Counter Strike Online

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Disambig gray.svg
Untuk kegunaan lain dari Counter Strike Online, lihat Counter Strike Online (disambiguasi).
Counter Strike Online
Pengembang Nexon dan Valve
Penerbit Nexon
Penggerak GoldSrc
Platform Microsoft Windows
Tanggal rilis Tahun 2008 dan 2009
Genre FPS
Mode Pemain tunggal
Multiplayer

Counter-Strike Online adalah game FPS (First Person Shooter) legendaris berbasiskan jaringan / LAN (Local Area Network, tidak memerlukan internet) yang dikenal oleh semua pecinta FPS di seluruh dunia. Counter-Strike Online adalah sebuah Game Online bergenre MMOFPS [Massively Multiplayer Online First Person Shooter]. Game ini dikembangkan oleh Nexon dari Korea Selatan dan Valve. Counter Strike berkisah tentang Terrorist (TR) yang selalu berseteru dengan Counter Terrorist (CT)

Counter Strike Online di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Game ini dikembangkan oleh Megaxus yang bekerja sama dengan Nexon dan Valve sejak Juli 2009

Mode Permainan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, mode-mode permainan Counter Strike Online sangat beragam. Diantaranya adalah :

  • Original
    • Bomb Mission : Bomb Mission adalah salah satu mode original yang akan menguji taktik dan strategi kamu. Mode ini menceritakan dimana pihak terrorist mendapatkan misi untuk menghancurkan sebuah area. Daerah tersebut harus diledakkan dengan menggunakan bom C4 yang berbahaya. Disinilah peran para Counter-Terrorist sangat penting karena mereka harus menlindungi area tersebut dengan segala upay
    • Hostage Rescue : Hostage Rescue adalah salah satu mode original dimana team Counter-Terrorist memulai misi penyelamatan sandera dari markas Terrorist. Tugas Counter-Terrorist disini adlah memastikan keselamatan para sandera lalu mengarahkan arahkan sandera tersebut ke tempat yang aman. Semua itu tidak akan berjalan semudah itu karena sudah dipastikan para Terrorist tidak akan membiarkan itu terjadi, terlebih lagi team Counter-Terrorist tidak bisa menembak sembarangan agar tidak mengenai sandera.
  • BOT Mods (Bot Original, Bot Deathmatch, Bot Team Deathmatch)
    • Bagi yang merasa ingin mendapatkan pelatihan terlebih dahulu maka tidak perlu cemas karena di dalam Counter-Strike Online ada mode khusus untuk menjajal dan berlatih bersama dengan bot. Mode BOT ini sudah dilengkapi dengan seluruh mode yang ada di dalam Counter-Strike Online dari bot original, bot deathmatch, bot team deathmatch dan bahkan mode - mode lainnya. Tingkat kesulitan dari bot juga dapat disesuaikan supaya kamu tidak pernah kehabisan lawan yang tangguh.
  • Assasination
    • Assassination adalah salah satu mode original yang pasti akan memacu kewaspadaanmu. Team Terrorist mendapat perintah langsung untuk mencari dan menghabisi seseorang yang dianggap sangat penting dari pihak Counter-Terrorist. Seseorang yang penting itu bisa disebut sebagai sang VIP. Merupakan tugas dari Counter-Terrorist untuk memastikan bahwa keselamatan dari VIP dapat dijamin 100% dan segera menerbangkannya keluar dari zona yang berbahaya.
  • Deathmatch
    • Deathmatch adalah salah satu mode dari Counter-Strike Online. Seluruh pemain yang tergabung dalam mode ini adalah musuh dan merupakan lawan bermainmu dan tujuan semuanya sama yaitu untuk menjadi yang terhebat. Akan ada jumlah batasan kill yang harus dicapai dan pemenangnya akan dilihat dari pemain yang terlebih dahulu berhasil mencapai jumlah kill tersebut atau jumlah kill terbanyak pada saat batas waktu telah habis.
  • Team Deathmatch
    • Team Deathmatch adalah salah satu mode dari Counter-Strike Online. Kedua team Counter-Terrorist dan Terrorist saling bersaing dan berusaha sekuat mungkin untuk menaklukkan team lawannya. Akan ada kondisi kemenangan yang harus dicapai oleh kedua team Team yang berhasil mengumpulkan jumlah kill yang sudah ditentukan menjadi pemenangnya. Sebuah mode yang sangat seru dimana kamu bisa bermain sampai 16 vs 16.
