Darmaga, Cisalak, Subang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Darmaga
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSubang
KecamatanCisalak
Luas1.755 Ha
Jumlah penduduk3.673 jiwa (2010)
Kepadatan-

Darmaga adalah desa di kecamatan Cisalak, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Darmaga memiliki luas wilayah 1.755 Ha/km2 dengan temperatur suhu udara rata rata 30 derajat celcisus.

Kondisi Umum[sunting | sunting sumber]

Jarak Darmaga ke pusat ibu kota kecamatan bisa di tempuh dalam waktu 10 menit dengan kendaraan bermotor, tersedia 2 unit kendaraan umum untuk menjangkaunya, sementara jarak pusat ibu kota kabupaten subang sejauh 27 km, dan ke ibu kota provinsi (Bandung) sejauh 74 km.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Mata pencharian utama warga Darmaga adalah petani dan peternak, sektor pertanian di dominasi oleh padi ladang, sementara itu dari tanaman buah buahan di dominasi oleh tanaman pepaya dan pisang. Darmaga juga memiliki potensi tanaman apotik yaitu lengkuas dan jahe, untuk peternakan sendiri di dominasi oleh ayam, bebek, kambing, domba, dan sapi. Pada tahun 2012 tepatnya di dusun Nyalindung, Darmaga. Perusahaan Aqua (Air mineral) dibantu pemerintah terkait memberikan bantuan program penyediaan sarana air bersih serta hidup bersih dan sehat / program water accsess sanitation and hygene (WASH), yang cukup bermanfaat bagi warga.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dari sisi pendidikan di Darmaga, terbilang sudah cukup baik dengan mayoritas sudah mengenyam wajib belajar 9 tahun dan tercatat ada 515 orang lulusan SMP, 226 orang lulusan SMA, dan 31 orang lulusan S1 (2012) .