Adventures of Tennessee Buck (yang juga ia bintangi). Ia muncul dalam Ernest Goes to School sebagai Squint Westwood (sebuah plesetan dari Clint Eastwood) dan dalam The Indian in the Cupboard sebagai koboi "Boo-Hoo" Boone. Ia memainkan peran utama Nate Springfield dalam film 2003 Hangman's Curse. Ia juga membintangi The Class, sebuah sitkom Amerika, sebagai Yonk Allen, seorang pensiunan pemain sepak bola profesional. Peran lainnya meliputi bagian dalam Daredevil dan film televisi 2002 Carrie. Ia muncul dalam film 2004 Raise Your Voice yang dibintangi oleh Hilary Duff, dan film 2006 Expiration Date.

Ia muncul dalam beberapa serial televisi, yang meliputi NCIS, Law & Order: Special Victims Unit, Law & Order: Criminal Intent, CSI: Miami, High Incident dan Hawaii Five-0. Pada 2010, Keith berperan sebagai John Allen, ayah dari Robert Allen (James Wolk) dalam drama televisi berdurasi pendek Lone Star.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Keith lahir di Knoxville, Tennessee, sebagai putra dari Hilda Earle, seorang pekerja pada Badan Pendidikan Wilayah Knox, dan Lemuel Grady Keith, Jr., seorang pekerja divisi personel pada Otoritas Lembah Tennessee.[1][2] Sepupunya adalah Mike Keith, pengumum permainan pada tim sepak bola Tennessee Titans NFL.

Keith adalah anggota Badan Penasehat Nasional dan jurubicara PROTECT: The National Association to Protect Children.

Keith menikahi Nancy Clark, seorang realtor, pada 2000 dan pasangan tersebut tinggal di Knoxville, Tennessee.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai aktor[sunting | sunting sumber]

Sebagai sutradara[sunting | sunting sumber]

  • The Curse (1987)
  • The Further Adventures of Tennessee Buck (1988)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]