Rashomon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rashomon (film))
Rashomon
Poster Jepang untuk Rashomon
SutradaraAkira Kurosawa
ProduserMinoru Jingo
SkenarioAkira Kurosawa,
Shinobu Hashimoto
Berdasarkan
Cerpen:
Ryunosuke Akutagawa
PemeranToshiro Mifune,
Masayuki Mori,
Machiko Kyo,
Takashi Shimura,
Minoru Chiaki
Penata musikFumio Hayasaka
SinematograferKazuo Miyagawa
PenyuntingAkira Kurosawa
Perusahaan
produksi
DistributorJepang:
Daiei Film Co., Ltd.
Amerika Serikat:
RKO Radio Pictures
Tanggal rilis
Jepang:
25 Agustus 1950
Amerika Serikat:
26 Desember 1951
Durasi88 menit
NegaraJapan
BahasaJepang
Anggaran$250,000

Rashōmon (羅生門) adalah sebuah film Jepang tahun 1950 yang disutradarai oleh Akira Kurosawa. Film ini adalah salah satu dari mahakarya Kurosawa dan dibintangi oleh Toshiro Mifune. Dengan cerita yang didasarkan pada dua kisah karya Akutagawa Ryūnosuke (Rashomon dan Yabu no Naka (藪の中), Rashomon bercerita tentang sebuah tindak kejahatan (sebuah pemerkosaan dan pembunuhan) melalui empat sisi yang berbeda seperti yang diceritakan oleh keempat saksi matanya, termasuk sang pelaku. Rashomon adalah salah satu dari tiga film di mana Kurosawa bekerja sama dengan sinematografer hebat Kazuo Miyagawa.

Kisahnya diceritakan melalui kilas balik di mana keempat tokoh tersebut — sang bandit Tajomaru (Mifune), sang samurai Takehiro (Masayuki Mori), istrinya Masako (Machiko Kyō), dan sang pemotong kayu tanpa nama (Takashi Shimura) — satu per satu menuturkan kejadian yang terjadi pada hari itu. Setiap cerita jauh berbeda antara satu sama lain sehingga penonton tidak dapat menentukan kebenaran dari peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Konsep film ini telah menjadi pengaruh yang penting bagi film-film lainnya setelah itu. Pada tahun 1951, Rashomon menerima Penghargaan Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Pemenang Piala Singa Emas pada Festival Film Venice 1951, Rashomon dianggap secara luas sebagai film yang memperkenalkan Kurosawa dan dunia perfilman Jepang kepada penonton Barat.

Film tahun 1964 berjudul The Outrage merupakan pembuatan ulang Rashomon. Film tersebut dibintangi oleh Paul Newman, Claire Bloom dan Edward G. Robinson.

Data film[sunting | sunting sumber]

  • Judul asli: 羅生門 Rashōmon
  • Bahasa: Jepang
  • Tahun: 1950
  • Panjang: 84 menit
  • Sutradara: Akira Kurosawa
  • Naskah: Shinobu Hashimoto, Akira Kurosawa berdasarkan cerita asli karya Ryūnosuke Akutagawa
  • Kamera: Kazuo Miyagawa
  • Musik: Fumio Hayasaka
  • Produksi: Daiei