Cibadak, Astanaanyar, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cibadak
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KotaBandung
KecamatanAstanaanyar
Kodepos
40241
Kode Kemendagri32.73.10.1005 Edit the value on Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Cibadak adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kawasan ini merupakan pecinan kota Bandung.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Tempat terkenal[sunting | sunting sumber]

Jalan Cibadak adalah mengambil nama tempat pemandian Badak dahulu di tempat ini tepatnya Gg Irsad merupakan berupa Kubangan dengan adanya mata air yang tidak pernah surut meskipun kemarau panjang, sampai sekarang pun masih mengalir tanda sisa situs Mata air Purba meskipun sekarang sudah ada berdiri Bangunan Gedung Balai Pengobatan, Juga Jl. Cibadak ini di masa perjuangan fisik tahun 1945 adalah sebagai tempat Pendaftaran Para Pejuang Kemerdekaan RI tepatnya di Pabrik Kue Olimpia, Juga Tempat tinggalnya Tokoh Pelukis Reklame A. Achmid pada tahun 1936 sebagai pelukis salah satu Galeri seorang wamil Belanda kebangsaan Belgia di jalan Braga, dan juga sebagai pembuat Logo Kodam Siliwangi yang lahir 20 Mei 1946 di Tasikmalaya.

Kawasan Cibadak ini terkenal dengan pusat jajanan malam kuliner di Bandung. Di sepanjang jalan Cibadak terdapat berbagai macam makanan baik masakan Tionghoa, makanan khas Bandung maupun makanan lainnya.

Kawasan Cibadak buka setiap hari (kecuali hari Kamis) mulai jam 6 sore hingga tengah malam. Jalan-jalan tersebut dapat digunakan untuk parkir kendaraan. Selain itu, uniknya juga terdapat lampion berwarna-warni yang menghiasi Jalan Cibadak layaknya di luar negeri.