Dalforce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalforce
(星华义勇军)
Aktif25 Desember 1941 – 13 Februari 1942
AliansiKomando Malaya
Tipe unitTentara tidak tetap
Jumlah personel4.000 (1.250 bersenjata)
Bagian dariAustralian 22nd Brigade
1st Malaya Infantry Brigade
MarkasKim Yam Road HQ
Ee Hoe Hean Club
Julukan"Dalley's Desperadoes"
PertempuranPertempuran Singapore
Tokoh
Tokoh berjasaLt. Col. John D. Dalley

Dalforce, atau Pasukan Sukarelawan Anti-Jepang Tiongkok Rantau di Singapura (星 华 Xing; Xinghua Yi Yong Jun) adalah satuan pasukan/gerilya yang tidak beraturan dalam Pasukan Sukarelawan Pemukiman Selat Inggris selama Perang Dunia II. Anggotanya direkrut di antara etnis Tionghoa Singapura. Pasukan itu dibuat pada tanggal 25 Desember 1941 oleh Letnan Kolonel John Dalley dari Kepolisian Negara Federasi Malaysia. Unit ini dikenal oleh pemerintah kolonial Inggris sebagai Dalforce, setelah kepala instruktur dan komandannya, John Dalley, sedangkan orang Tiongkok di Singapura hanya mengenalnya sebagai Pasukan Sukarelawan Anti-Jepang Tiongkok Rantau di Singapura. Formasi ini mengambil bagian dalam Pertempuran Singapura dan beberapa anggota melakukan kampanye gerilya melawan pasukan Jepang selama pendudukan Jepang.

Inggris mencatat bagaimana dengan ganas para sukarelawan Tiongkok di Dalforce berperang sehingga memberi mereka nama panggilan Dalley Desperadoes.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Dalley menyarankan untuk membuat jaringan gerilya pada tahun 1940, tetapi baru sekitar satu tahun kemudian, ketika invasi Jepang akan segera terjadi menjadi jelas bahwa rekrutmen resmi orang-orang Tiongkok lokal terhadap orang Jepang itu penting. Pemerintah Inggris mengalah dan pada tanggal 25 Desember 1941, Dalforce secara resmi didirikan, mengabaikan fakta bahwa Pasukan Sukarelawan Anti-Jepang Tiongkok Rantau Singapura yang ada telah ada di bawah kepemimpinan Tiongkok sejak setidaknya 1939. John Dalley, bersama dengan rekan-rekan perwira Inggrisnya, memulai pelatihan di Johore pada pertengahan Januari 1942 dengan kekuatan 200 orang. Pada saat Jepang menyerbu, Dalforce berjumlah 4.000 pejuang perlawanan.

Karena kepemimpinan yang terbagi antara Tiongkok Komunis dan Kuomintang, tentara dibagi menjadi dua bagian. Salah satunya adalah Pasukan Sukarelawan Tiongkok Rantau Singapura, yang sebagian besar adalah Komunis dan di bawah komando langsung Letnan Kolonel Dalley, dan Pasukan Pengawal Tiongkok Rantau Guomindang yang lebih kecil di bawah komando Mayor Nasionalis Tiongkok Hu Tie Jun. Kedua bagian terdiri dari kekuatan total tidak melebihi 1.500 orang, dan Pasukan Pengawal Tiongkok Rantau juga dilatih oleh perwira Inggris. Ian Morrison, koresponden Melayu untuk The Times pada tahun 1942, juga mencatat bahwa mereka "dilatih, dan ditempatkan dalam formasi sesuai dengan simpati politik mereka. Ada satu sekolah di mana para pengikut Kuomintang dilatih, yang lain di mana Komunis dilatih."

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

SS Empress of Asia terbakar setelah diserang oleh pesawat Jepang. Bagian penting dari peralatan militer vital dan persediaan lain yang tenggelam bersama kapal itu dimaksudkan untuk para pejuang Dalforce yang tidak memiliki perlengkapan.

Dalforce tidak mengenakan seragam yang dikenakan oleh pasukan Persemakmuran. Sebagai gantinya, mereka harus mengenakan pakaian dan bandana khusus untuk mencegah friendly fire. Beberapa orang mengikatkan sehelai kain merah di lengan kanan mereka dan yang kuning di sekitar kepala mereka untuk mencerminkan persatuan orang Tiongkok Rantau dengan Republik Tiongkok dan tradisi Tiongkok.

Sebagian besar dikeluarkan senapan Lee-Enfield No.I Mk.III, bayonet dan sekitar 7-20 peluru masing-masing untuk mereka yang berada di sayap Komunis dan 24 peluru untuk mereka yang berada di sayap Nasionalis Tiongkok. Hanya sejumlah kecil yang menggunakan granat dan senapan mesin ringan Bren. Yang lain harus membawa senjata yang digunakan untuk berburu binatang, seperti senapan olahraga dan parang. Pelatihan militer berlangsung sampai Jepang menginvasi Singapura. Anggota perempuan diberi tanggung jawab tugas-tugas sederhana seperti pertolongan pertama, memasak, menyampaikan pesan dan tugas kasar lainnya.

Inggris sebenarnya bermaksud untuk melengkapi pasukan dalam persiapan invasi. Ini menjadi tidak mungkin ketika kapal SS Empress of Asia, yang membawa persediaan vital bagi para pasukan, tetapi ditenggelamkan oleh pesawat Jepang saat dalam perjalanan ke Singapura dari Bombay. Menurut perwira Frank Brewer, perlengkapan standar untuk setiap prajurit adalah senapan dengan tujuh peluru amunisi dan dua granat.

Pelatihan juga dilakukan di Sekolah Pelatihan Khusus SOE 101 di Singapura, untuk mempersiapkan unit Tiongkok lokal lainnya untuk perang hutan di Malaya pada bulan Desember 1941. Tetapi karena tidak mungkin lagi menempatkan mereka di Malaya, banyak yang dimasukkan ke Dalforce.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Anthony Livesey, Great Commanders and their Battles
  • Eternal Vigilance, the Price of Freedom; compiled by Foong Choon Hon, translated by Yuen Chen Ching; Asiapac Books, Singapore; 2006
  • Lee Geok Boi; The Syonan Years – Singapore under Japanese Rule 1942 – 1945; National Archives of Singapore; 2005

Pranala luar[sunting | sunting sumber]