  • Annihilation
    • Adalah Salah Satu mode original dimana tujuan dari kedua belah pihak untuk meraih kemenangan atau dominasi penuh. Kedua team akan saling menyerang dan saling menghancurkan sampai ke pemain paling terakhir. Benar - benar pertempuran sampai titik darah paling terakhir karena kemenangan hanya akan dicapai bagi team yang berhasil memusnahkan seluruh anggota team lawannya.
  • Zombie Mods (Original,Mutation,Hero,Dan Union)
    • Zombie Original (ZM1): Zombie Mode adalah permainan berbasis ronde, sama seperti mode lainnya. Pada permulaan tiap ronde, pemain diberikan waktu persiapan 20 detik untuk membeli senjata dan mempertahankan diri mereka. Menjelang sisa waktu 10 detik sebelum ronde mulai dimainkan, akan diberikan pengumuman tentang siapa yang terkena infeksi,Selama waktu persiapan, Human akan memiliki 1000 Health dan 100 Armor, dan tidak menerima damage bila jatuh dari ketinggian. Setelah 20 detik, satu atau lebih pemain yang dipilih secara acak akan berubah menjadi Zombie Utama,Zombie Utama harus menyerang manusia lain dengan senjata melee. Serangan tersebut akan menginfeksi manusia menjadi Zombie biasa dan mereka harus menyerang manusia lainnya. Tim Zombie dianggap menang apabila telah menginfeksi semua manusia pada ronde tersebut. Sebaliknya, manusia harus membunuh semua Zombie atau bertahan hidup untuk menang,Sebagai Human, tujuan utama adalah bertahan hidup sampai waktu tiap ronde habis atau memusnahkan semua Zombie. Semua manusia yang terkena serangan cakar Zombie akan langsung terinfeksi berubah menjadi Zombie sampai akhir ronde atau terbunuh,Sebagai Zombie, satu-satunya cara untuk menang adalah menginfeksi semua manusia. Ketika pemain telah terinfeksi, sejumlah health dan armor akan diberikan, sehingga mampu menerima sejumlah besar damage sebelum terbunuh. Zombie dapat berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi dari manusia. Sebagai tambahan, pemain akan mendapatkan night vision goggles berwarna merah yang memungkinkan melihat manusia yang bersembunyi dalam kegelapan.
    • Zombie Mutation (ZM2): Zombie: The Mutation dengan gameplay yang masih sama seperti Zombie: The Original dengan penambahan tipe Zombie baru dan kini para Zombie mempunyai skill yang dapat digunakan melawan para Human. Selain itu, ada penambahan senjata dan item di dalam Zombie: The Mutation membuat permainan semakin menarik,Perbedaan antara Zombie: The Original dengan Zombie: The Mutation, pada interface Host Zombie, yaitu terdapat icon Human di bagian bawah dekat dengan time pada saat kita membunuh Human maka icon tersebut akan berkurang, setiap kita membunuh 5 Human maka Host Zombie akan di upgrade menjadi lebih kuat, yaitu bertambahnya health serta armor,Zombie dalam Zombie Mode: The Mutation dapat berevolusi. Health dari Human adalah sumber kekuatan dari Zombie. Jadi jangan pernah membiarkan teman 1 tim kamu terinfeksi oleh Zombie atau mereka akan berevolusi menjadi lebih kuat. Normal Zombie dapat berubah menjadi host Zombie jika dapat menginfeksi 3 Human dalam 1 round dan mereka akan mendapatkan skill seperti yang dimiliki oleh host Zombie. Jika host Zombie dapat menginfeksi 5 Human dalam 1 putaran maka dia akan menjadi host Zombie yang lebih kuat dan akan mempunyai health dan armor yang lebih tinggi.Di Zombie: The Mutation, Zombie yang terkena tembakan Human kemudian berdiri diam dalam kondisi tidak terkena tembakan lagi untuk beberapa saat, healthnya otomatis akan bertambah hingga batas health Zombie,Selain itu di dalam Zombie: The Mutation terdapat Supply Box yang berbentuk seperti kotak medic, di dalam Supply Box terdapat berbagai senjata maupun item yang berbeda-beda. Hanya Human yang dapat melihat dan mengambil Supply Box. Supply Box keluar secara acak setiap 20 detik.
