Christian Kern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Christian Kern
Kern Portrait.jpg
Kanselir Austria ke-24
Masa jabatan
17 Mei 2016 – 18 Desember 2017
PresidenHeinz Fischer
Alexander Van der Bellen
WakilReinhold Mitterlehner
Wolfgang Brandstetter
PendahuluReinhold Mitterlehner (Pelaksana tugas)
PenggantiSebastian Kurz
Pimpinan Partai Demokrat Sosial Austria
Masa jabatan
25 Juni 2016 – 25 September 2018
PendahuluMichael Häupl (Pelaksana tugas)
PenggantiPamela Rendi-Wagner
Informasi pribadi
Lahir4 Januari 1966 (umur 53)
Vienna, Austria
Partai politikPartai Demokrat Sosial Austria
PasanganKarin Wessely (1985–2001)
Eveline Steinberger
Anak3 putera (dengan Wessely)
1 puteri (dengan Steinberger)
Alma materUniversity of Vienna
University of St. Gallen

Christian Kern (pengucapan bahasa Jerman: [ˈkrɪstja:n ˈkɛrn]; lahir tanggal 4 Januari 1966) adalah petahana Kanselir Austria dan merupakan ketua dari Partai Demokrat Sosial Austria (SPÖ).

Seorang jurnalis bisnis yang berprofesi sebagai anggota parlemen Partai Sosial Demokrat Austria, ia kemudian menjabat sebagai juru bicara pemimpin kelompok parlemen SPÖ pada pertengahan tahun 1990-an, sebelum menjadi manajer senior di perusahaan listrik terkemuka Austria Verbund AG. Pada tahun 2010, Kern ditunjuk sebagai pejabat Federal Kereta Api Federal Jerman (ÖBB), kemudian memimpin Perusahaan Kereta Api dan Infrastruktur Eropa (CER) mulai 2014 dan seterusnya . Setelah pengunduran diri Werner Faymann di tengah pemilihan presiden terpilih, pemilihan presiden terpilih tahun 2016, Partai Demokrat Sosial menunjuk Kern untuk bertugas di kantor eksekutif tertinggi negara tersebut.

Kern dilantik sebagai Kanselir Austria pada tanggal 17 Mei 2016, berjanji untuk melanjutkan "koalisi besar koalisi Austria dengan koalisi baru," menjanjikan "kesepakatan baru" yang akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan untuk kemakmuran ekonomi Austria. Kern mengkritik elit politik Austria sebagai orang yang terobsesi dengan kekuasaan dan tidak memiliki agenda politik yang berarti mengenai masa depan negara tersebut.

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kern dibesarkan di Simmering, sebuah distrik kelas para pekerja di Wina. Dia adalah anak seorang tukang listrik dan ibunya mantan sekretaris sebuah perusahaan.[1] Ia belajar jurnalisme dan studi komunikasi di Universitas Wina, setelah tamat, Kent melanjutkan studi pascasarjana di Management Zentrum St. Gallen.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kern memulai kariernya pada tahun 1989 sebagai penulis jurnalis bisnis untuk majalah Wirtschaftspressedienst dan majalah bisnis Austria Option. Lalu pada tahun 1991, dia menjadi asisten wakil menteri negara bagian untuk pegawai negeri, Peter Kostelka. Ketika Kostelka menjadi ketua kelompok parlemen Partai Sosial Demokratik Austria pada tahun 1994, Kern tetap menjadi kepala kantor dan juru bicaranya.

Pada tahun 1997, Kern pindah ke kantor pemasok listrik terbesar di Austria, Verbund AG, dari tahun 1999 dia mengawasi pemasaran dan penjualan. Pada tahun 2007, dia ditunjuk sebagai manajer senior yang mengawasi investasi merger dan akuisisi asing, dan transmisi transmisi tegangan tinggi Austria.[2]

CEO Federal Kereta Api Austria[sunting | sunting sumber]

Kern pada tahun 2011 saat pembukaan dimodernisasi Bahnhofscity Wien West

Pada tahun 2010, Kern terpilih untuk mengambil alih posisi sebagai CEO Federal Kereta Api Austria (ÖBB).[1] Dia kemudian ditunjuk menjadi ketua Perusahaan Kereta Api dan Infrastruktur Eropa (CER) pada tahun 2014.[3] Selain itu, Kern juga telah menjadi anggota dewan FK Austria Wien sejak 2009.

