Dal (makanan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dal
3 types of lentil.png
Lentil adalah bahan pokok dalam masakan dari subbenua India. Searah jarum jam dari kanan atas: belah lentil merah, lentil hijau utuh yang umum, dan lentil Le Puy. Seluruh lentil memiliki lapisan luar yang terlihat.
Nama lainDaal, dail, dhal, dahl
Tempat asalSubbenua India
DaerahSubbenua India
Bahan utamaLentil, kacang polong atau kacang-kacangan

Dal adalah istilah yang digunakan di subbenua India untuk mengeringkan kacang-kacangan kering (polong-polongan — yaitu, lentil, kacang polong, dan kacang-kacangan) yang tidak memerlukan pra-perendaman. Istilah ini juga digunakan untuk berbagai sup yang disiapkan dari kacang-kacangan ini. Denyut nadi ini adalah salah satu makanan pokok terpenting di negara-negara Asia Selatan, dan merupakan bagian penting dari masakan anak benua India.[1]

Dal sering dimakan dengan roti pipih seperti roti atau chapati, atau dengan nasi. Kombinasi selanjutnya disebut dal bhat dalam bahasa Nepal, Bengali, dan Marathi. Selain itu, beberapa jenis dal digoreng dan diasinkan dan dimakan sebagai camilan kering, dan berbagai camilan gurih dibuat dengan menggoreng pasta yang terbuat dari rendam dan giling tanah dalam kombinasi yang berbeda, di mana bumbu, kacang, kacang mede, dll. dapat ditambahkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davidson, Alan; Jaine, Tom (2014). "Dal". The Oxford Companion to Food (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 246. ISBN 9780199677337. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]