I Know What You Did on Facebook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
I Know What You Did on Facebook
SutradaraAwi Suryadi
ProduserShankar RS
Ditulis olehAlberthiene Endah
Adithya Adji
Awi Suryadi
PemeranEdo Borne
Kimmy Jayanti
Fanny Fabriana
Agastya Kandou
Yama Carlos
Imelda Therinne
Restu Sinaga
Fikri Ramadhan
Penata musikRicky Lionardi
SinematograferRoby Herbi
PenyuntingRamatyo Wicaksono
DistributorSisterbros Nationtainment
Digital Film Maker
Tanggal rilis
15 Juli 2010
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2010

I Know What You Did on Facebook adalah film drama komedi seru tahun 2010 yang disutradarai dan ditulis oleh Awi Suryadi, sutradara Claudia/Jasmine. Film yang dirilis tanggal 15 Juli 2010 ini menceritakan tentang kisah percintaan yang terjalin lewat situs jejaring sosial Facebook dan imbasnya yang terjadi di dunia nyata. Film ini dibintangi oleh Fanny Fabriana, Edo Borne, Imelda Therinne, Restu Sinaga, Agastya Kandou, dan memperkenalkan Kimmy Jayanti sebagai salah satu pemain utama.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Luna dan Via[sunting | sunting sumber]

Luna (Fanny Fabriana) adalah seorang wanita yang pendiam, independent dan tenang, tetapi berpacaran dengan Reno (Edo Borne), seorang pria urakan, yang bicaranya tidak pernah disaring dulu diotak. Via (Kimmy Jayanti) adalah seorang wanita yang keras, bebas dan agresif, tetapi berpacaran dengan Tio (Fikri Ramadhan), yang sangat pendiam dan norak walaupun sebenarnya sangat baik. Luna dan Via masing-masing curhat tentang masalah mereka di Facebook, sampai akhirnya Via mendapatkan ide untuk pura-pura bertukar pacar mereka di Facebook. Kronologisnya adalah, mereka akan me-remove pacar masing-masing dari Facebook, lalu mereka akan meng-add pacar yang satunya, dan akan mendekatinya, sekalian mengetes apakah mereka setia atau tidak. Luna awalnya tidak setuju, tetapi akhirnya setuju juga. Mereka tidak tahu bahwa yang mereka lakukan ternyata memiliki imbas pada akhirnya.

Awalnya mereka hanya saling bertukar comment, saling bercerita pada pacar masing-masing, tetapi ternyata Via ingin lebih. Via benar-benar menyukai Reno yang sangat sama sifatnya dengan Via. Via mulai sering mengajak Reno jalan-jalan bahkan Via mencium Reno sekali setelah mengantarnya pulang. Sedangkan Luna sendiri hanya bertukar cerita dan saling curhat dengan Tio, terutama Tio curhat karena Via sepertinya benar-benar tidak menyukainya lagi. Suatu saat, Luna mengecek account Facebook Via dan menemukan banyak comment-comment mesra dari Reno. Luna pun berniat melabrak Via namun ia urungkan. Luna curhat terbuka kepada Tio disuatu restoran, hanya untuk dipergoki oleh Reno. Reno marah dan memukuli Tio. Reno yang marah pun digoda oleh Via dan mereka melakukan hubungan badan. Reno sempat akan menolak karena teringat "Janji Kelingking"-nya dengan Luna, tetapi ia tak kuasa menolak.

Luna, yang pada akhirnya mengetahui bahwa Reno telah tidur dengan Via, sangat marah dan melabrak Via dikamarnya. Mereka berkelahi habis-habisan dan Luna hampir membunuh Via di WC kamarnya, tetapi digagalkan oleh satpam setempat. Hidung Via patah sedangkan Luna luka dikepalanya. Via pun mendatangi Reno untuk menyatakan cinta, tetapi sangat terkejut ketika Reno mengatakan ia hanya menganggap Via teman. Via yang kecewa, marah dan patah hati meninggalkan Reno. Sebelum pergi, Via bercerita bahwa yang ia pukuli direstoran waktu itu adalah pacarnya, dan mengejek Reno dengan menyuruhnya makan saja jari kelingkingnya karena Reno sudah mengingkari "Janji Kelingking"-nya dengan Luna. Reno berusaha kembali mendapatkan Luna namun sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Luna juga sudah berhubungan badan dengan Tio. Reno dan Luna tidak bisa memaafkan yang lainnya sehingga mereka tak bicara lagi.

Reno akhirnya pergi kerumahnya untuk mengambil pisau dan memotong jari kelingkingnya, tetapi sebelum ia melakukannya ia dihentikan oleh kakaknya. Pada akhirnya, Via, Luna dan Reno menghapus account Facebook mereka yang mempunyai kenangan buruk itu. Meskipun berat, tetapi ketiganya tersenyum setelah menghapus account mereka ditempat terpisah.

