Daisuke Katō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daisuke Katō
Lahir 18 Februari 1910
Asakusa, Tokyo, Jepang
Meninggal 31 Juli 1975 (umur 65)
Pekerjaan Aktor

Daisuke Katō (加東 大介 Katō Daisuke?, lahir di Asakusa, Tokyo, 18 Februari 1910 – meninggal 31 Juli 1975 pada umur 65 tahun) adalah aktor Jepang yang muncul di lebih dari 150 film, termasuk film Seven Samurai karya Akira Kurosawa sebagai Shichiroji yang setia, juga dalam Rashomon, Yojimbo (sebagai "babi liar" Inokichi), dan Ikiru, dan film karya Hiroshi Inagaki: Samurai Trilogy dan Chushingura.

Karier[sunting | sunting sumber]

Daisuke Katō dilahirkan di keluarga aktor dengan nama Tokunosuke Katō. Kakak laki-lakinya adalah aktor bernama Kunitarō Sawamura. Adik perempuannya adalah aktris bernama Sadako Sawamura.[1] Ia bergabung dengan kelompok teater Zenshinza pada tahun 1933, dan tampil dalam sejumlah panggung sandiwara dan produksi film dengan nama panggung Enji Ichikawa, termasuk film Humanity and Paper Balloons karya Sadao Yamanaka dan The 47 Ronin karya Kenji Mizoguchi.[1] Setelah berdinas sebagai tentara di New Guinea, ia kembali ke Jepang untuk bergabung dengan studio film Daiei Film, dan tampil dalam film sebagai Daisuke Katō.[1] Selain tampil dalam berbagai film jidaigeki pascaperang, ia juga tampil dalam serial komedi Company President (Shachō) dari studio Toho.

Buku yang ditulisnya mengenai pengalaman semasa perang, Minami no shima ni yuki ga furu, diterbitkan pada tahun 1961. Buku tersebut diadaptasi NHK sebagai drama televisi dan sudah dua kali difilmkan.

Filmografi terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Katō Daisuke". Nihon jinmei jiten+Plus (dalam bahasa Jepang). Kōdansha. Diakses 13 February 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]