Daftar episode Claymore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul koleksi DVD edisi terbatas kedua yang dirilis oleh Avex Trax.

Serial anime Claymore berdasarkan pada serial manga bernama sama karya Norihiro Yagi. Episode-episode tersebut disutradarai oleh Hiroyuki Tanaka dan diproduksi oleh Madhouse Studios.[1][2] Mereka mengadaptasi volume pertama sampai sebelas dari manga tersebut ke dalam dua puluh empat episode. Dua episode lainnya mengisahkan sebuah jalan cerita asli yang tak ditemukan dalam manga yang ditulis oleh Yagi. Serial tersebut ditayangkan antara April 2007 dan September 2007 di Jepang pada saluran Nippon Television.[3][4] Serial tersebut mengisahkan tentang petualangan Clare, seorang Claymore, atau hibrida setengah manusia setengah yoma, dan para rekannya saat mereka bertarung untuk bertahan hidup di sebuah dunia yang diisi dengan yoma, atau iblis-iblis yang dapat berubah bentuk.

Dua karya dari musik tema dipakai untuk episode-episode tersebut: satu lagu pembuka dan satu lagu penutup. Lagu pembukanya adalah "Raison d’être" (レゾンデートル) karya Nightmare. Lagu penutupnya adalah sebuah singel karya penyanyi J-pop Riyu Kosaka, "Danzai no Hana~Guilty Sky" (断罪の花 ~Guilty Sky~).[2] Sebuah singel untuk "Danzai no Hana~Guilty Sky" dirilis pada 30 Mei 2007, dan singel untuk "Raison d’être" dirilis pada 6 Juni 2007.[5][6]

Sembilan volume DVD, yang masing-masing terdiri dari tiga episode dari anime tersebut, dirilis di Jepang oleh Avex Trax.[7] Selain itu, lima kemasan edisi terbatas dirilis. Kemasan edisi terbatas pertama terdiri dari volume DVD pertama, sementara empat kemasan lain masing-masing terdiri dari dua volume DVD.[8] Kemasan dan volume edisi terbatas yang paling baru dirilis pada 26 Maret 2008. Pada 15 Februari 2008, Funimation mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi lisensi penyiaran dan DVD Kawasan 1 untuk anime tersebut,[9] dan merilis seluruh serial dalam enam volume di Amerika Utara antara musim gugur 2008 dan musim panas 2009.[10]

Episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal penayangan asli[11]
1"Great Sword"
"Taiken -KUREIMOA-" (大剣 -クレイモア-)
4 April 2007
Sebuah keluarga bocah muda Raki dibunuh oleh Yoma (iblis), sehingga Claymore (hibrida setengah iblis, setengah manusia) diundang untuk membunuh Yoma. Raki berinteraksi dengan Claymore saat ia datang. Raki kemudian mendatangi rumah pamannya dan didatangi oleh Yoma, yang mengambil wujud saudaranya, namun kemudian diselamatkan oleh Claymore. Setelah serangan, Raki diusir dari desa oleh para penduduk desa dan mati di gurun sebelum diselamatkan oleh Claymore, dan kemudian diserang oleh Yoma lainnya saat ia pergi untuk mencarinya, meyakini bahwa ia adalah orang mulanya yang menyelamatkannya. Setelah Yoma menyerangnya, Claymore menyelamatkannya lagi, dan saat ia pergi, ia memberikannya ijin untuk bergabung dengannya dalam perjalanannya sebagai tukang masak, sesambil mengenalkan namanya, Clare.
2"The Black Card"
"Kuro no sho" (黒の書)
11 April 2007
Clare meraih kartu hitam dari pria misterius yang tampaknya bekerja dengan organisasi dimana ia bekerja. Raki menyaksikan Clare bertarung dengan Claymore lain bernama Elena. Clare menjelaskan bahwa saat para Claymore terlalu memakai kekuatan Yoma, mereka kemudian menghabiskan setelah pengaruh Yoma mereka. Saat trjadi, para Claymore, yang mengetahukan bahwa mereka akan mati, sering kali membuat pilihan sekarat dengan jantung-jantung manusia, sehingga mereka merasa kemanusiaan mereka awalnya menyelipkan kartu hitam yang mereka kirim yang mencantumkan lambang terindividualisasi mereka kepada Claymore yang mereka ingin bunuh. Teman terdekat Clare, Elena, memasuki alam demoniknya dan menjadi Yoma, sebuah proses yang disebut "pemulihan". Meskipun Raki menentangnya, Clare membunuh Elena, menjadikannya sekarat sebagai manusia.
