Gondioque

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Guntheuc (atau Gondioque) (495 – skt. 532) merupakan istri Clodomir, raja Orléans. Dia kemudian menikahi saudaranya Clotaire I, raja Soissons.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Guntheuc mungkin berasal dari Bourgogne dan cucu Godegisel seorang Raja Bourgogne.[1] Dia secara singkat disebutkan di dalam History of the Franks Gregorius dari Tours .[2] Pada tahun 517 dia menikah dengan Clodomir, raja Orléans. Mereka kemungkinan adalah orang tua Gunthar, Theudebald, dan Cloudus (kemudian dikanonisasikan sebagai Santo Cloudus).[3]

Raja Clodomir memimpin sebuah ekspedisi melawan Bourgogne pada tahun 524. Dia terbunuh dalam ekspedisi ini, pada musim semi atau musim panas tahun yang sama, pada Pertempuran Vézeronce. Ketiga putranya dipercayakan kepada ibundanya Clotilda sampai jandanya menikah dengan Clotaire I. Clotaire, bagaimanapun, memerintahkan pembunuhan Clodomir dan anak-anaknya, meskipun Cloudus berhasil melarikan diri.[4] Lebih dikenal sebagai Santo Cloudus, ia kemudian menjadi abbas Nogent, setelah menyerahkan rambutnya, simbol royalti Franka, dan bukannya menyerahkan hidupnya.

Setelah kematian Clodomir, Guntheuc menikah dengan saudaranya Clotaire I, raja Soissons. Pernikahan Clotaire dengan Guntheuc memberi Clotaire akses ke perbendaharaan Clodomir dan memastikan hak-hak Guntheuc sebagai pewaris tunggal tanah Raja Godégisile; karena hukum Franka mengizinkan seorang wanita mewarisi tanah jika dia tidak memiliki keturunan laki-laki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Information from the French language Wikipedia page. Needs a source
  2. ^ Grégoire de Tours, Histoire, livre III, 6.
  3. ^ Christian Bouyer, Dictionnaire des Reines de France, Librairie Académique Perrin, 1992 ISBN 2-262-00789-6, p. 32-33
  4. ^ Rabenstein, Katherine (November 1998). "Cloud (Clodoald, Clodulphus) of Nogent". Saint of the Day, September 7.