Daun hidup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daun hidup
Biophytum sensitivum

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoOxalidales
FamiliOxalidaceae
GenusBiophytum
SpesiesBiophytum sensitivum
DC., 1824
Tata nama
BasionimOxalis sensitiva (en)

Biophytum sensivum, juga dikenal sebagai daun hidup[1], atau rumput krambilan adalah spesies tumbuhan dalam genus Biophytum dari famili Oxalidaceae . Hal ini umumnya ditemukan di Kerala, lahan basah Nepal, India tropis dan di negara-negara Asia Tenggara lainnya dan digunakan untuk tujuan pengobatan di Nepal dan India . Tumbuhan ini juga merupakan gulma umum di rumah kaca tropis, namun daun hidup sangat sensitif terhadap tungau laba-laba . Investigasi telah dilakukan ke kimia tanaman, aktivitas biologis, dan penggunaan obat. [2] Mirip dengan putri malu, daun selebaran daun hidup mampu bergerak cepat sebagai respons terhadap rangsangan mekanis seperti sentuhan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Analisis kimia telah menunjukkan bahwa bagian tanaman kaya akan senyawa seperti amentoflavone, cupressuflavone, dan isoorientin . Ekstraknya secara tradisional diyakini bersifat antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, antitumor, radioprotektif, kemoprotektif, antiangiogenetik, penyembuhan luka, imunomodulator, anti-diabetes, dan kardioprotektif. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata daun - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  2. ^ a b Sakthivel, KM; Guruvayoorappan, C (2012). "Biophytum sensitivum: Ancient medicine, modern targets". J Adv Pharm Technol Res. 3: 83–91. doi:10.4103/2231-4040.97279. PMC 3401679alt=Dapat diakses gratis. PMID 22837955.