Simfoni No. 3 (Beethoven)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lembaran sampul Simfoni Eroica yang menunjukkan dedikasi kepada Napoleon yang dihapus

Simfoni No. 3 dalam tangga nada Es Mayor (Op. 55), yang dikenal juga sebagai Eroica (bahasa Italia; 'heroik') adalah salah satu karya Ludwig van Beethoven yang merupakan simfoni ketiga dari kesembilan simfoni ciptaannya. Ditulis langsung setelah simfoni Beethoven yang kedua, simfoni ketiga ini selesai pada Agustus 1804 dan pertama kali diperdengarkan di depan umum pada 7 April 1805 di Theater an der Wien di Wina.[1][2][3] Simfoni ini pada awalnya didedikasikan untuk Napoleon Bonaparte, tapi Beethoven kemudian tidak jadi mendedikasikannya setelah ia mengetahui bahwa Napoleon mengangkat dirinya sendiri menjadi kaisar.[4] Akhirnya, simfoni ini ditulis "untuk mengenang seseorang yang agung",[5] walaupun kemudian didedikasikan untuk patron utama Beethoven, Pangeran Joseph Franz von Lobkowitz.[2][3] Karya ini menandai dimulainya "periode tengah" komponis ini, yaitu saat ia menghasilkan sejumlah karya baru berskala besar dengan emosi yang dalam dan struktur yang ketat.[6][7] Simfoni ini dianggap sebagai ekspresi matang musik zaman klasik dari akhir abad ke-18 yang sekaligus juga memiliki ciri-ciri gaya musik romantik yang selanjutnya mendominasi pada abad ke-19.

Instrumentasi dan struktur[sunting | sunting sumber]

Simfoni ini ditulis untuk 2 suling, 2 obo, 2 klarinet Bes, 2 fagot, 3 horn Es, 2 trompet Es dan C, timpani Es dan Bes, serta alat musik gesek.

Terdapat empat bagian dalam karya yang berdurasi sekitar 50 menit ini:

  1. Allegro con brio
  2. Marcia funebre: Adagio assai (C minor)
  3. Scherzo: Allegro vivace
  4. Finale: Allegro molto

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beethoven, Kegan, Paul, Trench, Trubner & Co., London, 1930, hlm. 112
  2. ^ a b Bary Cooper, Dictionnaire Beethoven, Éditions Jean-Claude Lattès, 1991, hlm. 339
  3. ^ a b J. & B. Massin, Ludwig van Beethoven, Fayard, 1967, hlm. 635
  4. ^ George, Christopher T. (December 1998). The Eroica Riddle: Did Napoleon Remain Beethoven's "Hero?". "Beethoven: Letters, Journals and Conversations". Napoleonic Scholarship:The Journal of the International Napoleonic Society 1 (2). ISBN 0-8371-9899-2 
  5. ^ Edisi aslinya dapat dilihat di Beethoven-Hauss Bonn, diakses 4 Desember 2012
  6. ^ The Symphony, ed. Ralph Hill, Pelican Books (1949), hlm. 99
  7. ^ Symphony No. 6 in F Major, Op. 68 Pastorale (Schott), ed. Max Unger, hlm. vi