Crazy Heart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Crazy Heart
Crazy heart poster.jpg
Poster film Crazy Heart
SutradaraScott Cooper
ProduserRobert Duvall
Rob Carliner
Judy Cairo
T Bone Burnett
Scott Cooper
SkenarioScott Cooper
BerdasarkanCrazy Heart
oleh Thomas Cobb
PemeranJeff Bridges
Maggie Gyllenhaal
Colin Farrell
Robert Duvall
MusikStephen Bruton
T Bone Burnett
Ryan Bingham
SinematografiBarry Markowitz
PenyuntingJohn Axelrad
Perusahaan
produksi
Informant Media
Butcher's Run Films
RatPac-Dune Entertainment
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 6 Desember 2009 (2009-12-6) (Festival Film Santa Fe)
  • 16 Desember 2009 (2009-12-16) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 5 Februari 2010 (2010-2-5) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
112 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$7 juta[2]
Pendapatan kotor$47.405.566[2]

Crazy Heart adalah film drama musikal romantis Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh Scott Cooper dan diproduseri oleh Robert Duvall, Rob Carliner, Judy Cairo, T Bone Burnett dan Scott Cooper. Naskah film ini ditulis oleh Scott Cooper berdasarkan buku Crazy Heart karya Thomas Cobb. Film ini dibintangi oleh Jeff Bridges, Maggie Gyllenhaal, Colin Farrell dan Robert Duvall.

Film Crazy Heart ditayangkan secara perdana di Festival Film Santa Fe pada tanggal 6 Desember 2009[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Desember 2009 secara terbatas dan 5 Februari 2010 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Otis "Bad" Blake (Jeff Bridges) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu alkoholik berusia 57 tahun yang pernah menjadi bintang musik country. Saat ini, ia mendapatkan penghasilan sederhana dengan menyanyi dan memainkan gitarnya di sejumlah bar kota kecil di Amerika Serikat bagian barat daya. Memiliki sejarah pernikahan yang gagal (empat yang diakuinya, meskipun terlihat memiliki pernikahan kelima, yang tidak ia diskusikan), Otis tidak memiliki keluarga. Ia memiliki seorang putra, berusia 28 tahun dan ia tidak pernah berkontak dengannya selama 24 tahun. Ia menghabiskan waktunya untuk tampil di jalan, tinggal di motel murah dan bepergian di Suburban '78 lamanya sendirian. Film ini dibuka dengan kedatangannya di sebuah arena bowling untuk penampilannya.

Masuklah Jean Craddock (Maggie Gyllenhaal), seorang jurnalis muda, bercerai dan memiliki seorang putra berusia empat tahun, Buddy (Jack Nation). Ia mewawancarai Otis suatu malam setelah konsernya, dan kemudian saat mereka dekat, Jean kembali berkencan untuk mengumpulkan lebih banyak materi, dan keduanya berhubungan dekat. Jean dan putranya menjadi katalisator bagi Otis untuk mulai menguatkan kembali hidup dan kariernya. Dengan melakukan hal itu, Otis membiarkan dirinya didorong untuk memperbarui hubungan profesionalnya dengan Tommy Sweet (Colin Farrell), bintang musik country yang populer dan sukses yang pernah ia bimbing serta bermain sebagai pembuka di salah satu konser Tommy, meskipun ia menolak dan akan menghancurkan reputasinya sebagai pembuka konser mantan muridnya. Otis meminta Tommy untuk merekam album bersamanya, tetapi Tommy memberitahu bahwa perusahaan rekamannya bersikeras membuat beberapa album solo lagi sebelum sebuah proyek duet dapat direkam. Tommy malah menyarankan agar Otis berkonsentrasi untuk menulis lagu baru yang bisa direkam Tommy sendiri, memberitahu bahwa Otis menulis lagu yang lebih baik daripada orang lain.