3"The Darkness in Paradise"
"Mahoroba no yami" (まほろばの闇)
18 April 2007
Clare diundang untuk membunuh "Voracious Eater" di sebuah kota suci dimana para Claymore tak diijinkan masuk. Terpaksa memakai obat-obatan khusus untuk menyamarkan karakteristik khas Claymore-nya, ia sulit merasakan dimana Yoma bersembunyi. Ia menyamar menjadi manusia dalam rangka memasuki gereja dan mendatangi klien organisasinya. Pada malam hari, ia berjalan ke gereja lagi dan bertarung melawan dua kesatria, namun kabur. Keesokan harinya, dua kesatria yang sama ditemukan di kamar penginapan dimana ia dan Raki singgah dan menuduhnya merupakan seorang Claymore. Raki datang untuk mempertahankannya dengan berkata bahwa ia meyakini bahwa ia lebih baik ketimbang siapapun dan tak dituduh sebagai monster. Setelah dua kesatria tersebut hengkang saat mereka tak menemukan bukti bahwa Clare adalah Claymore, ia membujuknya untuk menjadi kemurahan hati didalamnya saat ia akan mengakhiri ketidaksepakatannya. Pada malam hari, ia datang lagi ke gereja untuk mencari Voracious Eater, namun dua kesatria tersebut ikut campur dan saat menunjukkan bahwa mereka hanya ingin bertarung dengannya dan Clare. Pada akhirnya, saat mereka nyaris membunuh mereka, Clare melakukan segalanya agar ia dapat melindungi mereka, termasuk terjun dengan cara mematikan.
4"Clare's Awakening"
"Kurea no kakusei" (クレアの覚醒)
25 April 2007
Clare nyaris bangkit saat ia memakai terlalu banyak Yoki-nya (energi iblis) dalam pertarungan melawan Yoma, seorang Voracious Eater. Ia berniat untuk bunuh diri sebelum ia sepenuhnya sadar dalam rangka menemukan perdamaian saat sekarat saat ia masih manusia, namun Raki menghalanginya untuk membujuknya untuk tak melakukannya, berkata bahwa pertemuannya dengannya adalah hal terbaik yang terjadi padanya. Tindakannya menghalangi transformasi kebangkitan Clare, dan salah satu dari dua kesatria yang bertarung dalam pertarungan tersebut kemudian memberikan sebuah pedang kepada Raki dalam apresiasi untuk apa yang ia dan Clare lakukan untuk mereka selain berharap agar Raki makin kuat.
5"Teresa of the Faint Smile"
"Bishou no Teresa" (微笑のテレサ)
2 Mei 2007
Ini adalah permulaan kilas balik. Teresa, Claymore paling kuat pada masanya, diundang untuk membunuh sekelompok enam Yoma di sebuah desa, dan membunuh mereka dengan mudah, dan satu orang tambahan, yang telah melecehkan seorang Clare bisu, manusia dan muda. Karena ia tak memiliki pilihan lain selain merawatnya, Clare membawa Teresa ke alam liar, meskipun upaya terbaik Teresa mengabaikannya sampai Teresa memutuskan untuk menempatkan Clare di bawah sayapnya.
6"Teresa and Clare"
"Teresa to Kurea" (テレサとクレア)
9 Mei 2007
Teresa dan Clare menuju ke kota kecil berikutnya, dan Clare masih menolak untuk meninggalkan Teresa. Di hutan pada malam hari, bandut yang tangannya ia potong terakhir kali mereka temui kembali dan berniat untuk memperkosa Teresa, namun Clare menyerangnya dengan ranting pohon dan memurkainya. Ia mulai menyerang Clare, memurkai Teresa dan membuatnya mengancamnya saat mendorongnya agar pengetahuannya tentang aturan yang melarang para Claymore untuk membunuh para manusia tak disalahartikan, pilihannya untuk mematuhi aturan tersebut sepenuhnya adalah keputusannya sendiri. Ia menghiraukan peringatannya, dan Clare menangis karena ia merasa bersalah kepada Teresa, yang Clare katakan, selalu tampak luka besar bahkan saat ia tersenyum. Ini sangat menggerakkan Teresa. Saat mereka datang ke desa tersebut dan Teresa merampungkan pekerjaan lainnya, ia meminta kepala desa untuk memberikan rumah dan perawat kepada Clare, namun Clare menolak dengan halus dan tangis, namun Teresa meninggalkan cara apapun dengan sebuah permintaan maaf tanpa kata dan berharap agar Clare dapat dibesarkan menjadi manusia, hidup sebagai manusia dan mati sebagai manusia. Tak lama setelahnya, Teresa melihat sekelompok bandit dalam perjalanan mereka menuju desa yang ia tinggalkan, dan kembali mendapati seluruh desa tersebut diruntuhkan. Saat ia melihat Clare berada dalam bahaya, ia membunuh setiap bandit. Figur menonjol yang bekerja untuk organisasi tersebut menyaksikannya, dan tak lama setelahnya memajukan sekelompok Claymore untuk mengeksekusinya. Setelah Teresa kabur dari upaya eksekusi awalnya, pengamatnya, Orsay, memajukan para Claymore terkuat kedua sampai kelima untuk mengadapinya.
