Dan bin Yakub

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sketsa bahasa Portugis untuk Dan.

Dan (דָּן "Hakim", Bahasa Ibrani Standar Dan, bahasa Ibrani Tiberias Dān) adalah salah seorang anak Yakub, dan Bilha, hamba perempuan Rahel (Kejadian 30:4). Dan adalah anak kelima Yakub. Tak banyak lagi yang diketahui tentang kehidupan Dan dari Alkitab Ibrani, kecuali bahwa ia adalah leluhur dari Suku Dan.

Menurut Kitab Yobel, Dan dilahirkan pada tanggal 9 Elul.

Nama[sunting | sunting sumber]

Teks dalam Taurat (bagian dari Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen menyebutkan bahwa nama Dan diturunkan dari kata dananni, artinya ia telah memberikan keadilan kepadaku, sebagai rujukan pada keyakinan Rahel bahwa ia mendapatkan anak karena keadilan dari Allah.

Rahel berkata, "Allah telah memberikan keadilan kepadaku, juga telah didengarkan-Nya permohonanku dan diberikan-Nya kepadaku seorang anak laki-laki."[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Putranya bernama Hushim, menurut Kejadian 46:23. Simson adalah keturunan suku Dan.

Tafsiran[sunting | sunting sumber]

Para penulis rabinik klasik menyimpulkan bahwa Dan adalah kambing hitam di antara orang Israel, berdasarkan penafsiran atas catatan di dalam kitab suci;[2] dalam Kitab Yeremia, bagian Kanaan Utara dihubungkan dengan kegelapan dan kejahatan,[3] sehingga sumber-sumber rabinik menganggap Dan sebagai perlambangan kejahatan.[2]

Rasul Yohanes tidak memuat nama Dan ketika menyebut 12 suku Israel yang termasuk ke dalam 144.000 orang yang dimeteraikan.[4] Kemungkinan ini adalah pernyataan ketidaklayakan Dan. Sebagai gantinya, nama suku Yusuf diwakili dua kali (suku Manasye).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kejadian 30:6
  2. ^ a b Jewish Encyclopedia
  3. ^ Yeremia 1:14
  4. ^ Wahyu 7:5-8