Doni dan Erick[sunting | sunting sumber]

Doni (Agastya Kandou), kakak Reno, adalah seorang pria mapan dengan pekerjaan tetap, gaji mumpuni dan wajah yang tampan. Namun ia belum juga mendapatkan seorang wanita digandengannya, tidak seperti adiknya yang bahkan akan menikah. Saat Doni pergi kekantornya, ia melihat koleganya Erick (Yama Carlos) dan kebetulan mereka satu lift. Doni merasakan perasaan yang selama ini tidak ia ketahui tentang Erick, dan sadar bahwa ia mencintai Erick, dan sadar bahwa ia adalah seorang gay. Setelah beberapa usaha yang gagal untuk menarik perhatian Erick, Doni menyerah dan akhirnya menggunakan akun Facebook samaran atas dirinya sendiri. Ia pun curhat dengan seorang pengguna lainnya dengan account "Monyet Gay" dan setelah mereka sering berhubungan, mereka sepakat untuk saling membuka jati diri sebagai gay. Doni membuka dirinya duluan dan memberitahu siapa namanya, dimana ia bekerja bahkan nomor handphone-nya. Sayangnya, Monyet Gay hanya membalas "i know you:)". Doni pun kesal sendiri karena akhirnya ada seseorang yang tahu ia seorang gay tanpa ia tahu siapa Monyet Gay itu.

Saat Reno akan memotong jari kelingkingnya, Doni datang pada waktunya dan menghentikan Reno. Doni pun membuka jati dirinya pada Reno bahwa ia seorang gay. Untungnya, Reno menerimanya karena bagaimanapun, Doni adalah kakaknya. Doni pun bercerita bahwa ada orang lain yang tahu jati dirinya. Untuk mengantisipasi hal ini, Doni pun mengundurkan diri dari pekerjaannya, dan saat akan naik lift, ia dihentikan oleh Erick. Saat di dalam lift, Erick mencium Doni dan terungkaplah bahwa Monyet Gay adalah Erick sendiri. Doni keluar dari lift itu setelah adegan tadi, ia tidak mengatakan apapun pada Erick, tetapi ia tersenyum penuh arti yang mengimplikasikan bahwa hubungan mereka akan terus melaju.

Marlene dan Jodi[sunting | sunting sumber]

Marlene (Imelda Therinne), kakak Luna, adalah wanita tipe ibu rumah tangga yang ideal. Marlene pintar memasak serta sangat peduli pada suaminya, Aryo (Restu Sinaga). Sayangnya, Aryo sangat sibuk pada pekerjaannya dan Marlene merasa sangat sepi dirumah sendirian setiap hari. Atas saran Luna, Marlene pun membuka account Facebook dan mendapatkan kegembiraan yang sudah lama ia cari. Suatu saat, ia di-add oleh seseorang bernama Jodi, yang berfoto seorang dengan badan atletis dan mempunyai hobi berlatih di gym. Marlene sangat tertarik pada Jodi, dan mereka mulai saling curhat di Facebook. Marlene mengatakan bahwa ia sangat tersiksa dengan sikap Aryo, dan Jodi, tidak diduga-duga meminta Marlene menjadi pacarnya walau hanya di Facebook. Marlene tertawa namun belum menanggapinya.

Aryo, dikantornya, sudah akan pulang saat sekretarisnya mengingatkan suatu berkas dokumen. Aryo meminta sekretaris tersebut mengambilkannya. Saat mencari kertas, Aryo melihat bahwa sekretarisnya yang sudah berkeluarga itu sedang chatting dengan seseorang di Facebook, Aryo sadar bahwa sekretarisnya sedang berselingkuh. Aryo sadar bahwa jika ia terlalu sibuk bekerja, Marlene bisa saja melakukan hal yang sama. Saat dirumah Aryo meminta maaf kepada Marlene yang sedang chatting dengan Jodi. Marlene memaafkan Aryo, dan Marlene digendong oleh Aryo menuju kamar mereka, untuk meluruskan hubungan mereka kembali.

Disuatu tempat yang gelap namun penuh lilin, Jodi akhirnya tampak. Jodi lalu mengaktifkan webcam pada laptopnya dan melepaskan kacamatanya, lalu mengenakan wig. Jodi juga sudah mengenakan lingerie dan selendang, padahal ia seorang laki-laki. Akhirnya diketahui bahwa Jodi adalah Tio, pacar Via, yang ternyata seorang transeksual. Jodi/Tio mengira bahwa ia adalah seorang wanita, dan di depan webcam laptopnya, Jodi/Tio mulai menari-nari erotis dalam lingerie dan wig tadi, dan film berakhir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Shankar RS selaku produser film ini mempunyai beragam pesan yang ingin ia sampaikan bersama sang sutradara, Awi Suryadi dalam film I Know What You Did on Facebook. Shankar berkata, bahwa ia ingin menampilkan ketiga kisah yang terjalin dalam film ini dengan ketiga motif dan tindakan masing-masing yaitu cinta, persahabatan, dan perselingkuhan. "Namun ketiga hal ini kita perlihatkan secara positif sehingga masyarakat bisa mengambil pelajaran berharga dari film ini, baik sisi positif maupun sisi negatifnya," terang Shankar. Tema Facebook yang diangkat disengaja karena hampir semua lapisan masyarakat Indonesia yang sudah memiliki akun Facebook dengan beragam latar belakang. Alasan itulah yang menjadikan tema Facebook yang diangkat ke layar lebar agar film ini bisa menjadi satir kepada penontonnya.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu tema soundtrack bertajuk film ini, Add My Facebook, dari lagu pertama dibawakan oleh Elva Sahvita.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Segera I Know Whay You Did On Facebook, diakses pada 30 Juni 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]