7"Marked for Death"
"Shisha no rakuin" (死者の烙印)
16 Mei 2007
Claymore nomor dua sampai lima, Priscilla, Ilena, Noel, dan Sophia berkumpul bersama sebelum berangkat untuk membunuh Teresa. Teresa dan Clare menemukan bantuan di sebuah desa, dimana tak lama setelah para penyerangnya mendapatinya. Priscillia menyerang Teresa dengan serangan tunggal, namun ia kalah meskipun sempat mengangkat tangan. Tiga penyerang Claymore lainnya memutuskan agar mereka harus dibantu, dan para anggota tim mulai mengeluarkan Yoki mereka dalam persiapan untuk serangan kombinasi melawan Teresa.
8"Awakening"
"Kakusei" (覚醒)
23 Mei 2007
Teresa dikalahkan dengan gampang oleh Claymore-Claymore lainnya, namun merenggangkan nyawa mereka. Priscillia, yang tersanjung oleh kekalahannya, menekan Teresa dan mengeluarkan lebih banyak Yoki-nya pada pertarungan tersebut. Ia pulih, membunuh Teresa dan para bekas rekannya. Clare pergi sambil membawa kepala Teresa.
9"Those Who Rend Asunder (Part 1)"
"Kiri saku mono tachi (I)" (斬り裂く者たち(I))
30 Mei 2007
Setelah Teresa meninggal, Clare mengirim kepalanya ke Rukei dan minta untuk dijadikan seorang Claymore. Saat hadir, Clare mmemajukan sebuah kelompok yang akan memburu sebuah Awakened Being. Setelah meninggalkan Raki di sebuah penginapan, Clare menjalankan misi dengan para rekannya, Miria, Helen, dan Deneve. Saat mereka memergoki Awakened Being, mereka terkejut saat mengetahui bahwa ia adalah laki-laki dan jauh lebih kuat ketimbang yang mereka pikirkan.
10"Those Who Rend Asunder (Part 2)"
"Kiri saku mono tachi (II)" (斬り裂く者たち(II))
6 Juni 2007
Pertarungan antara Awakened Being laki-laki tampak tak diharapkan, meskipun Helen, Deneve, dan Miria memutuskan untuk memakai kemampuan luar biasa mereka. Namun, Clare menolak untuk memberikannya, dan memakai kemampuan membaca Yoki-nya untuk menghadapi serangan-serang musuh. Bersama dengan Miria, Clare menyerang Awakened Being dan membunuhnya. Sepanjang keseluruhan pertarungan tersebut, Galatea, sebuah "mata" untuk Organisasi tersebut, membaca Yoki dari empat Claymore tersebut dari jarak jauh dan memberitahukan pengendalinya Ermita tentang kejadian pertarungan tersebut.
11"Those Who Rend Asunder (Part 3)"
"Kiri saku mono tachi (III)" (斬り裂く者たち(III))
13 Juni 2007
Saat empat Claymore tersebut pulih dari luka mereka, Miria mendorong agar Organisasi tersebut mengirimkan mereka pada misi bunuh diri, karena ia menemukan bahwa mereka semua adalah pembuat masalah yang kurang sadar. Devene memajukan teori ini dengan secara internasional menyinggung batas-batasnya dalam rangka menyembuhkan luka-lukanya. Yang mengejutkan bagi para Claymore, ia tak sadar dari proses tersebut. Miria memperingkatkan mereka untuk menghindari lima Claymore: Alicia, Beth, Galatea, Ophelia, dan Rafaela. Ia menasehati mereka untuk menghindari pertarungan mereka karena kekuatan mereka.
