Chilperic II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Chilperic II (bahasa Latin: Chilperikus; skt. 450–493 M) merupakan seorang Raja Bourgogne dari tahun 473 sampai kematiannya, meskipun pada awalnya menjadi rekan-penguasa dengan ayahandanya Gondioc dari tahun 463. Dia memulai masa pemerintahannya pada tahun 473 setelah partisi Bourgogne dengan adik-adiknya Godegisel, Gundobad, dan Godomar; dia memerintah dari Valentia Julia (Valence) dan saudara-saudaranya masing-masing memerintah dari Jenewa, Wina, dan Lyon.

Suatu hari pada awal tahun 470-an Chilperic terpaksa tunduk pada otoritas Kekaisaran Romawi oleh magister militum Ecdicius Avitus. Pada tahun 475, dia mungkin melindungi Ecdicius yang diasingkan setelah Visigoth mendapatkan kepemilikan Auvergne.

Setelah saudaranya Gundobad telah menyingkirkan saudaranya yang lain Godomar (Gundomar) pada tahun 486, dia menyalakan Chilperic. Pada 493 Gundobad membunuh Chilperic dan menenggelamkan istrinya, kemudian mengasingkan kedua putri mereka, Chroma, yang menjadi seorang biarawati, dan Clotilda, yang melarikan diri ke pamandanya, Godegisel. Ketika raja Franka, Clovis I, meminangnya, Gundobad tidak dapat menolaknya. Clovis dan Godegisel bersekutu dengan Gundobad dalam perang saudara yang panjang dan berlarut-larut.

Sumber[sunting | sunting sumber]