Dataran Tinggi Siberia Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sungai Tunguska Bawah di Dataran Tinggi Siberia Tengah.

Dataran Tinggi Siberia Tengah (Rusia: Среднесиби́рское плоского́рье, Srednesibirskoye Ploskogorye) adalah daerah dataran tinggi yang luas, Siberia utara-tengah, Rusia. Dataran tinggi ini menempati area seluas 600.000 mil persegi (1.500.000 km persegi). Terletak di Krasnoyarsk kray (wilayah), Sakha, Irkutsk oblast (provinsi). Dibatasi oleh Sungai Yenisey di barat, Dataran Rendah Siberia Utara di utara, Sungai Lena (menurut beberapa pihak berwenang, oleh Pegunungan Verkhoyansk) di sebelah timur, dan Pegunungan Vostochny Sayan (Sayan Timur) dan wilayah Baikal ke selatan.

Dataran tinggi ditopang oleh batu-batu kristal dari Platform Siberia yang stabil, tetapi ini ditindih oleh endapan laut serta seri batuan yang lebih baru. Ketinggian rata-rata adalah 1.650 - 2.300 kaki (500 - 700 meter), tetapi kadang-kadang muncul dataran tinggi: Pegunungan Putoran, Pegunungan Yenisey, dan lainnya. Vegetasi di dataran tinggi bervariasi dari tundra di utara hingga padang rumput di selatan.[1]

  1. ^ "Central Siberian Plateau | plateau, Russia". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-02.