12"The Endless Gravestones (Part 1)"
"Hate naki bohyō (I)" (果て無き墓標(I))
20 Juni 2007
Clare dikirim untuk menghadapi Awakened Being dengan tim lainnya, Namun, untuk mengejutkan Clare, tim tersebut hanya terdiri dari dirinya sendiri dan Ophelia. Untuk menjadikannya makin buruk, nafsu Ophelia akan darah dan ancaman Awakened Being menempatkan nyawa Raki dan Clare berada dalam bahaya.
13"The Endless Gravestones (Part 2)"
"Hate naki bohyō (II)" (果て無き墓標(II))
27 Juni 2007
Clare bertarung melawan Ophelia dan mengakibatkan ia kehilangan tangan kanannya. Ilena, yang dianggap mati, menyelamatkan Clare dan Ophelia yang terluka parah. Tertekan terhadap keberadaan saudaranya di tengan Priscillia dan kekalahannya oleh Ilena, Ophelia menjadi murka dan bangkit. Clare bertindak lagi dan Ilena memutuskan untuk mengajari teknik "Flash Sword" kepada Clare.
14"Qualified to Fight"
"Tatakau shikaku" (闘う資格)
4 Juli 2007
Tak lama setelah Clare pergi, Ilena bertarung dengan Rafaela. Di tempat lain, dibantu oleh tambahan tangan kanan Ilena dan teknik "Flash Sword" yang baru didapatkan, Clare bertarung dengan Ophelia. Pada pertarungan tersebut, Ophelia akhirnya menyadari bahwa ia telah sadar, dan menjadi lumpuh akibat syok. Setengah berterima kasih atas dorongan dari sisa-sisa kemanusiaan Ophelia, Clare memutuskan untuk mengalahkannya.
15"The Witch's Maw (Part 1)"
"Majo no agito (I)" (魔女の顎門(I))
11 Juli 2007
Tak dapat menghubungi Clare selama tiga bulan setelah Ophelia sadar dan mati, organisasi tersebut memutuskan untuk mengirim Galatea untuk mendatanginya. Pada masa itu, Clare mencari Raki, meskipun tak tau arah dan energinya tersendat, di sebuah kota lokal. Ia sempat bertemu sekelompok Claymore yang sedang memburu Awakened Being. Keesokan harinya, seorang Claymore yang berdarah ditemukan di kota tersebut dan Clare mendapatkan kabar bahwa kelompok tersebut ditangkap. Ia memutuskan untuk menyelamatkan mereka, yang tanpa diketahui olehnya pada masa itu, mereka disiksa dalam keadaan sadar.
16"The Witch's Maw (Part 2)"
"Majo no agito (II)" (魔女の顎門(II))
18 Juli 2007
Clare datang ke sebuah gua yang ditinggali oleh dua Awakened Being: "Abyssal One" yang dikenal sebagai Riful dari Barat, dan kekasih sekaligus pelindungnya, Dauf. Dalam pertarungannya dengan Dauf, Clare diselamatkan oleh Galatea. Mereka mengetahui sebuah ras cabang rahasia antara tiga Abyssal Ones dari Utara, Barat dan Selatan dan tujuan Riful untuk berkembang seperti beberapa pasukan Awakened untuk bergabung di pihaknya saat ia dapat ikut dalam pertarungan mereka. Saat Galatea mengambil waktu untuk menekan Dauf, Clare tergerak untuk menyelamatkan Jean, satu-satunya Claymore yang dapat mempenetrasi senjata berat Dauf.
17"The Witch's Maw (Part 3)"
"Majo no agito (III)" (魔女の顎門(III))
25 Juli 2007
Clare memutuskan untuk mengirim Jean kembali dari keadaan pulih, memegang loyalitasnya, dan kembali membantu Galatea. Secara bersamaa, keadaan pertarungan berbalik dan Dauf kalah, meskipun Riful menyelamatkan nyawanya. Clare akhirnya mendaratkan sebuah serangan terhadap Riful dan sehingga ia menjelaskan tentang Kerajaan Utara dan nama penguasanya, Isley. Galatea kembali ke tujuan misinya untuk memulangkan Clare ke organisasi tersebut, namun memutuskan untuk meninggalkannya.
