Dalihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rekonstruksi masakan Eropa zaman besi, menggunakan panci yang digantung di dalihan di atas api terbuka

Dalihan atau dalikan adalah sebuah benda yang diletakkan di antara piring atau mangkuk saji, dan meja makan, biasanya untuk melindungi meja dari kerusakan akibat panas .

Dalihan juga mengacu pada tatakan yang digunakan untuk mengangkat pot dari bara api terbuka. Dalihan logam sering kali merupakan struktur seperti penyangga dengan tiga kaki untuk menopang tatakan kaki tiga secara horizontal untuk menahan piring atau panci di atas permukaan meja. Ini sering disertakan dengan pemasak tekanan non-listrik modern. Dalihan sering kali berisi wadah lilin yang dapat dinyalakan untuk menjaga makanan tetap hangat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalihan telah digunakan sejak jaman dahulu, dan kadang-kadang disebut sebagai "tempat api". Di makam penguasa Tiongkok Zhao Mo (abad ke-2 SM) ditemukan beberapa dalihan logam yang pernah digunakannya semasa hidupnya, kini disimpan di Museum Mausoleum Raja Nanyue . Tempat api unggun juga ditemukan di situs arkeologi di Israel, yang berasal dari periode waktu Filistin ( sekitar milenium pertama SM). [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shai, Itzhaq (2011). "Philistia and the Philistines in the Iron Age IIA". Zeitschrift des Deutschen Palästina-Vereins (dalam bahasa Inggris). Deutscher Verein zur Erforschung Palästinas. 127 (2): 124–125. JSTOR 41304095.