Día del Amigo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hari Teman (bahasa Spanyol: Día del Amigo, bahasa Portugis: Dia do Amigo) dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 20 Juli di Argentina, Brasil, dan Uruguay dan pada tanggal 30 Juli di Paraguay.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama abad kedua puluh, ada beberapa inisiatif untuk merayakan Hari Persahabatan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat dan sebagian Asia, Minggu pertama Agustus dilaporkan sebagai tanggal menyapa dan menyajikan hadiah kepada teman-teman, dan pada berbagai waktu perayaan sejenis dibentuk di berbagai negara Amerika Selatan dan Eropa.

Inisiatif untuk mendirikan Hari Persahabatan diakui secara internasional memiliki anteseden historis, Persahabatan Crusade Dunia (Cruzada Mundial de la Amistad). Dirancang oleh Dr Ramón Artemio Bracho di Puerto Pinasco, Paraguay, pada tahun 1958, itu adalah kampanye yang ditujukan untuk mempromosikan persahabatan antara manusia sehingga budaya perdamaian akan dibina. Sebagai hasil dari ide ini, 30 Juli ditetapkan sebagai Hari Persahabatan (Día de la Amistad).

Di Argentina, Dr Enrique Ernesto Febbraro, yang berasal dari Lomas de Zamora (yang dalam pengakuan inisiatifnya adalah Ibukota Propinsi Persahabatan oleh peraturan kota dan juga markas Asosiasi Dunia untuk Understanding), profesor psikologi, filsafat, dan sejarah, musisi, dokter gigi, dan pendiri Rotary Club of San Cristobal dan Balvanera di Buenos Aires, menciptakan Hari teman setelah mengirim empat ribu surat kepada seratus negara di seluruh dunia (yang ia menerima 700 jawaban) karena menyadari bahwa, dengan melihat Apollo 11 mendarat, untuk pertama kalinya seluruh umat manusia adalah bersatu. pengakuan resmi pertama hari itu datang dari pemerintah Provinsi Buenos Aires dengan Keputusan 235/79, yang berwenang perayaan dan membuatnya resmi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]