Chongwenmen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Chongwenmen (Hanzi: ; Pinyin: Chóngwénmén; Manchu: ᡧᡠ
ᠪᡝ
ᠸᡝᠰᡳᡥᡠᠯᡝᡵᡝ
ᡩᡠᡴᠠ
; Möllendorff: šu be wesihulere duka) adalah sebuah gerbang (門, mén) yang dulunya merupakan bagian dari tembok kota Beijing, sekarang berlokasi di Distrik Dongcheng arah tenggara dari pusat kota Beijing, tepat di sebelah selatan Kawasan Legasi Beijing lama. Pada 1960-an, gerbang dan sebagian besar tembok dirobohkan untuk pembangunan Jalan lingkar ke-2. Bekas Chongwenmen sekarang menjadi perempatan Jalan Chongwenmen Nei (Dalam) dengan Chongwenmen Wai (Luar) yang membentang utara-selatan dan Jalan Chongwenmen Timur dengan Jalan Barat Chongwenmen yang membentang timut-barat, ada juga jalan diagonal yaitu Jalan Stasiun Barat Beijing di barat laut menuju ke Stasiun Kereta Beijing.

Chongwenmen merupakan salah satu simpul transportasi di Beijing. Stasiun Chongwenmen menjadi stasiun simpangan Jalur 2, Beijing Subway dengan Jalur 5, Beijing Subway. Distrik Chongwen (dari nama gerbang Chongwenmen) adalah sebuah divisi administrasi dari 1952 hingga 2010, saat ini diserap dan menjadi bagian dari Distrik Dongcheng.

Persimpangan Chongwenmen pada 2007, Hotel Hademen (dari nama Chongwenmen dalam bahasa sehari-hari) di kanan.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Gerbang Chongwen pada awal abad ke-20.

Selama Dinasti Yuan, gerbang ini dinamakan Wenmingmen (文明門) dan dalam bahasa sehari-hari disebut Hadamen (traditional 哈達門, simplified 哈大門) atau Hademen (traditional 哈德門, simplified 哈德门) karena dekat dengan kediaman pangeran Mongol Hada.[1] Nama Hademen bertahan hingga abad ke-20 bahkan menjadi merek rokok yang populer. Hotel Hademen sekarang menghadap ke bekas situs Chongwenmen. Di sebelah timur Chongwenmen terdapat Taman Reruntuhan Tembok Kota Beijing Ming yang memiliki bagian tembok kota Beijing dari zaman Dinasti Ming.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Selain dilintasi oleh berbagai rute Bus Beijing, Chongwenmen juga difasilitasi oleh Stasiun Chongwenmen yang dilalui dan disinggahi oleh Jalur 2 dan Jalur 5 Beijing Subway.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Chinese) 北京历史文化—崇文门 2013-05-03