Chiaki (tarento)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Chiaki
Nama lahir Chiaki Fujimoto
Lahir 26 Oktober 1971 (umur 46)
Maizuru, Kyoto, Jepang
Media Owarai
TV
Kebangsaan Jepang
Tahun aktif 1991–sekarang
Genre Owarai
Suami/istri Shōzō Endō (2002–2007)

Chiaki (千秋), bernama lengkap Chiaki Fujimoto (藤本 千秋, Fujimoto Chiaki, lahir 26 Oktober 1971; umur 46 tahun), adalah tarento asal Jepang yang kariernya mulai dari penyanyi, desainer pakaian bayi, hingga peran suara, dan sejumlah karier lainnya di industri hiburan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Chiaki lahir di Maizuru, Kyoto pada tanggal 26 Oktober 1971. Ayahnya adalah pimpinan Nippon Sheet Glass. Karena pekerjaan ayahnya, ia pindah ke Ichihara, Chiba setelah ia lahir. Pada usia tiga tahun, ia mulai belajar piano, dan terus berlanjut hingga 12 tahun. Di sekolah menengah pertama, ia berlatih kendo sebagai bagian dari klub sekolah.

Pada tahun 1991, ia menjadi juara pertama dalam audisi tarento yang ditayangkan di Fuji TV. Kemudian, ia menjadi pengisi suara Nontan, dan menyanyikan lagu pembuka anime tersebut. Ia menjadi penyanyi sukses sebagai vokalis utama dari Pocket Biscuits, yang dibentuk pada tahun 1995 untuk acara Utchan Nanchan. Singel grup musik ini, Yellow Yellow Happy terjual jutaan salinan. Pada tahun 1998, grup musik ini tampil di pertunjukan musik Malam Tahun Baru Kōhaku Uta Gassen, dengan trio musik saingan Black Biscuits yang menampilkan Vivian Hsu. Mereka berhasil meraih rekor dua juta lebih salinan namun kemudian memutuskan untuk mengakhiri karier bernyanyi pada tahun 2000.

Ia menikah dengan Shōzō Endō pada pertengahan tahun 2002. Namun kemudian mereka bercerai pada bulan Desember 2007. Mereka memiliki seorang anak perempuan bernama Iroha yang lahir pada tahun 2003.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cocorico Endo, Chiaki Divorce". japan-zone.com (dalam bahasa bahasa Inggris). 31 Desember 2007. Diakses tanggal 15 Februari 2017. The couple, both die-hard fans of the Hanshin Tigers baseball team, married in July 2002 and had a baby daughter in May 2003. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]