CFE (Belgia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CFE
S.A.
Kode emitenEuronextCFEB
IndustriKonstruksi, teknik sipil
Didirikan21 Juni 1880, dengan nama 'Compagnie générale de Chemins de fer secondaires'
Kantor
pusat
Brussels, Belgia
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
Raymund Trost (CEO)
PendapatanEURONEXT
Situs weben.cfe.be

CFE adalah sebuah perusahaan multidisiplin yang aktif pada sektor teknik sipil, konstruksi, lahan yasan, konsesi KPS, multiteknik, dan teknik kelautan.

Grup CFE berisi sejumlah divisi yang saling mendukung aktivitasnya satu sama lain. Divisi pengembangan konsesi dan properti dapat memberi kontrak kerja ke divisi konstruksi, yang kemudian juga dapat menjadi calon klien divisi multiteknik yang dapat merawat bangunan melalui kontrak kemitraan pemerintah swasta. Selain itu, sejumlah bisnis DEME juga berkaitan dengan bisnis teknik sipil dari Grup CFE.

Bisnis pertama CFE adalah konstruksi, lalu kemudian berekspansi ke pengerukan dan teknik kelautan. CFE memegang 50% saham DEME, salah satu pemimpin pasar dunia pada bisnis yang dijalaninya. Grup CFE melantai di Euronext Brussels,[1] dengan VINCI memegang 47% saham grup ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1880, Compagnie Générale de Chemins de Fer Secondaires dibentuk untuk membangun dan mengelola jalur kereta api dan trem melalui skema konsesi.

Pada tahun 1921, perusahaan ini mulai memasuki bisnis teknik sipil dan konstruksi, sehingga namanya diubah menjadi Compagnie Belge de Chemins de Fer et d'Entreprises.

Pada tahun 1930, perusahaan ini mendirikan Société Générale de Dragage untuk menggarap proyek pengerukan.

Pada tahun 1965, perusahaan ini mengubah namanya menjadi Compagnie d'Entreprises (CFE), karena menangani makin banyak bisnis konstruksi.

Pada tahun 1974, CFE dan Ackermans & van Haaren menggabungkan bisnis pengerukan milik keduanya untuk membentuk Dredging International.

Pada tahun 1981, CFE bergabung dengan Entreprises Ed. François et Fils, sehingga menjadikan CFE sebagai perusahaan konstruksi terbesar di Belgia.

Pada tahun 1989, GTM Group yang telah memegang sejumlah saham CFE sejak tahun 1987, resmi menjadi pemegang saham mayoritas CFE

Pada tahun 1991, Grup DEME dibentuk sebagai hasil asosiasi antara Dredging International dan Baggerwerken Decloedt. CFE juga mengakuisisi Nizet Entreprise.

Pada tahun 1999, CFE mengakuisisi Vanderhoydoncks Multitechnieken.

Pada tahun 2000, VINCI dan GTM bergabung, sehingga menjadi grup konstruksi global pertama di dunia. CFE juga meningkatkan kepemilikan sahamnya di Grup DEME menjadi 47,8%.

Pada tahun 2001, CFE memperkenalkan struktur organisasi baru, yang terdiri dari tiga divisi utama, yakni Divisi Konstruksi, yang menangani semua bisnis konstruksi CFE dan jasa terkait, lalu Divisi Pengerukan dan Lingkungan, dan Divisi Kelistrikan. Pada tahun yang sama, setelah menandatangani perjanjian dengan BPC (Bâtiments et Ponts Construction), CFE resmi membeli seluruh saham ABEB, anak usaha BPC di Antwerp. Pada bulan Desember 2001, CFE resmi bergabung dengan Bageci, Investissements et Promotion, dan Maatschappij voor Bouw- en Grondwerken (MBG).

Pada tahun 2004, CFE resmi mengakuisisi Bâtiments et Ponts Construction (BPC) dan Bâtipont Immobilier (BPI). CFE juga meningkatkan kepemilikan sahamnya di Grup DEME menjadi 50%. CFE lalu membentuk Divisi Jasa Manajemen & Lahan Yasan, sebagai pemekaran dari Divisi Konstruksi. Divisi Kelistrikan CFE kemudian juga berevolusi menjadi Divisi Multiteknik.

Pada tahun 2005, CFE mengakuisisi seluruh saham Aannemingen Van Wellen.

Pada tahun 2006, CFE menggabungkan bisnis Manajemen Properti dari Sogesmaint dengan CB Richard Ellis.

Pada tahun 2007, CFE mengakuisisi VMA NV Infra-Industry asal Ghent dan anak usahanya, VMA Slovakia. CFE kemudian juga mengakuisisi Amart asal Brussels yang fokus pada bisnis restorasi dan rehabilitasi bangunan. CFE kemudian membeli 25% saham Druart, sebuah perusahaan yang fokus pada bisnis pemanasan, ventilasi, pengkondisi udara, dan pendinginan.