  • Zombie Scenario
    • Mode ini mengharuskan membunuh semua Zombie yang keluar dari tempatnya (dalam hal ini, TR dan CT bekerja sama) dengan menggunakan senjata apapun dan melewati gerbang-gerbang yang ada. Dan di akhir permainan, maka Human akan melawan bos Zombie yang raksasa dengan skillnya yang bisa membuat Human mati / menjatuhkan senjata (terkena Shockwave).
  • Human Scenario
    • Sama seperti Zombie Scenario, hanya saja tidak ada gerbang dan lawannya bukan Zombie melainkan prajurit bayaran yang membawa senjata. Dan di akhir permainan, Human akan melawan bos yang berbentuk robot/helikopter/pesawat.
  • Gun Deathmatch
    • Sama seperti Team Deathmatch. Pada saat pertama kali main, pemain memiliki level 1 dengan senjata Assault Rifle, level akan naik jika berhasil membunuh musuh hingga jumlah tertentu dan maksimal level adalah level 17. Setelah level 17, maka pemain akan menggunakan Pistol jenis Glock dan jika membunuh 1 musuh, maka mendapatkan 1 HE Grenade untuk mengebom lawan. Jika musuh ada yang mati terkena bom, maka game akan selesai dan tim yang anggotanya terbunuh karena bom akan kalah. (note : Senjata setiap level selalu berubah dan tidak sama).
  • Fun Mode (Hidden, Zombie Escape, Soccer, Bazooka Battle, Challenge, Baseball)
    • Hidden : Human harus membunuh Joker yang tidak terlihat. Dan yang berhasil membunuh Joker akan menjadi Joker yang baru. Dan Joker menggunakan senjatanya (tongkat) untuk membunuh Human. Baseball kamu Harus Memukul Bola Baseball Dengan Tongkat yang tersedia.
    • Zombie Escape : Human harus melarikan diri dari kejaran Zombie yang mengejar. Pada dasarnya, mode ini sama dengan Zombie Mods karena Zombie harus mencakar Human agar Zombienya bertambah dan Human akan berkurang. Dan tujuan Human adalah menuju kendaraan yang digunakan untuk melarikan diri. Di mode ini juga terdapat alat atau jebakan yang membuat Zombie terlambat mengejar Human.
    • Soccer : Mode ini adalah permainan sepak bola, hanya saja tidak ada Off Side, Out, Corner Kick dan pemain bisa menggunakan Special Shoot apabila tenaga telah terkumpul sebanyak 75% keatas.
    • Bazooka Battle :Seperti Team Deathmatch, hanya senjatanya yang berbentuk Bazooka.
  • Basic Mode
    • Mode ini merupakan gabungan dari Original (Bomb Mission / Hostage Rescue) dan Team Deathmatch. Hanya saja, memiliki Bomb Site (untuk Bomb Mission) dan Area Rescue (untuk Hostage Rescue).
  • Challenge
    • Mode ini terbagi ada 2 (yang ada di Indonesia), yaitu Run1 dan Jump1. Mode ini adalah mode yang menggunakan waktu tercepat anda.
  • Metal Arena (Belum ada di Indonesia)
    • Mode ini harus menghancurkan salah satu benda yang sedikit kuat, jika ada yang menghancurkannya, maka timnya menang.
  • Z-VIRUS
    • Sama dengan Zombie the Hero, hanya Zombienya yang berubah menjadi lebih kuat lagi. Dengan tambahan Dua zombie yaitu Sting Finger dan Venom Guard, dan tentunya map baru yaitu zm_forbidden
  • BOT Zombie Original
    • Sama seperti Zombie Mods, hanya saja Zombie dan Humannya adalah BOT. Bisa dimainkan dengan pemain lain (bukan bot) maksimal 8 Orang.
  • New Zombie Shelter
    • Mode ini Seperti Zombie Scenario Hanya yang Berbeda kamu Harus Upgrade Melee Menjadi Hammer,Radio,Tempat Berlindung,Ammo,dll Hingga Sampai akhir Dan jika Darah Kamu sisa 1 atau Sampai Berwarna Merah Kamu Dapat Mengisi Darah di tempat isi darah yang tersedia di Tempat Berlindung kamu.
  • Rush Battle
    • Mode ini Seperti Original dan Basic Hanya yang berbeda kamu Harus Hancurkan Tank Musuh dengan Senjata yang Kamu Miliki.
  • BaseBall (Belum Ada Di Indonesia)
    • Mode ini adalah Mode Fun dengan Arti Mode Menyenangkan permainan ini kamu harus Memukul Baseball Dengan Tongkat Yang tersedia.
  • TDM: Item Battle
    • Hampir sama dengan Team Deathmatch, tetapi menggunakan Item-Item tertentu.
  • Beast Mode
    • Harus melawan yeti

