Cola (genus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cola
Cola acuminata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Cola

Spesies

Lihat teks

Cola adalah genus pohon asli hutan tropis Afrika dalam keluarga Malvaceae, subfamili Sterculioideae (sebelumnya diklasifikasikan dalam famili Sterculiaceae). Spesies dalam genus ini kadang-kadang disebut sebagai pohon kola atau kacang kola karena menghasilkan buah yang mengandung kafein dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan minuman. Genus ini dianggap berkerabat dekat dengan genus Theobroma yang berasal dari Amerika Selatan, tetapi sekarang genus tersebut ditempatkan di subfamili yang berbeda. Mereka berupa pohon yang selalu hijau, tumbuh setinggi 20 meter dengan daun bulat telur mengkilap hingga panjang 30 cm, dan buahnya berbentuk bintang.[1]

Asal & persebaran[sunting | sunting sumber]

Cola adalah genus dari Keluarga Malvaceae dengan sekitar 100 hingga 125 spesies tumbuhan yang terdapat di dataran rendah hijau dan hutan pegunungan (terutama tropis) di benua Afrika.[2] Kacangnya adalah biji yang dipanen dari polong, terutama dari spesies Cola nitida dan Cola acuminata.[2] Di luar daratan Afrika, beberapa spesiesnya dibudidayakan untuk diambil kacangnya seperti di Brazil, Jamaika, dan tempat lain di daerah tropis lembab.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duke, James A. (2001). Handbook of Nuts[halaman dibutuhkan]
  2. ^ a b Cheek, Martin (2002). "Three new species of Cola (Sterculiaceae) from western Cameroon". Kew Bulletin. Royal Botanic Gardens, Kew. 57 (2): 403–415. doi:10.2307/4111117. JSTOR 4111117.