Pada tahun 2008, CFE meningkatkan kepemilikan sahamnya di Druart menjadi 62,5%. CFE juga memperkuat Divisi Multitekniknya dengan mengakuisisi Stevens NV asal Halen (Limburg - Belgia), yang fokus pada bisnis instalasi elektroteknik, sinyal kereta api, kabel, lampu bandara, dan penanda, serta instalasi jaringan telekomunikasi.

Pada tahun 2009, bisnis Druart di Wallonia diperkuat dengan akuisisi terhadap Prodfroid. CFE juga mengakuisisi 64,95% saham Van De Maele Multi-techniek asal Meulebeke (Belgia). Elektro Van De Maele adalah sebuah kontraktor yang aktif pada bisnis instalasi listrik industrial, dan publik, lalu kelistrikan pengkondisi udara, serta instalasi, optimisasi, dan otomasi dari kandang kuda di industri pertanian.

Pada tahun 2010, CFE mengakuisisi mayoritas saham Terryn, pemimpin pasar pada bidang laminasi berikat di Belgia. CFE lalu membentuk "be.maintenance". CFE kemudian mengakuisisi 65% saham Brantegem NV yang fokus pada peralatan HVAC dan sanitasi.

Pada tahun 2011, CFE mengembangkan bisnis Divisi Multitekniknya dengan mengakuisisi ETEC yang aktif pada bisnis penerangan umum, serta memperkuat bisnis CFE pada jaringan utilitas bawah tanah. CFE kemudian menjalin kesepakatan dengan Leloup Entreprise Générale, yang aktif pada bisnis renovasi dan transformasi proyek kecil dan sedang di Brussels, Flemish Brabant, dan Walloon Brabant.

Aktivitas grup: lima divisi[sunting | sunting sumber]

Konsesi KPS[sunting | sunting sumber]

Divisi ini fokus pada:

  • Perancangan, pembangunan, pendanaan, dan perawatan proyek berskala besar maupun kecil. Sebagai imbalan atas pendanaan yang diberikan, setelah bangunan selesai dibangun, divisi ini akan mengadakan kesepakatan mengenai pengelolaan dan perawatan bangunan.
  • Pengembangan dan manajemen pelabuhan, konsultansi teknik pelabuhan, manajemen proyek, serta koordinasi kontrak untuk pengembangan kelautan.

Divisi Konsesi KPS antara lain menangani investasi CFE pada Coentunnel Company (18%), Locorail (25%), Turnhout (50%), Cap 3000 Bizerte (25%), PPP Eupen Schule (19%), dan Rent-A-Port (45%).

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Divisi ini merupakan bisnis pertama Grup CFE, yang fokus pada:

  • Konstruksi bangunan perkantoran, perumahan, hotel, fasilitas umum, sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, objek wisata, rumah sakit, bangunan industri (laboratorium, pabrik, pembangkit listrik, gudang, dsb.), pelabuhan, dan bandara
  • Renovasi dan transformasi bangunan
  • Pembangunan jalan, rel, pagar pengurang bising, serta instalasi hidrolik
  • Teknik sipil (terowongan, jembatan, bendungan, pintu air), pengembangan dermaga, konstruksi dermaga, instalasi pengolahan air, penanganan asap, pemasangan paku bumi, terminal operator gas, ladang angin, dsb.

Divisi ini beranggotakan Aannemingen Van Wellen, Amart, BAGECI, BPC, CFE Brabant, CFE Rômania, CFE EcoTech, CFE Hungary, CFE International, CFE Middle East (49%), CFE Nederland, CFE Polska, CFE Slovakia, CFE Tunisia, CLE, Geka, Groep Terryn, dan MBG.

Jasa manajemen & lahan yasan[sunting | sunting sumber]

Divisi ini fokus pada:

Divisi ini beranggotakan BPI, CFE Immo, CLi, Construction Management, dan Sogesmaint-CBRE.

Multiteknik[sunting | sunting sumber]

Divisi ini fokus pada:

  • Kelistrikan tersier, penerangan umum, peralatan elektro-teknik, jaringan telekomunikasi, elektrifikasi, persinyalan kereta api, kelistrikan bandara, otomasi di industri, agroindustri, dan bantalan rel, produksi papan sakelar bertegangan rendah dan kabinet bertegangan tinggi, transportasi energi melalui kabin bertegangan rendah dan tinggi, elektromekanik untuk instalasi pengolahan air, pompa air, dan kilang minyak, lampu landasan pacu, sistem keamanan dan kendali akses, panel surya dan fotovoltaik, serta koneksi jaringan nirkabel untuk kereta cepat.
  • HVAC: pemanasan, ventilasi, pengkondisi udara, fasilitas sanitasi, dan pendingin
  • Perawatan kelistrikan dan HVAC

Pengerukan & lingkungan[sunting | sunting sumber]

Divisi pengerukan dan lingkungan merupakan salah satu dari lima divisi di dalam grup CFE.

