Claudia/Jasmine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Claudia/Jasmine
Claudiajasmine.jpg
Sutradara Awi Suryadi
Produser Delon Tio
Penulis Awi Suryadi
Pemeran Kinaryosih
Kirana Larasati
Andhika Pratama
Nino Fernandez
Mieke Amalia
Ira Maya Sopha
Fikri Ramadhan
Dinda Kanyadewi
Sakurta Ginting
Musik Ricky Lionardi
Sinematografi Suadi Utama
Penyunting Yoga Krispratama
Distributor Nation Pictures
Tanggal rilis
21 Februari 2008
Durasi
112 menit
Negara Indonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2008

Claudia/Jasmine merupakan sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 2008. Film produksi Nation Pictures ini disutradarai oleh Awi Suryadi dan dibintangi antara lain oleh Kinaryosih, Kirana Larasati, Andhika Pratama, dan Nino Fernandez. Tayang perdananya pada 21 Februari 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Claudia

Claudia (Kirana Larasati), adalah seorang gadis SMU yang cantik dan periang , seorang idealis yang sangat percaya bahwa satu wanita diciptakan untuk satu manusia. Walaupun teman – temannya selalu mendorong untuk menjalin kasih dengan teman sekolahnya, dia lebih memilih untuk menunggu datangnya cinta yang hanya ditakdirkan untuk dirinya. Namun Claudia tidak pernah menanggapi perasaan cinta seorang cowok nerd bernama Olaf (Fikri Ramadhan). Segala rutinitas yang membosankan berakhir sampai akhirnya ia bertemu dengan Tody (Andhika Pratama), pria tampan yang romantis yang mulai mengisi hidupnya. Setelah terlibat sebuah perkelahian, Claudia dan Tody semakin dekat dan mulai menjalin hubungan. Namun hubungan erat Claudia mulai rusak saat ia dan Tody melakukan hubungan intim yang mengakibatkan kehamilan Claudia. Tody yang pada mulanya ingin bertanggung jawab, tidak sanggup melawan keinginan orangtuanya yang menginginkan ia pergi kuliah ke Amerika. Tody hanya memberikan Claudia sebuah cek sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Claudia yang semakin bingung karena keadaan kehamilannya, memutuskan untuk menggugurkan kandungannya di rumah. Kebetulan saat itu, Olaf baru masuk ke rumah Claudia dan menemukannya telah terbujur di kamar, Olaf lalu membawanya ke rumah sakit. Sementara sepupu Olaf, Todi, yang telah menghamili Claudia, sudah pergi ke Amerika tanpa pertanggungjawaban moral sedikitpun. Maka Olaflah yang setia menemani Claudia hingga ia sembuh dari pengarbosiannya.

Jasmine

Jasmine (Kinaryosih), wanita cantik yang independent, pekerja keras, dan skeptis tentang cinta. Pekerjaannya sebagai SPG kendati membuatnya lumayan sukses, impiannya adalah mempunyai coffee shop sendiri. Walaupun umurnya menjelang kepala tiga, dia lebih memilih hidup sendiri dan menutup hatinya meski banyak pria yang berusaha memenngkan hatinya dan menghalalkan segala cara, yang kadang membuat Jasmine juga terpaksa menghalalkan segala cara untuk menolak. Di hari perkawinan temannya Lulu (Mieke Amalia)dan suaminya Andre (Agastya Kandou), Jasmine bertemu dengan seorang pria bernama Jerry (Nino Fernandez). Selain Lulu, Jasmine juga mempunyai teman bernama Indra (Tizza Radia) yang selalu bersama dengannya. Sesampai di rumah, Jasmine kembali dikerubungi oleh pertanyaan ibunya (Ira Maya Sopha) yang mengenai pernikahan Jasmine yang tak kunjung tiba. Termasuk kemenangan setelah berhasil memukul mundur seorang pria bernama Markus (Mario Lawalata), berkat kegigihan Jerry, Jasmine dan Jerrypun mulai menjadi akrab.

Pada satu pertemuan dengan Jerry, Jasmine mengungkapkan kejadian kehamilannya pada beberapa tahun yang lalu saat Jerry mengatakan kalau ia mencintai Jasmine. Dari cerita Jasmine, terungkaplah fakta bahwa Claudia dan Jasmine adalah orang yang sama. Claudia yang dahulu menggugurkan kandungannya, terpaksa pindah ke Jakarta bersama keluarganya dan disana, ia memulai hidup baru dengan Jasmine sebagai nama panggilannya.

Claudia/Jasmine

Pada malam setelah kepergian Jasmine dari Jerry, ayahnya (Tio Pakusadewo) mempertemukan Jasmine dengan Olaf yang dikira Jasmine masih berada di Jerman. Jasmine yang sudah merasa Olaf sebagai sahabat, dengan terpaksa menolak Olaf, membiarkan Olaf yang sudah jauh-jauh pulang dari Jerman dengan hasil yang hampa. 4 bulan kemudian, Jasmine dan Jerry tidak berhubungan lagi. Jerry kemudian bertemu kembali dengan anak jalanan yang dulu pernah ketemu saat Jerry dan Jasmine makan bersama, Ari (Sakurta Ginting). Ari menyarankan kepada Jerry untuk kembali mengejar Jasmine. Lalu Indra yang bertemu dengan Jerry, memberikan alamat coffee shop Jasmine dan mendukung Jerry untuk mendapatkan Jasmine kembali karena Jasmine sebenarnya masih menyukai Jerry.

Jasmine, di malam hari, mendapat pesanan kopi untuk diantar, yang dia ketahui sepertinya dari Jerry. Di tempat pertemuan mereka, Jerry mengatakan bahwa ia bisa menerima Jasmine walau mempunyai masa lalu yang kelam, dan akhir yang bahagia, mereka berhasil melanjutkan hubungan mereka. Peristiwa itu disaksikan oleh Ari, di tangan Ari terdapat notes bertuliskan nama-nama pasangan. Di urutan pertama terdapat Romeo dan Juliet yang gagal, lalu di urutan kedua terdapat Rangga dan Cinta yang berhasil, dan di urutan ketiga terdapat Claudia Jasmine dan Jerry yang berhasil juga, dan di urutan keempat, terdapat nama Olaf dan Paris Hilton. Lalu, sebuah truk berjalan melewati dirinya dan bersamaan dengan itu, Ari menghilang.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tahun Kategori Penerima Hasil
Festival Film Indonesia 2008 Piala Citra untuk Film Bioskop Terbaik Claudia/Jasmine Nominasi
Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Tizza Radia Nominasi
Ira Maya Sopha Nominasi
Piala Citra untuk Skenario Terbaik Awi Suryadi Nominasi
Piala Citra untuk Penyuntingan Terbaik Yoga Krispratama Menang
Festival Film Bandung 2008 Pemeran Utama Wanita Terpuji Kirana Larasati Nominasi
Editor Terpuji Yoga Krispratama Nominasi
Penulis Skenario Terpuji Awi Suryadi Nominasi
Penata Kamera Terpuji Suadi Utama Nominasi
Penata Musik Terpuji Ricky Lionardi Nominasi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]