Darmawangsyah Muin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Darmawangsyah Muin yang bernama lengkap Ir. Darmawangsyah Muin, ST. M.Si Daeng Sijaya (lahir 27 Desember 1975) adalah seorang politikus dan Anrong Guru Taeng sejak 2018 yang lalu. Ia dilahirkan dari pasangan Abdul Muin Karaeng Muntu dan Siti Rukiyah di dusun Dusun Lambengi, Bontoala, Pallangga, Gowa.

Ia merupakan Sekretaris Umum DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Wakil Ketua II DPRD Sulawesi Selatan dan suami dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gowa, Andi Tenri Indah. Keduanya terpilih dalam pemilihan umum legislatif Indonesia 2019. Ia dilantik pada 24 September 2019 sebagai anggota DPRD Sulsel dan kemudian terpilih sebagai wakil ketua DPRD Sulsel.[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Salah satu saudari perempuan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Haeruddin Tasning Daeng Toro atau Letjen. Hertasning bernama Hj. Balobo Tasning daeng Ngugi mempunyai suami bernama H.Alauddin Karaeng Ngemba sebagai pemangku Anrong Guru Taeng. Dari pernikahan Karaeng Ngemba dan Balobo Tasning melahirkan H. Abdul Muin Karaeng Muntu, Abdul Muin memperistrikan Siti Rukiyah, dari pasangan ini melahirkan Ir. Darmawangsyah Muin, ST. M.Si seorang Politikus Sekretaris Umum DPD Gerindra Sulawesi Selatan, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan. Darmawangsah Muin juga sebagai pemangku Adat Anrong Guru Taeng atau dikenal juga dengan nama Bali Empona Kesultanan Gowa memiliki tugas sebagai dewan pertimbangan, yang dijabat sejak Agustus 2018 silam.

Referensi[sunting | sunting sumber]