Cloudus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Cloudus
Patung Santo Cloudus di St. Cloud Hospital
Abbas dan pengaku iman
Lahir522[1]
Meninggalskt. 560[2]
Nogent-sur-Seine, Prancis[3]
Dihormati diGereja Katolik Roma
Gereja Ortodoks
Tempat ziarahSaint-Cloud, Prancis
Pesta7 September
Atributseorang Abbas Benediktin yang memberikan tutup kepalanya kepada orang miskin saat seberkas cahaya berasal dari kepalanya; dengan lencana kerajaan di kakinya atau menginstruksikan orang miskin[2]
Pelindungagainst bisul;[2] para pembuat paku; Roman Catholic Diocese of Saint Cloud[1]

Santo Clodoald (bahasa Latin: Clodoaldus, Cloudus ;522 – skt. 560 M), lebih dikenal sebagai Cloud, merupakan seorang putra Raja Clodomir dari Orléans dan istrinya Gondioque.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Cloudus dibesarkan di Paris oleh neneknya, Santa Clotilda. Dia adalah satu dari tiga bersaudara, yang semuanya menjadi sasaran pembunuhan oleh pamanda mereka, Clotaire I. Saudara-saudara Cloudus, Theodoald dan Gunther, dibunuh oleh Clotaire saat mereka berusia sepuluh dan sembilan tahun, tetapi Cloudus selamat dengan melarikan diri ke Provence.

Cloudus menolak semua hak waris takhta, dan hidup sebagai seorang pertapa dan murid Santo Severinus dari Norikum.

Dikunjungi oleh banyak orang untuk nasihat dan penyembuhan, Cloudus pada dasarnya tidak mendapatkan apapun dengan menjauhkan diri dari masyarakat. Karena itu dia kembali ke Paris, dimana dia diterima dengan sukacita. Atas permintaan rakyat, dia ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Eusebius di Paris pada tahun 551, dan melayani gereja tersebut untuk beberapa lama.

Cloudus mendirikan sebuah biara di sebuah dusun di Seine dekat Versailles. Dusun, yang awalnya bernama Novigentum, dinamai sebagai Saint-Cloud untuk menghormati Cloudus. Biara sekarang adalah gereja perguruan tinggi kanonik regular yang biasa disebut Église Saint-Clodoald [fr] (fr ) dimana relikuinya disimpan. St. Cloud, Wisconsin dan St. Cloud, Minnesota pada gilirannya dinamai menurut kota Prancis.

Hari raya Cloudus jatuh pada tanggal 7 September.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Jones, Terry. "Cloud". Patron Saints Index. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-07. Diakses tanggal 2007-03-04. 
  2. ^ a b c Rabenstein, Katherine (November 1998). "Cloud (Clodoald, Clodulphus) of Nogent". Saint of the Day, September 7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-31. Diakses tanggal 2012-03-08. 
  3. ^ Monastère du Magnificat (2006-09-27). "Saint Cloud or Clodoald". Lives of the Saints. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-22. Diakses tanggal 2007-03-04.