Spensa Boys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Coboy Sanger)


Spensa Boys
AsalPendolo, Poso
Tahun aktif2017 (2017)
Artis terkaitGlenn Fredly
Anggota
  • Milliams Putra Mandalele
  • Yobel Dusu
  • Febrian Jenetrius Naben
  • Pheter David Christensen Tindoilo
  • Gian Gratcio Lala

Spensa Boys, adalah sebuah grup vokal pria yang berasal dari Pendolo, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia. Grup ini dibentuk pada bulan Januari 2013. Grup vokal ini terdiri dari Milliams Putra Mandalele, Yobel Dusu, Febrian Jenetrius Naben, Pheter David Christensen Tindolo dan Gian Gratcio Lala. Pada tanggal 14 Maret 2017, sebuah video yang diunggah di akun media sosial Facebook yang menampilkan mereka sedang menyanyikan lagu Hip Hip Hura dari penyanyi Chrisye, menjadi viral di dunia maya dan mendapatkan respon positif dari pengguna internet Indonesia.[1][2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Saat video mereka menjadi viral, grup vokal ini disebut Coboy Sanger. Setelah mendapatkan klarifikasi, nama yang benar adalah Spensa Boys. Nama Spensa diambil dari singkatan nama sekolah mereka, SMP Negeri 1 Pamona Selatan yang berlokasi di desa Pendolo, Kabupaten Poso, yang terletak di tepi selatan dari Danau Poso.[3]

Menjadi viral[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Maret 2017, sebuah akun Facebook membagikan kembali video yang sudah pernah diunggahnya pada tahun 2014, dan mendapatkan respon yang luar biasa. Video berdurasi sekitar 3 menit 22 detik mereka berlima bernyanyi dikelilingi warga. Mereka hanya mengenakan kaus dan celana pendek, tanpa alas kaki. Dalam video tersebut, mereka memainkan gitar dan ketipung. Video ini menarik perhatian Glenn Fredly, yang berniat untuk bertemu dan memproduseri mereka. Artis-artis dan para tokoh seperti Ernest Prakasa, Dewi "Dee" Lestari, Vino G. Bastian dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga memuji mereka.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Intan Pertiwi, Triroessita (15 Maret 2017). "Edan! Nyanyikan Hip Hip Hura Senbari Nge-Rap, Vokal Grup Asal Poso Ini Dibanjiri Pujian". Tribunnews. Diakses tanggal 30 Maret 2017. 
  2. ^ Fikri, Muhammad Rizal (15 Maret 2017). "Nyanyi Hip Hip Hura , Aksi Bocah-Bocah Ini Bikin Kagum". Solopos. Diakses tanggal 30 Maret 2017. 
  3. ^ Astarina, Sintia (17 Maret 2017). "Di Balik Viralnya Video Grup Vokal Anak Poso, Spensa Boys". Kompas. Diakses tanggal 30 Maret 2017. 
  4. ^ Astarina, Sintia (16 Maret 2017). "Glenn Fredly Ingin Jadi Produser Grup Vokal Anak Poso". Kompas. Diakses tanggal 30 Maret 2017. 
  5. ^ Astarina, Sintia (16 Maret 2017). "Ernest Prakasa dan Ganjar Pranowo Puji Grup Vokal Anak Poso". Kompas. Diakses tanggal 30 Maret 2017.