Dan Leno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dan Leno

George Wild Galvin (20 Desember 1860 – 31 Oktober 1904), yang lebih dikenal dengan nama panggung Dan Leno, adalah seorang komedian balai musik dan aktor teater musikal Inggris utama pada akhir era Victoria. Selain aksi balai musiknya, ia dikenal karena peran dame-nya dalam pantomim tahunan yang terkenal di Theatre Royal, Drury Lane, London, dari 1888 sampai 1904.

Leno lahir di St Pancras, London, dan mulai masuk ke dunia hiburan pada masa kecil. Pada 1864, ia bergabung dengan orangtuanya di atas panggung dalam drama balai musik mereka, dan ia membuat penampilan solo pertamanya, pada usia sembilan tahun, di Britannia Music Hall, Coventry. Pada masa muda, ia dikenal karena tari clog-nya, dan pada masa remaja, ia menjadi bintang dari drama keluarganya. Ia mengadopsi nama panggung Dan Leno dan, pada 1884, membuat penampilan pertamanya dengan nama tersebut di London. Sebagai artis solo, ia menjadi makin populer pada akhir 1880an dan 1890an, saat ia menjadi salah satu komedian berbayaran tertinggi di dunia. Ia mengembangkan drama balai musik yang mengangkat kisah-kisah hidupnya, mencampur lagu-lagu komikan dan pengamatan surreal, dan membuat sebuah tempat dari karakter-karakter kelas buruh untuk mengilustrasikan kisah-kisahnya. Pada 1901, masih di puncak kariernya, ia menampilkan sketsa "Huntsman" buatannya untuk Edward VII di Sandringham. Raja tersebut menjadi teranjung sehingga Leno banyak dikenal sebagai "the king's jester".

Leno juga tampil dalam burlesque dan, setiap tahun dari 1888 sampai 1904, dalam pentas pantonim Natal di Drury Lane Theatre. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan amal, khususnya kepada para penampil yang membutuhkan. Leno masih tampil dalam komedi-komedi musikal dan rutinitas balai musiknya sendiri sampai 1902, meskipun ia makin sering mabuk-mabukan. Hal ini, bersamaan dengan keterikatan lamanya dengan peran-peran komedi pelan dan dame, membuatnya benar-benar mengubahnya menjadi aktor drama, dan ia beralih pada peran-peran Shakespearean. Leno mulai berperilaku erotis dan pemarah pada 1902, dan ia mengalami kejatuhan mental pada awal 1903. Ia berniat untuk meraih suaka mental, namun dibatalkan pada tahun berikutnya. Setelah lebih dari satu kali tampil, kesehatannya menurun, dan ia wafat pada usia 43 tahun.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Dan Leno