Daftar Situs Warisan Dunia di Laos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lokasi Situs Warisan Dunia di Laos

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan Situs Warisan Dunia dengan nilai universal yang luar biasa sebagai warisan budaya atau alam yang telah dinominasikan oleh negara-negara yang menandatangani Konvensi Warisan Dunia UNESCO, yang didirikan pada tahun 1972.[1] Warisan budaya terdiri dari monumen (seperti karya arsitektur, patung monumental, atau prasasti), kelompok bangunan, dan situs (termasuk situs arkeologi). Ciri-ciri alam (terdiri dari bentukan fisik dan biologi), bentukan geologi dan fisiografis (termasuk habitat spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah), dan situs alam yang penting dari sudut pandang ilmu pengetahuan, konservasi atau keindahan alam, didefinisikan sebagai warisan alam.[2] Laos, yang secara resmi bernama Republik Demokratik Rakyat Laos, meratifikasi konvensi tersebut pada tanggal 20 Maret 1987.[3]

Pada tahun 2022, Laos memiliki tiga situs dalam daftar. Kota Luang Prabang terdaftar pada tahun 1995, Vat Phou pada tahun 2001, dan Dataran Guci pada tahun 2019. Ketiga situs tersebut bersifat budaya.[3] Selain situs-situs yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia, negara-negara anggota dapat menyimpan daftar situs tentatif yang mungkin mereka pertimbangkan untuk dicalonkan. Nominasi Daftar Warisan Dunia hanya diterima jika situs tersebut sebelumnya terdaftar dalam daftar tentatif.[4] Pada tahun 2022, Laos mencantumkan dua properti dalam daftar tentatifnya, yakni Pha That Luang dan Taman Nasional Hin Namno.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The World Heritage Convention". UNESCO World Heritage Centre. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 August 2016. Diakses tanggal 21 September 2010. 
  2. ^ "Convention Concerning the Protection of the World Cultural and Natural Heritage". UNESCO World Heritage Centre. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 February 2021. Diakses tanggal 3 February 2021. 
  3. ^ a b c "Laos". UNESCO World Heritage Centre. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 March 2022. Diakses tanggal 27 March 2022. 
  4. ^ "Tentative Lists". UNESCO World Heritage Centre. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 April 2016. Diakses tanggal 7 October 2010.