Map[sunting | sunting sumber]

Di Counter-Strike, map ini diambil ke Counter Strike Online, berikut adalah map yang ada dari Counter Strike :

  • Assassination
    • as_oilrig
  • Hostage Rescue
    • cs_747
    • cs_assault
    • cs_backalley
    • cs_downed_cz
    • cs_estate
    • cs_havana
    • cs_italy
    • cs_militia
    • cs_office
    • cs_siege
  • Bomb Defuse
    • de_airstrip
    • de_aztec
    • de_cbble
    • de_chateau
    • de_dust
    • de_dust2
    • de_inferno
    • de_nuke
    • de_pinaresi
    • de_prodigy
    • de_storm
    • de_survivor
    • de_torn
    • de_train
    • de_vegas (dihapus dari BETA)
    • de_vertigo
    • de_corruption_cz
    • de_fastline_cz
    • de_sienna_cz
    • de_stadium_cz
    • de_tides_cz
    • de_truth_cz
    • de_vostok_cz

Sedangkan yang lainnya terdapat di Counter Strike Online

  • Camouflage (Hostage Rescue) (Original)
  • Camouflage 2 (Hostage Rescue) (Original)
  • Dust Zero (Bomb Defuse) (Basic Mode)
  • Angel City (Bomb Defuse) (Basic Mode)
  • Dazzling (Bomb Defuse) (Original)
  • Rex (Bomb Defuse) (Original)
  • Toscana (Bomb Defuse) (Original)
  • Tunnel (Annihilation) (Team Deathmatch)
  • Gressia (Annihilation) (Original) (AWP Exclusive)
  • Ruin (Annihilation) (Original) (AWP Exclusive)
  • Champion (Annihilation) (Original) (Knife Exclusive)
  • Moonlight (Annihilation) (Original) (Knife Exclusive)
  • Suzhou (Annihilation)
  • Industry (Annihilation)
  • Industry2 (Annihilation)
  • Port (Annihilation)
  • AE/Another Episode/Roof (Annihilation)
  • Dust2 Annihilate (Annihilation)
  • Rats (Annihilation Fiction)
  • Kart (Annihilation Fiction)
  • Abyss (Zombie Mod)
  • Abyss 2 (Zombie Mod)
  • Abyss 3 (Zombie Mod)
  • Requiem (Zombie Mod)
  • Rest (Zombie Mod)
  • Origin (Zombie Mod)
  • Forbidden (Z-VIRUS)
  • Union (Zombie United/Union)
  • Lost City (Zombie Scenario Season 1 : Survival)
  • Double Gate (Zombie Scenario Season 1 : Survival)
  • Trap (Zombie Scenario Season 1 : Survival)
  • Last Clue (Zombie Scenario Season 1 : Pursuit Boss)
    • Map ini harus sampai ke tujuan hingga melawan bos Phobos.
  • Chaos (Zombie Scenario Season 1 : Pursuit dan Survival Boss)
    • Map ini agak sedikit rumit daripada Last Clue, map ini ada empat ruangan. Yaitu Laboratorium, Warehouse, Pursuit, dan Phobos Room.
