Curhat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Curhat atau curahan hati merupakan saat di mana satu orang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada orang-orang yang dianggap dekat, dan biasanya yang diceritakan itu masalah personal. Misal tentang pekerjaan, pasangan, keluarga, dan lain sebagainya. Mungkin orang akan berasumsi bahwa orang yang curhat itu butuh pendapat orang lain guna mencari solusi untuk masalahnya.

Tapi ada juga yang curhat bukan untuk mencari solusi, melainkan hanya ingin didengar kisahnya. Karena wanita kebanyakan menceritakan masalah itu lebih karena ingin empati dan simpati. Jadi ketika diberikan solusi yang simple dan to the point, justru merasa tidak didengarkan. Kadang ada juga pria yang seperti itu.

Secara garis besar orang curhat ada 3, pertama ingin mencari solusi, kedua ingin pengakuan atau respons positif, ketiga ingin mencari perhatian. Curhat bukan cuma karena ingin mencari solusi, tapi bisa juga karena alasan lain.

Curhat merupakan fenomena psikologis yang wajar terjadi dalam hubungan interpersonal. Tentu, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari masalah. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk mencurahkan keluh kesahnya.

Manusia membutuhkan curhat untuk melaksanakan katarsis. Pada prosesnya, orang yang melakukan curhat akan mengeluarkan seluruh sisi yang ada dalam dirinya. Tidak jarang, sisi gelap yang selama ini terpendam pun akan keluar ketika seseorang melakukan curhat[1]. Oleh karena itu, orang yang dicurhati sebaiknya memiliki kemampuan mendengarkan yang baik agar proses katarsis dapat berjalan dengan optimal

Fungsi Curhat[sunting | sunting sumber]

Merasa Diterima Seutuhnya[sunting | sunting sumber]

Sebagai makhluk emosional, manusia akan senang apabila seluruh sisi kepribadiannya diterima oleh orang lain. Ketika sisi buruk seseorang didengarkan dan dipahami oleh orang lain, maka manusia akan senang dan merasa dihargai[2].

Menciptakan Hubungan Kuat dengan Orang Lain[sunting | sunting sumber]

Curhat dapat memperkuat hubungan interpersonal antar dua orang. Hal ini terjadi karena seseorang merasa diterima, sehingga ikatan emosional antar dua orang semakin menguat

  1. ^ "Sisi Gelap sebagai Pelekat Hubungan dengan Orang Tercinta". 
  2. ^ "Sisi Gelap sebagai Pelekat Hubungan dengan Orang Tercinta".