Vat Phou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Candi Vat Phou.

Vat Phou atau Wat Phu (Lao: ວັດພູ [wāt pʰúː]) adalah kompleks candi Khmer-Hindu yang terletak di lereng Gunung Phou Kao, sebelah selatan negara Laos.[1][2] Candi ini berjarak + 6 kilometer dari Provinsi Champasak dan + 45 kilometer dari Kota Pakse.[3][4] Adapun berbagai peninggalan arkeologi lain dari Vat Phou saat ini telah disimpan di Museum Vat Phou, yaitu patung, lingga, dan yoni. Museum yang dibangun sejak tahun 2001 hingga 2003 dengan dana dari Pemerintah Jepang tersebut berada di gerbang situs Vat Phou dan menjadi semacam "pengantar" sebelum masuk ke Vat Phou.[5]

Vat Phou awalnya dikaitkan dengan kota Shrestapura, yang terletak di tepi Sungai Mekong langsung sebelah timur dari gunung Lingaparvata (sekarang disebut Phu Kao). Pada bagian akhir abad ke-5 kota itu sudah menjadi ibukota kerajaan yang mana dalam teks dan prasasti dikatakan terhubung baik dengan Chenla dan Champa, dan struktur pertama di gunung tersebut dibangun sekitar waktu ini [2] gunung ini memiliki nilai spiritual berdasakan bentuk lingga pada bagian puncaknya dan dianggap sebagai rumah Siwa dan sungai dianggap sebagai mewakili laut atau sungai Gangga. Candi ini secara alami didedikasikan untuk Siwa, sedangkan air dari mata air yang muncul tepat di belakang candi itu dianggap suci.

Wat Phou adalah bagian dari kerajaan Khmer, berpusat pada Angkor ke barat daya,  setidaknya pada awal masa pemerintahan Yasovarman I di awal abad ke-10. Shrestapura digantikan oleh kota baru pada periode Angkorian, yang terletak tepat di sebelah selatan candi. Pada periode kemudian, bangunan asli diganti, menggunakan kembali beberapa blok batu.; Candi yang terlihat sekarang ini dibangun terutama selama periode Koh Ker dan  Baphuon pada abad ke-11.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dian, Yati (26 Januari 2016). "Candi Vat Phou, Warisan Dunia Kedua di Laos". Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 6 November 2019. 
  2. ^ World Heritage Site (tanpa tanggal). "Vat Phou". World Heritage Site. Diakses tanggal 12 November 2019. 
  3. ^ Vat Phou Office (tanpa tanggal). "Vat Phou - Presentation". Vat Phou Champasak UNESCO World Heritage Site. Diakses tanggal 5 November 2019. 
  4. ^ UNESCO World Heritage Centre (tanpa tanggal). "Vat Phou and Associated Ancient Settlements within the Champasak Cultural Landscape". UNESCO World Heritage Centre. Diakses tanggal 6 November 2019. 
  5. ^ Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (26 Januari 2016). "Berkunjung ke Museum Vat Phou". Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses tanggal 6 November 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]