Nontan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nontan (ノンタン) merupakan protagonis dari seri eponim buku bergambar anak-anak yang ditulis oleh Sachiko Kiyono. Seri ini memulai debutnya pada bulan Agustus 1976 dengan Nontan buranko o nosete[1] dan terus berlanjut hingga 40 volume pada 32 tahun pertama dengan jumlah penjualan lebih dari 28 juta salinan.[2] Buku dari seri ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis dan Tiongkok dan menjadi anime televisi pada tahun 1992 (yang suaranya diisi oleh Chiaki).[1]

Dalam seri tersebut, Nontan adalah seekor anak kucing nakal yang suka bermain dan mempelajari dunia di sekitarnya. Karakter lain dalam seri ini adalah Pig, kelinci kembar tiga bernama Raccoon, Bear, Bee, dan adik Nontan bernama Taatan. Ketika seri ini pertama kali ditayangkan, muncul kritikan mengenai kurangnya pesan moral, hingga ditakutkan akan mempromosikan tingkah laku yang tidak baik.[1] Menurut ahli psikologi Takashi Tomita, ini merupakan hal yang wajar karena Nontan memiliki sifat yang buruk dan kadang-kadang anak-anak tidak dapat merasa dekat dengannya.[1] Nontan telah digunakan untuk mempersiapkan anak-anak sebelum melewati proses pembedahan,[3] dan menjadi bahan analisis dalam artikel akademis.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d ノンタン、「30歳」に 「よい子じゃない」が魅力 絵本34巻、2700万部発行. Asahi Shinbun (dalam bahasa bahasa Jepang). 6 September 2006. hlm. 29. 
  2. ^ 「ノンタン」作者・キヨノサチコさん死去. Asahi Shinbun (dalam bahasa bahasa Jepang). 10 Desember 2008. hlm. 39. 
  3. ^ "小児患者へのプレパレーション効果--ノンタンが主人公の心臓カテーテル検査説明用ツールを導入". Safety Management (dalam bahasa bahasa Jepang). 3 (4): 48–51. Desember 2006. 
  4. ^ Kinugawa, Fumihito (31 Maret 2008). "One guide to reading and performing a picture book in view of one essence of play". Bulletin of Chiba Keizai College (dalam bahasa bahasa Jepang) (4). Diakses tanggal 31 Maret 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]