Dalam perjalanan krisis ekonomi migran 2015, Kern mengorganisir pengangkutan ratusan ribu migran yang berasal dari "rute Balkan" di seluruh negeri itu. Dia dianggap sebagai pendukung kebijakan migrasi Kanselir Jerman Angela Merkel.[4] Pimpinan [[Federasi Serikat Pekerja Austria Roman Hebenstreit, yang juga merupakan ketua dewan kerja ÖBB, menggambarkan Kern sebagai bos ÖBB pertama yang benar-benar berdiri bersama-sama dengan pekerjanya.[1]

Kanselir Austria[sunting | sunting sumber]

Kern dengan Presiden Austria Alexander Van der Bellen, 20 Desember 2016

Sejak tahun 2014, Kern berulang kali disebut sebagai salah satu penerus yang mungkin untuk menggantikan Kanselir Werner Faymann.[5] Pada tahun 2015, majalah berita Austria Profil menyebut dia sebagai "Kanselir Hati" dan Federal Kereta Api yang dipimpinnya sebagai "satu-satunya lembaga negara yang tetap bekerja sempurna di tengah krisis pengungsi".[6]

Setengah tahun kemudian, ketika pada tanggal 9 Mei 2016 Kanselir Faymann mengundurkan diri dari semua jabatannya, Kern kembali ditunjuk sebagai salah satu kandidat bersama manajer Time Warner Gerhard Zeiler dan mantan manajer Siemens Brigitte Ederer.[7]

Pada sesi pertemuan anggota partai tanggal 12 Mei 2016, Partai Sosial Demokrat sepakat untuk mencalonkan Kern untuk menjabat di kantor eksekutif tertinggi negara tersebut. Dia diumumkan untuk diangkat menjadi Kanselir baru pada tanggal 17 Mei 2016, dan kemudian ditunjuk sebagai ketua partai pada kongres partai pada tanggal 25 Juni 2016.[8][9]

Kern dilantik pada tanggal 17 Mei oleh Presiden yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, Heinz Fischer. Pada konferensi pers pertamanya, Kern menyerukan perubahan gaya kerja sama di dalam pemerintahan koalisi, memperingatkan kedua pihak mempertaruhkan yang terbaik. Dia juga menegaskan kembali posisinya dalam menyikapi krisis pengungsi, Austria benar-benar "tidak akan membiarkan wanita dan anak-anak berdiri di bawah hujan," dan dia memastikan adanya ketertiban dan pengawasan bagi para pengungsi.[4]

Kegiatan Lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Christian Kern: no more normal service". The Local. 13 May 2016. Diakses tanggal 23 Mei 2016. 
  2. ^ "The Suppressed Years Railway and National Socialism in Austria 1938 – 1945" (PDF). ÖBB. 2014. Diakses tanggal 21 Mei 2016. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ "CER Chairman Christian Kern to become new Austrian Chancellor | CER:Home". Community of European Railway and Infrastructure Companies. Diakses tanggal 20 Mei 2016. 
  4. ^ a b Ralph Atkins (17 May 2016). "New Austrian leader warns mainstream parties may 'disappear'". Financial Times. Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  5. ^ Rosemarie Schwaiger (2 August 2014). "ÖBB-Chef Christian Kern hat Chancen, Nachfolger von Kanzler Faymann zu werden". profil (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  6. ^ Eva Linsinger (16 September 2015). "Christian Kern: Kanzler der Herzen". profil (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  7. ^ Eric Frey (11 May 2016). "Kanzlernachfolge: Lieber Zeiler als Kern". Der Standard (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 21 Mei 2016. 
  8. ^ "SPÖ legt sich offenbar fest" (dalam bahasa Jerman). ORF. 12 May 2016. Diakses tanggal 12 May 2016. 
  9. ^ Cynthia Kroet (12 May 2016). "Christian Kern named as new Austrian Chancellor". Politico. Diakses tanggal 17 Mei 2016. 
  10. ^ Board of Trustees FK Austria Wien.
  11. ^ Board of Trustees Konzerthaus Vienna.

Prana Luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan bisnis
Didahului oleh:
Peter Klugar
CEO Federal Kereta Api Austria
2010–2016
Diteruskan oleh:
Andreas Matthä
Jabatan politik
Didahului oleh:
Reinhold Mitterlehner
Pelaksana tugas
Kanselir Austria
2016–sekarang
Petahana
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Michael Häupl
Pelaksana tugas
Ketua Partai Demokrat Sosial Austria
2016–sekarang
Petahana