Otis mabuk dan lepas kendali, lalu ia akhirnya mengalami kecelakaan saat mengemudi sambil mabuk. Di rumah sakit, dokter tersebut memberitahunya bahwa meskipun ia hanya mengalami pergelangan kaki yang patah akibat kecelakaan itu, Otis perlahan membunuh dirinya sendiri, serta harus berhenti minum dan merokok dan kehilangan 25 pound jika ia ingin hidup lebih dari beberapa tahun lagi. Hubungan Otis dengan Jean membuatnya mulai memikirkan kembali hidupnya. Ia menelepon putranya untuk menebus kesalahannya, lalu putranya memberitahu bahwa ibunya, mantan istri Otis, telah meninggal, dan menutup teleponnya. Hubungan itu mulai membaik dan Jean dan putranya sering mengunjungi Otis. Ketika ada situasi di mana Blake nyaris kehilangan putra Jean di sebuah pusat perbelanjaan sambil minum di sebuah bar, Jean memutuskan hubungan dengannya.

Setelah kehilangan Jean dan putranya, yang menjadi satu-satunya keluarga, Otis memutuskan untuk berhenti minum. Setelah menjalani program perawatan di pusat rehabilitasi dan dengan dukungan dari komunitas Alcoholics Anonymous dan teman lamanya Wayne (Robert Duvall), Otis akhirnya pulih. Setelah memperbaiki tindakannya, ia mencoba untuk berhubungan kembali dengan Jean, tetapi Jean memberitahunya bahwa hal terbaik yang dapat ia lakukan untuknya dan Buddy adalah membiarkan mereka sendiri. Setelah kehilangan Jean, Otis selesai menulis lagu yang menurutnya terbaik untuknya, "The Weary Kind", dan menjualnya kepada Tommy.

Enam belas bulan kemudian, Tommy menyanyikan lagu "The Weary Kind" kepada penonton setianya, sementara Otis berada di belakang panggung ketika manajernya menyampaikan sebuah daftar royalti yang besar untuk lagu tersebut. Saat Otis pergi, Jean mendekatinya, memberitahu bahwa Jean telah datang ke konser sebagai penulis untuk publikasi musik yang besar. Otis melihat sebuah cincin pertunangan di jari Jean dan memberitahunya bahwa ia layak mendapat orang baik. Otis menawarinya uang dari cek royalti yang diajukan Buddy untuk ulang tahunnya yang ke-18, yang awalnya ditolak oleh Jean namun akhirnya diterima setelah Otis memberitahu bahwa lagu tersebut tidak akan ada tanpa mereka. Jean bertanya apakah Otis ingin bertemu Buddy lagi, tetapi Otis menolak dan memberitahu bahwa hal itu mungkin terlalu mengganggu Buddy. Film berakhir dengan Jean meminta Otis untuk wawancara lagi, membiarkan penampil bertanya-tanya apakah mereka bisa menumbuhkan kembali hubungan mereka. Mereka meninggalkan konser, bahagia dan mengobrol satu sama lain.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Crazy Heart mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 203 ulasan, dengan rating rata-rata 7,4/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 83 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Crazy Heart mendapatkan $39.464.306 di Amerika Utara dan $7.941.260 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $47.405.566, melebihi anggaran produksi film $7 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $82.664, menempati posisi ke-32 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.567.671, menempati posisi ke-8 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crazy Heart (15)". British Board of Film Classification. February 9, 2009. Diakses tanggal February 14, 2018. 
  2. ^ a b c d "Crazy Heart (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 14, 2018. 
  3. ^ McCarthy, Todd (November 29, 2009). "Crazy Heart – Film Review". Variety. Diakses tanggal February 14, 2018. 
  4. ^ "Oscar Watch: 'Crazy Hearts Bridges Joins Actors Fray". Anne Thompson/Blogs.IndieWire.com. Diakses tanggal November 4, 2009. 
  5. ^ "Crazy Heart (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 14, 2018. 
  6. ^ "Crazy Heart reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 14, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]