Damaikan Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Damaikan Dunia"
Singel oleh 25 musisi Universal Music Indonesia & Def Jam Indonesia
Dirilis10 Juli 2020 (2020-07-10)
FormatUnduhan digital
Direkam2020 (2020)
GenrePop
Durasi3:27
LabelUniversal Music Indonesia
PenciptaNadya Fatira
ProduserNadya Fatira
Lirik video
"Damaikan Dunia" di YouTube

"Damaikan Dunia" adalah lagu kolaborasi dari 25 musisi yang tergabung dalam perusahaan rekaman Universal Music Indonesia dan Def Jam Indonesia yang dirilis pada tanggal 10 Juli 2021 melalui Universal Music Indonesia dengan misi sebagai penyemangat dalam menghadapi pandemi Covid-19.[1]

Lirik dan tema[sunting | sunting sumber]

Singel "Damaikan Dunia" dirilis untuk menyuarakan rasa kepedulian mereka di tengah pandemi COVID-19. Single hadir sebagai penyemangat untuk bisa menghadapi pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh dunia. Lagu ini tentang saling menguatkan, menginspirasi, dan meyakinkan kalau kita semua pasti bisa melewati segala bentuk rintangan, apalagi di masa pandemi. Pesan yang dibawa oleh lagu ini tidak hanya ditujukan untuk sesama artis, musisi, atau pekerja seni, tapi semua orang di Indonesia untuk dapat bangkit, tetap semangat, dan terus berkarya.[2]

Pengerjaan[sunting | sunting sumber]

Single ini diciptakan oleh salah satu penyanyi dan penulis lagu Indonesia, Nadya Fatira. “Damaikan Dunia” diaransemen dengan nuansa musik pop ceria meleburkan unsur pop dan hip hop. Terdapat part rap dan vokal yang disusun apik menghasilkan komposisi yang pas.[3]

Proses pembuatan lagu ini terkendala di masalah keterbatasan yang ada di masa pandemi ini menciptakan tantangan dan tingkat kesulitan tersendiri dalam proses rekaman.

Karena terpisah jarak, proses rekaman lagu ini kerap dilakukan sendiri sendiri. Jadi tidak semua penyanyinya rekaman di tempat. Ada yang merekam sendiri di rumahnya masing-masing. Selain itu, juga karena rekamannya berbeda-beda jenis mikropon dan ruangan menjadikam sulit untuk mix-ingnya supaya rata warnanya.

Artis[sunting | sunting sumber]

Deretan musisi dari label Universal Music Indonesia dan Def Jam Indonesia yang terlibat dalam penggarapan lagu adalah Aldo Longa, Abdul & The Coffee Theory, Ahmad Abdul, A. Nayaka, Arsy Widianto, Ben Utomo, Brisia Jodie, Delika, Ecoutez, Gloria Jessica, Ikke Nurjanah, Keisya Levronka, Lyodra, Maria Simorangkir, Marion Jola, Montase, Mukarakat, Nadya Fatira, Pee Wee Gaskins, Peraukertas, Rayi Putra, Regina Ivanova, Samsons, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Priambodo, Adiyoga (2020-07-11). "Nadya Fatira, Marion Jola, hingga Tiara Andini Meriahkan Single Damaikan Dunia". Okezone.com. Diakses tanggal 2022-01-07. 
  2. ^ Santosa, Lia Wanadriani (2020-07-10). Nurcahyani, Ida, ed. "Tiara Andini dan 24 musisi lainnya luncurkan single "Damaikan Dunia"". ANTARA News. Diakses tanggal 2022-01-07. 
  3. ^ Fimela.com (2020-07-13). "Suguhan Pop dan Hip Hop dari Para Musisi Indonesia di Lagu Damaikan Dunia". fimela.com. Diakses tanggal 2022-01-07. 
  4. ^ "Def Jam Indonesia dan Universal Music Rilis "Damaikan Dunia" Bersama 25 Artist-nya: dari Rayi Putra sampe Ikke Nurjanah!". USS Feed. 2020-07-10. Diakses tanggal 2022-01-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]