18"The Carnage in the North (Part 1)"
"Kita no senran (I)" (北の戦乱(I))
1 Agustus 2007
Rubel dan Rafaela bertarung dengan Clare dan Jean, dan Rubel memberikan sebuah misi kepada Clare untuk pergi ke wilayah utara bersama dengan dua puluh tiga Claymore lainnya untuk bertarung melawan segerombolan Awakened Being dan Abyssal One Isley. Ia juga menyatakan bahwa Raki telah pergi kesana, memberikan dorongan lebih agar Clare pergi kesana. Saat berada disana, Clare bertemu lagi dengan Miria, Helen, dan Deneve. Dua puluh empat Claymore yang berkumpul terbagi dalam lima tim dan kemudian bertarung dengan tiga Awakened Being. Mereka mengeluarkan serangan duluan dan bertarung melawan mereka di kota Pieta.
19"The Carnage in the North (Part 2)"
"Kita no senran (II)" (北の戦乱(II))
8 Agustus 2007
Lima tim mengalahkan tiga Awakened Being. Beberapa diantaranya mengalami luka serius, namun tak ada korban tewas. Raki menjelajahi reruntuhan sebuah kota yang dihancurkan oleh Yoma, dan bertemu Priscilla yang mirip anak-anak. Priscilla mendadak menyukainya, dan Isley, perawat Priscilla, mengundang Raki untuk datang ke rumah dengannya dan Priscilla.
20"The Carnage in the North (Part 3)"
"Kita no senran (III)" (北の戦乱(III))
15 Agustus 2007
Raki, yang masih ingin melindungi Clare, mendorong Isley untuk mengajarinya pemakaian pedang; Priscilla masih mengekspresikan wajah tak bersalah dan damai kepada Raki. Deneve bertarung dengan kaptennya, Undine, dan keduanya berrekonsiliasi dengan mengakui motivasi mereka untuk menjadi Claymore. Flora, kapten Clare, menghalangi Clare karena lengannya yang dipinjam, namun menerimanya setelah Clare menyatakan bahwa itu berasal dari Ilena. Undine kembali ke timnya dan bersikap lebih rendah hati kepada mereka, memusingkan para Claymore lainnya. Di tempat terpisah, Isley memerintahkan letnannya, Rigaldo untuk dikirim bersama kekuatan manusia penuh dari para pengikutnya untuk menyingkirkan Pieta.
21"Invasion of Pieta (Part 1)"
"Pieta shinkō (I)" (ピエタ侵攻(I))
22 Agustus 2007
Clare dan para Claymore lainnya mempersiapkan diri mereka sendiri untuk gelombang berikutnya dari para Awakened Being. Raki, Isley dan Priscilla bergerak menuju Pieta saat para Claymore menyiapkan diri mereka sendiri. Para Claymore tampil baik melawan para Awakened Being, menyebabkan Rigaldo memasukki keadaan tersebut untuk menghindari pertambahan jumlah korban. Memajukan kekuatannya, ia mengerahkan empat dari lima kaptennya, langsung membunuh Veronica, Undine, dan Flora, dan mengeluarkan sebuah ledakan melalui perut Jean.
22"Invasion of Pieta (Part 2)"
"Pieta shinkō (II)" (ピエタ侵攻(II))
29 Agustus 2007
Clare dan para Claymore lain yang selamat melanjutkan pertarungan mereka melawan Rigaldo. Sementara itu, Raki menenangkan Priscilla, dan Isley mengisahkan kisah horornya pada masa lampaunya. Saat Rigalgo mulai secara khusus menyerang Miria, para Claymore lain berniat untuk menolong, namun dengan muda ditangkis oleh Rigaldo. Bahkan, Miria dengan cepat dikalahkan oleh Rigaldo, dan saat ia nyaris disayat, tangan Rigalfo terlepas oleh Clare yang tampak tersadar.
23"Critical Point (Part 1)"
"Rinkai ten (I)" (臨界点(I))
5 September 2007
Saat Raki bergerak menuju Pieta, Clare menyatakan bahwa ia hanya dapat memulihkan lututnya, memberikannya peningkatan masif dalam kecepatan. Namun, kecepatannya tak terkontrol, membolehkan Rigaldo untuk merebut lagi bagian unggul dalam pertarungan tersebut. Menyoroti perjuangan lawannya sejak kalah di tangan Isley, Rigalfo mengeluarkan kekuatan penuhnya. Raki datang, dan menyaksikan Clare setengah bangkit. Berniat membalas kematian Jean, Clare mengeluarkan sejumlah energi berbahaya, dan kemudian menjagal Rigaldo menjadi berkeping-keping saat Jean meraih kembali sadar.