  • Dead End (Zombie Scenario Season 1 : Pursuit Boss)
    • Map ini hampir kemiripan seperti Havana Village, jika sudah pergi di tempat persegi merah, akan melawan Oberon.
  • Nightmare (Zombie Scenario Season 1 : Behind Story)
  • Toxicity (Zombie Scenario Season 2 : Pursuit Boss)
    • Map ini kemiripan map Airstrip.
  • Culvert (Zombie Scenario Season 2 : Survival)
  • Decoy (Zombie Scenario Season 2 : Pursuit Boss)
  • Angra Nest (Z-VIRUS) (Zombie Scenario Season 2 : Pursuit Boss)
    • Map ini pertama kali adanya checkpoint.
  • Poisoning (Zombie Scenario Season 2 : Behind Story)
  • Contact (Zombie Scenario Season 3 : Pursuit Boss)
  • Behind (Zombie Scenario Season 3 : Pursuit Boss)
    • Map inilah yang mempunyai dataran pasir apung yang cepat meleleh. Jika kena, maka langsung mati.
  • Threat/Defense (Zombie Scenario Season 3 : Defense Boss)
    • Map ini hanya satu round aja.
  • Panic Room (Zombie Scenario Season 3 : Pursuit Boss)
    • Pada round 1 diakhirnya, maka harus membunuh tangan dari bosnya sebelum melawan bos.
  • Welcome (Zombie Scenario Season 3 Extra)
  • Encounter (Zombie Scenario Season 4 : Pursuit Boss)
  • Conspiracy (Zombie Scenario Season 4 : Pursuit Boss)
  • Santorini (Bomb Defuse) (Original)
  • Big Tree (BOT Zombie Mod)
  • Blood Castle (Fun Mode) (Zombie Escape)
  • Skyline (Fun Mode) (Zombie Escape)
  • Venice (Fun Mode) (Zombie Escape)
  • Harlem/Hidden City (Fun Mode) (Hidden)
  • Striker (Fun Mode) (Soccer)
  • Cage (Fun Mode) (Soccer)
  • Run1 (Fun Mode) (Challenge Time)
  • Run2 (Fun Mode) (Challenge Time)
  • Jump1 (Fun Mode) (Challenge Time)
  • Jump2 (Fun Mode) (Challenge Time)
  • Blackout/Heat 551 (Fun Mode) (Bazooka Battle)
  • Checkmate (Fun Mode) (Iem Battle)
  • Desert Storm (Human Scenario : Annihilate Boss)
  • Hellfire (Human Scenario : Pursuit Boss)
  • Mosque (Human Scenario : Survival Medal)
  • Blaze (Human Scenario : Pursuit Boss)
  • Sidewinder (Human Scenario : Annihilate Boss)
  • Quasar (Metal Arena)
  • Metal Gate (Metal Arena)
  • Urban Assault (Rush Battle)
  • City of Damned (New Zombie Shelter)

Senjata[sunting | sunting sumber]

Counter Strike Online untuk saat ini memiliki beragam senjata. Untuk Code Box (lihat dibawah), senjata yang didapatkan justru lebih bagus lagi dan durasinya Permanent.

