Cinta (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cinta
GenreDrama
Romansa
Diangkat dariSeandainya Aku Boleh Memilih
oleh Mira W
PengarangArmantono
SutradaraMaruli Ara
PemeranDesy Ratnasari
Primus Yustisio
Atalarik Syah
Rudi Salam
Dien Novita
Hanna Hasyim
Lagu pembukaBahasa Kalbu
oleh Titi DJ
PenggubahPurwacaraka
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Jumlah episode26
Produksi
ProduserLeo Sutanto
Kristuadji. L
LokasiJakarta
PenyuntingSentot Said
KameraRei Supriadi
Durasi1 Jam
Rumah produksiIndika Entertainment
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis
Jaringan penyiarRCTI
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Tanggal rilis1 Februari (1999-2-1) –
26 Juli 1999 (1999-7-26)

Cinta adalah sinetron Indonesia yang ditayangkan di RCTI pada tahun 1999. Sinetron ini dibintangi oleh Desy Ratnasari, Primus Yustisio, dan Atalarik Syah sebagai pemeran utama. Sinetron ini disutradarai oleh Maruli Ara dan kisahnya diadaptasi dari novel yang berjudul Seandainya Aku Boleh Memilih karya Mira W.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rini adalah anak ketiga dari sebuah keluarga yang keras dalam mendidik anak-anaknya. Irwan abang sulungnya dipaksa masuk Fakultas Teknik, dan belum juga lulus kuliah meski sudah kuliah sembilan tahun. Arman, anak kedua, masuk ekonomi meskipun lebih suka main musik. Reny, adik Rini, dikirim untuk studi ke Australia. Rini kuliah di Kedokteran, meski itu juga bukan kemauannya.

Di kampusnya, Rini menjadi idola dan rebutan orang. Tapi pilihan Rini malah jatuh pada Andi, yang menderita penyakit jantung koroner. Haris, kakak Andi, meragukan kesungguhan Rini. Ibu Andi juga kuatir akan Andi akan kecewa. Namun Rini ingin membuktikan cintanya pada Andi. Atas bujukan Rini, Andi bersedia berobat ke Amsterdam. Selama Andi di Amsterdam, hubungan Rini dan Haris menjadi akrab, mulai tumbuh benih-benih cinta di antara mereka. Haris dan Rini berhubungan intim, dan Rini hamil.

Takut mengecewakan Andi, ibu Andi menyusun rencana. Haris dikawinkan dengan Sukma, meskipun Haris tidak mencintainya. Begitu Rini melahirkan, bayi Rini (Doni) diadopsi Haris dan Sukma. Rini menyusul Andi ke Amsterdam dan mereka menikah di sana. Haris sama sekali tidak memperdulikan Sukma. Perhatian Sukma sendiri tercurah kepada Doni. Sementara Rini sendiri tidak bisa merasakan kepuasan batin dari suaminya karena jantungnya yang lemah.

Beberapa tahun kemudian, Andi dan Rini kembali ke tanah air. Saat melihat Doni, pikiran Rini berubah. Dia menginginkan Doni, namun Sukma tidak rela. Diam-diam, Haris berusaha menjalin kembali hubungannya dengan Rini. Haris berusaha membujuk Sukma agar menyerahkan Doni. Karena Sukma tetap bersikeras, Haris ingin menceraikan Sukma.

Andi sangat terpukul saat mengetahui bahwa Rini dan Haris berselingkuh, dan buah cinta mereka adalah Doni. Andi meninggal karena stroke. Pada saat yang sama, Sukma hampir mati keracunan. Haris masuk penjara karena bukti-bukti peracunan itu mengarah kepadanya. Begitu Sukma mendengar tentang nasib Haris, dia akhirnya dirawat di rumah sakit jiwa. Kehilangan "ibu"-nya, Doni jatuh sakit. Ini mendorong Sukma cepat sembuh sehingga bisa menjenguk Doni. Pada akhirnya Rini sadar, Doni membutuhkan Sukma. Bukan Rini, meskipun dia adalah ibu kandung Doni.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini menampilkan soundtrack dari lagu yang dipopulerkan oleh Titi DJ berjudul Bahasa Kalbu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Nominasi Hasil
1999 Panasonic Awards 1999 Sinetron terfavorit Cinta Menang