24"Critical Point (Part 2)"
"Rinkai ten (II)" (臨界点(II))
12 September 2007
Tak dapat kembali ke keadaan normalnya, Clare meminta agar Helen memancungnya agar ia tak akan bangkit, sementara Raki mengungsi ke sebuah jalan sempit. Sementara itu, Priscillia menyanjung energi Clare, dan meyakininya adalah Teresa, saat ingatannya kembali. Menyoroti keberadaan Priscilla, Clare memberikan kesempatan kepada Priscilla. Seiring keadaan tersebut, Isley memerintahkan pasukannya untuk bertahan di garis pinggir saat ia mengamati keadaan tersebut. Dalam menanggapi keadaan tersebut, Organisasi tersebut mengerahkan Galatea untuk memastikan konflik di utara.
25"For Whose Sake"
"Ta ga tame ni" (誰が為に)
19 September 2007
Pertarungan antara Clare dan Priscilla merangsek ke sebuah gunung berapi sementara Isley mengamati pertarungan tersebut. Priscilla, yang tak menyadari bahwa ia adalah Awakened Being, dengan gampangnya mengusir Clare, yang ia yakini adalah Teresa. Sementara itu, Jean dan Raki pergi menuju tempat pertarungan. Saat Clare nyaris dibunuh oleh Priscilla, Miria, Helen, dan Deneve menyelamatkannya. Mereka memutuskan untuk mengambil sebuah langkah, namun Priscilla mengeluarkan kekuatannya sepenuhnya, saat ia tak sepenuhnya bangkit pada titik tersebut. Ia mengalahkan tiga Claymore tersebut. Berniat membalas Teresa, Clare mengeluarkan energi sebelumnya dalam upaya untuk mengalahkannya.
26"To the Successors"
"Uketsugu mono e" (受け継ぐものへ)
26 September 2007
Clare, yang nyaris bangkit sepenuhnya, melanjutkan pertarungan tersebut, namun Priscilla masih menddominasi pertarungan dengan penampilan mudah, sampai Clare, yang diwarnai oleh kilas-kilas balik Teresa, akhirnya menyerangnya dengan serangan berganda. Priscilla kembali ke bentuk manusianya dan nyaris dibunuh saat Raki ikut campur, namujn Clare, yang dapat mengkontrol dirinya sendiri, juga menyerangnya. Jean sebagai gantinya mengeluarkan ledakan dan, meskipun luka berat, memutuskan untuk mengembalikan Clare ke bentuk manusianya, menyisakan perasaan Clare atas kematian rekannya. Priscilla kemudian ditangani oleh Isley. Pada cuplikan terakhir, Miria, Helen, Deneve, dan Clare mengumumkan keinginan mereka untuk meninggalkan Organisasi tersebut dan berangkat ke perjalanan-perjalanan terpisah, dengan Helen berjalan dengan Deneve, dan Raki dengan Clare.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nippon Television Licensing Catalogue for Animation" (PDF). Nippon Television Network. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2006-11-06. Diakses tanggal 2007-10-02. 
  2. ^ a b "Claymore staff". Nippon Television Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-09. Diakses tanggal 2007-10-02. 
  3. ^ "Claymore Episodes 1–25". Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-12. Diakses tanggal 2007-10-08. 
  4. ^ "Claymore Episodes 26". Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-07. Diakses tanggal 2007-10-08. 
  5. ^ "Amazon.co.jp: 断罪の花~Guilty Sky~(DVD付)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.com. Diakses tanggal 2007-12-29. 
  6. ^ "Amazon.co.jp: レゾンデートル" (dalam bahasa Japanese). Amazon.com. Diakses tanggal 2007-12-29. 
  7. ^ "CLAYMORE クレイモア" (dalam bahasa Japanese). Avex Trax. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-06. Diakses tanggal 2007-10-08. 
  8. ^ クレイモア (dalam bahasa Japanese). Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-09. Diakses tanggal 2007-10-08. 
  9. ^ "Funimation Licenses Claymore Anime Series". Anime News Network. 2008-02-15. Diakses tanggal 2008-02-15. 
  10. ^ "FUNimation Entertainment Acquires Claymore from NTV" (Siaran pers). AnimeOnDVD.com. 2008-02-18. Diakses tanggal 2008-02-18. [pranala nonaktif permanen]
  11. ^ "Claymore". Media Arts Database. Agency for Cultural Affairs. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-30. Diakses tanggal September 29, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]