Conservatoire national supérieur d'art dramatique

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 48°52′20″N 2°20′48″E / 48.8723°N 2.3468°E / 48.8723; 2.3468

Conservatoire national supérieur d'art dramatique – PSL
Bangunan utama sekolah di Paris
JenisGrande école
Didirikan19 Juli 1784; 239 tahun lalu (1784-07-19) (as a part of the Conservatoire de Paris)
1946 (as the CNSAD)
AfiliasiUniversitas Penelitian PSL
AdministratorKementerian Kebudayaan Prancis
Alamat
2 bis rue du Conservatoire
, , ,
75009
,
KampusPerkotaan
Situs webcnsad.psl.eu

Conservatoire national supérieur d'art dramatique (CNSAD; Indonesia: Akademi Nasional Seni Drama) adalah akademi drama nasional Prancis di Paris dan merupakan perguruan tinggi konstituen dari University PSL.

Akademi ini merupakan institusi pendidikan tinggi yang dikelola oleh Kementerian Kebudayaan Prancis, dengan tingkat penerimaan sebesar dua hingga tiga persen dan rata-rata kelulusan mencapai tiga puluh mahasiswa. Beberapa alumni terkenalnya antara lain Jeanne Moreau, Gérard Philipe, Isabelle Huppert, Carole Bouquet, Sebastian Roché, Jean-Paul Belmondo, Louis Garrel, Celine Sallette dan Olivier Martinez.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

CNSAD didirikan sebagai bagian dari Conservatoire de Paris pada tahun 1795, menjadikannya sekolah seni pertunjukan tertua di Benua Eropa. Pada tahun 1946, Conservatoire de Paris terpecah menjadi dua bagian, satu untuk seni drama dan yang lainnya untuk musik dan tari. Sekolah seni ini kemudian dikenal sebagai Conservatoire national supérieur de musique et de danse de Paris (CNSMDP).

Penerimaan siswa baru[sunting | sunting sumber]

CNSAD menawarkan program studi berdurasi tiga tahun untuk mendapatkan gelar sarjana, dengan pemberian ijazah CNSAD setelah berhasil menyelesaikan studi.[1] Sekolah ini menerima sekitar tiga puluh siswa setiap tahunnya, terdiri dari lima belas pria dan lima belas wanita, dan juga beberapa peserta pelatihan asing yang diundang (stagiaires étrangers). Proses seleksi di sekolah ini sangat kompetitif, melibatkan tiga putaran ketat, dengan hanya dua hingga tiga persen dari pendaftar yang berhasil diterima.[1] Program penyutradaraan panggung diluncurkan pada tahun 2001.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk ke CNSAD (Mei 2009)

Gedung utama sekolah, Le Conservatoire, terletak di rue du Conservatoire di Arondisemen ke-9 Paris. Teaternya yang terkenal dibangun pada tahun 1811 oleh arsitek Delannoy, dan menjadi tempat pertunjukan opera perdana karya Hector Berlioz, serta pertunjukan pertama Simfoni Ketiga dan Kelima karya Beethoven di Prancis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "CNSAD – Presentation". CNSAD. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 April 2008. Diakses tanggal 15 June 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Établissement public à caractère administratif