Pengerukan merupakan bisnis kedua yang dijalankan oleh CFE sejak tahun 1930 melalui SGD (Société Générale de Dragage). Sejak tahun 1974, SGD berubah menjadi Dredging International.

Grup DEME fokus pada:

  • pengerukan dan teknik kelautan: pendalaman kanal dan pelabuhan, ekstensi dan pemuatan ulang pantai, penggalian parit, bendungan urugan, pembuatan pulau, dan teknik kelautan. Bisnis ini dilakukan oleh Dredging International, Baggerwerken De Cloedt, MEDCO, SIDRA, ISD, SDI.
  • aktivitas minyak, gas, dan lepas pantai: pengembangan hidrolik, pengisian batu dari jalur pipa atau kabel, dan stabilisasi penghalang protektif, aktivitas dekat pantai (pengeboran batu dan pondasi untuk sistem dermaga dan tambatan), lepas pantai (pembuangan batu, pengembangan area pendaratan), studi jauh pantai dan geoteknik pada laut dalam. Aktivitas ini dilakukan oleh Tideway dan GEOSEA.
  • Transportasi muatan berat: pengampunan ulang, pembersihan dan pengangkutan bangkai kapal, operasi pengangkatan, serta pemasangan dan pelepasan muatan berat dari anjungan. Bisnis ini dilakukan oleh Scaldis (55% sahamnya dimiliki oleh DEME).
  • Lingkungan: drainase dan dekontaminasi tanah, penyimpanan lumpur tercemar, pengolahan limbah industri dan rumah tangga, rehabilitasi laguna, tanah, kawasan fluvial, dan kawasan industri tua. Bisnis ini dilakukan oleh Ecoterres/DEC (75% sahamnya dimiliki oleh DEME).
  • Bahan konstruksi: ekstraksi dan pengolahan agregat kelautan untuk konstruksi. Bisnis ini dilakukan oleh DBM, Europ' Agrégats, dan SKH Seekiesanlage et OAM-DEME.
  • Pertambangan laut dalam: riset dan ekstraksi bahan mentah dari laut dalam. Bisnis ini dilakukan oleh oceanflORE.
  • Konsesi: pengembangan dan pengelolaan ladang angin. Bisnis ini dilakukan oleh C-Power dan Power@sea.

Anggota grup[sunting | sunting sumber]

Diagram alir anggota Grup CFE
Anggota Grup CFE (sebagian).

Konsesi KPS

  • Coentunnel Company
  • Locorail
  • Parking Turnhout
  • Marine Bizerte
  • PPP Eupen
  • Rent-A-Port
  • IPEM
  • Rent-A-Port Energy

Konstruksi

  • Aann. Van Wellen
  • Amart
  • BAGECI
  • BPC
  • CFE Brabant
  • CFE EcoTech
  • CFE Hungary
  • CFE International
  • CFE Middle East
  • CFE Nederland
  • CFE Polska
  • CFE România
  • CFE Slovakia
  • CFE Tunisie
  • CLE
  • GEKA Bouw
  • Groep Terryn
  • Leloup
  • MBG

Jasa manajemen & lahan yasan

  • BPI
  • CLi
  • Construction Management
  • Sogesmaint-CBRE

Multiteknik

  • be.Maintenance
  • Brantegem
  • Druart
  • ENGEMA
  • ETEC
  • Nizet Entreprise
  • Prodfroid
  • Stevens
  • Van De Maele Multi-Techniek
  • Vanderhoydoncks
  • VMA
  • Voltis

Pengerukan & lingkungan

  • DEME

Proyek[sunting | sunting sumber]

Berikut sejumlah proyek yang dikerjakan oleh CFE:

  • Konsesi KPS[2]
  • Konstruksi[3]
  • Jasa manajemen & lahan yasan[3]
  • Multiteknik[4]
  • Pengerukan & lingkungan[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "European Equities". Euronext.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-31. Diakses tanggal 2013-04-12. 
  2. ^ "PPP-Concessions - CFE". En.cfe.be. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-21. Diakses tanggal 2013-04-12. 
  3. ^ a b "Construction - CFE". En.cfe.be. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-09. Diakses tanggal 2013-04-12. 
  4. ^ "Multitechnics - CFE". En.cfe.be. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-30. Diakses tanggal 2013-04-12. 
  5. ^ "Dredging & environment - CFE". En.cfe.be. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-09. Diakses tanggal 2013-04-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]