Daun ubi tumbuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Daun ubi tumbuk
Sayur Daun Ubi Tumbuk Batak 1.JPG
Daun ubi tumbuk, Masakan Batak
SajianSayuran, hidangan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahSumatra, Kalimantan dan Sulawesi
Dibuat olehIndonesia
Suhu penyajianHangat atau suhu kamar
Bahan utamadaun singkong, ditumbuk dan dibumbui dengan campuran jahe, lengkuas, kemiri, bawang putih, dan serai, dicampur santan dan ikan teri

Daun ubi tumbuk adalah hidangan sayuran yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk. Secara tradisional daun singkong ini ditumbuk dengan menggunakan lesung dan alu batu atau cobek dan ulekan, meskipun demikian, cara lain dengan mengiris dan mencincangnya tipis-tipis, atau menggunakan alat blender atau pemroses makanan juga dapat dilakukan.

Hidangan ini dapat di temukan dalam berbagai tradisi kuliner di Nusantara, dari Masakan Padang dan Batak di Sumatra;[1] Masakan Dayak di Kalimantan;[2] serta Manado dan Bugis di Sulawesi.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Daun singkong ini dimasak dalam campuran bumbu tumis, yang terdiri atas sedikit cabai dan bawang merah, serta ditambahi jahe, lengkuas, kemiri, bawang putih, dan serai, dicampur santan dan ikan teri. Daun ubi tumbuk biasanya dimasak dengan campuran cempokak.

Resep daun ubi tumbuk yang lebih sederhana dapat ditemukan dalam tradisi memasak suku Dayak dari Kalimantan, yaitu dengan cara merebus daun singkong dengan bawang merah, ditambah campuran lemak hewani dan garam.[2]

Untuk tradisi memasak barat, daun kale dapat dijadikan sebagai pengganti daun singkong.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pepy Nasution. "Gulai Daun Ubi Tumbuk Recipe (Mandailing Crushed Cassava Leaves Curry)". Indonesia Eats. 
  2. ^ a b "Budaya Dayak". 
  3. ^ Sri Owen. Indonesian Regional Food and Cookery. hlm. 55–56.