Code Box[sunting | sunting sumber]

Code Box adalah kotak yang berisi rare item. Bisa didapatkan dari musuh yang terbunuh. Jika ingin membukanya, harus menggunakan Code A Decoder yang dapat dibeli di Shop dengan harga 5000 MI-CASH per 1 Decoder

Item-item yang ada di Code Box dan selain Code Box di CSO Indonesia adalah :

  • Pistol
   **Anaconda
   **Catapult
   **Dual Infinity Standar
   **Dual Infinity Custom
   **Dual Infinity Final
   **Divine Lock (Flint Lock)
   **Desert Eagle Gold edition
   **M79 Saw-Off
   **M79 Saw-Off Gold Edition
   **M79 Saw-Off Shooting Star
   **Lightning Big Eye
   **Luger Gold
   **King Cobra
   **King Cobra Gold Edition
   **SKULL-1
   **Balrog-1
  • Shotgun
   **Winchester M1887 
   **Winchester M1887 Gold Edition
   **Double-Barreled Shotgun
   **Daewoo USAS-12 Camouflage 
   **Double-Barreled Gold Edition
   **KSG-12
   **KSG-12 Gold Edition
   **Spas-12
   **Lightning SG-1
   **Volcano
   **SKULL-11
   **Balrog-11
  • Submachine gun
   **Kriss Super V
   **Lightning SMG-1
   **Thompson M1928
   **Thompson M1928 Gold Edition
   **MP5 Tiger
   **MP5 Gold Edition 
   **Dual Kriss Super V
   **Tempest
   **K1A Special Edition
   **Needler
   **SKULL-3
   **Balrog-3
  • Assault Rilfes
   **AK-47 Dragon
   **AKM
   **AKM Gold
   **FN F2000
   **M4A1 Scope
   **M4A1 Gold Edition
   **M4A1 Dragon
   **M4A1 Scope
   **Lightning AR-1
   **M14 EBR
   **M14 EBR Gold Edition
   **StG 44
   **StG 44 Gold Edition
   **Blaster 
   **OICW
   **Ethereal
   **Lightning AR-1
   **Lightning AR-2
   **Lightning HZ-1
   **Lightning LZ-1
   **SKULL-4
   **Balrog-5
  • Sniper Rifles
   **AI AW50F
   **AI AWM
   **AI AS50
   **Barret M95
   **Barret M95 X-Mas
   **Blaser R93
   **Walther WA2000
   **Walther WA2000 Gold
   **TRG-42
   **TRG-42 White Gold
   **Cheytac M200
   **M24 Scope
   **SL8
   **SL8 Custom
   **SL8 Gold Edition
   **ThunderBolt
   **VSK-94
   **Parkerhale M82
   **XM2010
   **SKULL-5
  • Machine Guns

,

   **Avalanche
   **Rheinmetal MG3
   **Rheinmetal MG3 Gold
   **Rheinmetal MG3 X-Mas
   **M134 Minigun
   **M60E4
   **M60E4 Gold Edition
   **HK23
   **HK23 Gold Edition
   **MG-36 
   **M249
   **M249 Veteran
   **PKM
   **MK-48
   **QBB-95
   **QBB-95 EX
   **SKULL-7
   **Balrog-7
  • Lain-lain
   **Crossbow
  • Melee
   **Butterfly Knife
   **Dragon Claw (Dragon Tail)
   **Dragon Knife
   **Hammer
   **Nata Knife
   **Parang (Wedung)
   **Tomahawk
   **Soul Bane Dagger
   **Soul Bane Serrated Dagger(Upgraded Version)
   **SKULL-9
   **Balrog-9
  • Karakter
   **Yuri
   **Yuri (Limited Edition)
   **Yuri (Soccer)
   **Criss
   **Ritsuka
   **Choijiyoon
   **Choijiyoon (Soccer)
   **Jennifer
   **Natasha
   **Mei
   **Erika
   **VIP
   **VIP (Soccer)
   **Asia Red Army
   **Asia Red Army (Soccer)

External Link[sunting | sunting sumber]

www.cso.wikia.com
www.id.cso.wikia.com (untuk Indonesia)