Cynethryth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cynethryth
Permaisuri Mercia
Potret uang logam Cynethryth, dicetak oleh Eoba di Canterbury. Cynethryth adalah satu-satunya Ratu Anglo-Saxon yang diketahui memiliki koin yang dikeluarkan atas namanya dan ini unik di Eropa Barat pada masa itu.[1] Koin tersebut disimpan oleh British Museum.
Anak
Ælfflæd
Eadburh
Æthelburh
Æthelswith
Ecgfrith dari Mercia

Cynethryth (Cyneðryð; †set. tahun 798) merupakan seorang permaisuri Anglo-Saxon.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Cynethryth menikah dengan Offa, raja Mercia, Cynethryth mulai muncul dalam piagamnya pada tahun 770. Ia memainkan peran penting bersama suaminya: ia adalah satu-satunya ratu Anglo-Saxon yang namanya muncul di uang logam[2]. Patung Cynethryth dibuat oleh seseorang yang bernama Eoba, yang diilhami oleh Romawi Kuno, penguasa Bizantium Maharani Irene dari Athena, yang berkuasa saat itu[2].

Cynethryth dan Offa memiliki keturunan sebagai berikut:

Dalam sebuah surat kepada Ecgfrith, cendekiawan Alkuin mendesaknya untuk mengikuti teladan orangtuanya dalam menghormati kesalehan ibundanya[2].

Setelah kematian Offa pada tahun 796, Cynethryth menjadi kepala biarawati di Cookham, Berkshire. Ia juga tampaknya telah melaksanakan wewenangnya atas Gereja Bedford di mana suaminya dimakamkan. Cynethryth disebutkan untuk terakhir kalinya dalam piagam 798 oleh Uskup Agung Canterbury, Æthelhard yang menegaskan kepemilikan Cookham (tempat tidak dikenal) dengan imbalan penyerahan wilayah yang dimiliki oleh Offa diwariskan kepada istrinya di Kent[2].

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Williams, p. 216.
  2. ^ a b c d Keynes 2014, hlm. 136.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]