Wat Xieng Thong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wat Xieng Thong salah satu Kuil suci di Luang Prabang, Laos

Wat Xieng Thong (bahasa Lao: ວັດຊຽງທອງ; "Kuil Kota Emas") merupakan sebuah wihara yang terletak di ujung utara semenanjung Luang Prabang, Laos.[1]:264 Wihara ini merupakan salah satu bangunan suci dan biara terpenting di Laos. Menurut sejarah, wihara ini dibangun pada tahun 1559-1560 oleh Raja Setthathirat dari Kerajaan Lan Xang di wilayah yang dekat dengan pertemuan antara sungai Mekong dan sungai Nam Khan.

Stupa Emas, ukiran kayu berlapis emas di atas pintu utama wihara

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuil ini dibangun untuk pertama kalinya pada tahun 1559 dan pembangunan kuil ini berlangsung selama satu tahun. Pembangunan kuil ini diprakarsai oleh Raja Setthathirat dari Kerajaan Lan Xang di wilayah Luang Prabang dan persis berada di tepi sungai Mekong. Sebelum berdirinya Republik Demokratik Rakyat Laos, kuil ini merupakan kuil kerajaan dan kuil ini merupakan tempat raja-raja dinobatkan, tempat para bhikkhu dan umat beribadah, tempat menyimpan relik-relik Buddhis dan teks-teks kuno, serta tempat untuk perayaan dan ritual keagamaan.[2]:798-799

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lall, Vikram. The Golden Lands: Cambodia, Indonesia, Laos, Myanmar, Thailand & Vietnam / Vikram Lall ; Editorial Direction Joan Foo Mahony. New York, NY: Abbeville Press Publishers. Print.
  2. ^ World and Its Peoples: Eastern and Southern Asia. Vol. 6, Marshall Cavendish, 2007.