Dana (pembayaran)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Espay Debit Indonesia Koe
Dana
IndustriTeknologi informasi
Didirikan5 Desember 2018
PendiriEliza Sariaatmadja
Kantor
pusat
Capital Place Lantai 18, Jl. Gatot Subroto RT.6/RW.1, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
,
Tokoh
kunci
Vincent Iswara
IndukKreatif Media Karya[1]
Situs webdana.id

Dana adalah layanan keuangan digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengalaman bekerja di industri digital payment dan potensi bisnis digital payment di Indonesia yang dinilai menjanjikan, mendorong Chief Executive Officer (CEO) Vincent Iswara mendirikan dompet digital DANA.[2] Perjalanan Dana dimulai tahun 2018 sebagai aplikasi yang menawarkan pembayaran, poin loyalitas, dan layanan keuangan yang didukung oleh lengan digital KMK Online. DANA telah mendapat izin untuk beroperasi sebagai perusahaan fintech di seluruh Indonesia pada 5 Desember 2018. DANA mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang disyaratkan sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia. Lewat DANA, pengguna memungkinkan melakukan transaksi mulai dari pembayaran tagihan, transaksi menggunakan barcode scan, hingga e-commerce. DANA meenjadi platform pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan di berbagai aplikasi, gerai daring maupun konvensional. DANA mengembangkan infrastruktur pembayaran digital dengan mempelajari best practice yang telah digunakan dan melayani ratusan juta pengguna dan telah diakui keamanannya secara global. DANA dikembangkan oleh perusahaan startup yang telah berbadan hukum Indonesia. Investor utama dari Dana adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99 persen. Elang Sejahtera Mandiri merupakan anak usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). EMTEK memiliki kerjasama dengan Ant Financial. Dengan kerja sama antara Emtek dan Ant Financial, DANA mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial. Teknologi Alipay telah mendapat pengakuan dari segi keamanan dan bisa diandalkan di dunia transaksi digital. DANA memiliki kerja sama khusus dengan bank-bank nasional, seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas. DANA dikembangkan sebagai dompet yang dikhususkan menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan regulasi Bank Indonesia dan standar keamanan.[3]

Pada tanggal 9 Agustus 2021, Sinar Mas resmi membeli 100% saham dan telah menguasai perusahaan sepenuhnya.[4][5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laporan Keuangan Emtek Q3 2020
  2. ^ "CEO DANA VINCENT ISWARA : "Slogan Kami, Ganti Dompet" | Teknologi". Bisnis.com. 2019-09-09. Diakses tanggal 2021-06-30. 
  3. ^ Liputan6.com (2018-12-08). "Hal yang Perlu Diketahui Soal DANA, Dompet Digital Besutan Anak Negeri". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-06-30. 
  4. ^ Wah Grup Sinarmas Mau Caplok DANA, Beneran nih?
  5. ^ Sinarmas Bakal Akuisisi DANA dari Emtek (EMTK), Sinyal Lippo Lepas OVO?

Pranala luar[sunting | sunting sumber]