Chemical Abstracts Service

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chemical Abstracts Service
Tanggal pembentukan 1907
Kantor pusat Columbus, Ohio
Lokasi
  • Amerika Serikat
Bahasa resmi
Inggris
Presiden
Manuel Guzman
Situs web http://www.cas.org/

Chemical Abstracts Service (CAS) adalah sebuah divisi dari American Chemical Society yang merupakan sumber bagi informasi kimia. CAS berlokasi di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat Chemical Abstracts Service di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Chemical Abstracts (CA) dimulai sebagai upaya relawan dan dikembangkan dari sana. Penggunaan abstraktor sukarela telah dihapus pada tahun 1994. Chemical Abstracts telah dikaitkan dengan American Chemical Society dalam satu atau lain cara sejak tahun 1907.[1]

Selama bertahun-tahun, dimulai pada tahun 1909, kantor Chemical Abstracts bertempat di berbagai lokasi di kampus Ohio State University di Columbus, Ohio.[2] Pada tahun 1965, CAS pindah pada suatu lokasi baru seluas 50-acre (200.000 m2) di tepi barat Sungai Olentangy, tepat di sebelah utara kampus Ohio State. Kampus ini menjadi terkenal di daerah Columbus dan terkenal sebagai tempat konser Columbus Symphony Orchestra. Pada tahun 2009, kampus terdiri dari tiga bangunan.

Pada tahun 1907, William A. Noyes telah memperluas Review of American Chemical Research, sebuah publikasi abstrak yang dimulai oleh Arthur Noyes pada tahun 1895 yang merupakan pelopor Chemical Abstracts. Ketika menjadi jelas bahwa publikasi terpisah yang berisi abstrak ini diperlukan, Noyes menjadi editor pertama dari publikasi baru, Chemical Abstracts.

E. J. Crane menjadi Direktur Layanan Abstrak Kimia pertama saat menjadi divisi American Chemical Society pada tahun 1956. Crane adalah editor CA sejak tahun 1915, dan dedikasinya merupakan faktor kunci dalam kesuksesan jangka panjangnya.

Dale B. Baker menjadi Direktur CAS pada masa pensiun Crane pada tahun 1958. Menurut CAS, pandangan visioner tentang potensi CAS "menyebabkan ekspansi, modernisasi, dan penempaan aliansi internasional dengan organisasi informasi lainnya."[3] CAS adalah pemimpin awal dalam penggunaan teknologi komputer untuk mengatur dan menyebarkan informasi.[4]

Sistem Registri Kimia CAS diperkenalkan pada tahun 1965. CAS mengembangkan nomor registri unik untuk mengidentifikasi zat kimia. Instansi seperti U.S. Environmental Protection Agency dan pemadam kebakaran lokal di seluruh dunia saat ini bergantung pada angka-angka ini untuk identifikasi pasti zat-zat. Menurut ACS, ini merupakan basis data bahan kimia terbesar di dunia.

Pada tahun 2007, ACS menunjuk subdivisi Chemical Abstracts Service-nya sebagai pusat perhatian komprehensif penelitian kimia dan ilmu pengetahuan terkait.[5]

Cetakan periodik[sunting | sunting sumber]

Chemical Abstracts  
Singkatan (ISO) Chem. Abstr.
Disiplin ilmu Kimia (indeks)
Bahasa Inggris
Detail publikasi
Penerbit Chemical Abstracts Service (Amerika Serikat)
Sejarah penerbitan 1907-2010
Frekuensi Mingguan
Pengindeksan
ISSN 0009-2258
LCCN 09004698
CODEN CHABA8
OCLC 1553947
Pranala

Chemical Abstracts adalah suatu indeks periodik yang menyediakan ringkasan dan indeks dari pengungkapan dalam dokumen ilmiah yang baru-baru ini diterbitkan. Sekitar 8,000 jurnal akademik, laporan teknis, disertasi, prosiding konferensi, dan buku baru, dalam 50 bahasa, dipantau setiap tahun, serta spesifikasi paten dari 27 negara dan dua organisasi internasional. Chemical Abstracts menghentikan publikasi cetaknya pada tanggal 1 Januari 2010.[6]

Basis data[sunting | sunting sumber]

Dua basis data utama yang mendukung berbagai produk diantaranya adalah CAplus dan Registry.

CAplus[sunting | sunting sumber]

CAplus terdiri dari informasi bibliografi dan abstrak untuk seluruh artikel dalam jurnal kimia di seluruh dunia, dan artikel terkait kimia dari semua jurnal ilmiah, paten, dan publikasi ilmiah lainnya.

Registri[sunting | sunting sumber]

Registri mengandung informasi lebih dari 130 juta senyawa organik dan anorganik[7], dan lebih dari 64 juta protein dan urutan asam nukleat.[8][9] Urutan informasi berasal dari CAS dan GenBank, diproduksi oleh National Institutes of Health. Informasi kimia diproduksi oleh CAS, dan disiapkan oleh Sistem Registri CAS yang mengidentifikasi masing-masing senyawa dengan nomor registri CAS yang spesifik, nama indeks, dan representasi grafis dari struktur kimianya.

Penugasan nama kimia dilakukan sesuai dengan tata nama senyawa kimia untuk nama indeks CA, yang sedikit berbeda dari tata nama IUPAC, namun sesuai dengan peraturan IUPAC.

Produk[sunting | sunting sumber]

Basis data CAS tersedia melalui dua sistem basis data utama, yaitu STN dan SciFinder.

STN[sunting | sunting sumber]

Chemical Abstracts Service Building B pada Agustus 2009. Columbus, Ohio

STN (Scientific & Technical Information Network) International dioperasikan bersama-sama[10] oleh CAS dan FIZ Karlsruhe, dan ditujukan terutama untuk profesional informasi, menggunakan antarmuka bahasa perintah. Selain basis data CAS, STN juga menyediakan akses ke banyak basis data lain, mirip dengan Dialog.

SciFinder[sunting | sunting sumber]

SciFinder adalah basis data informasi kimia dan bibliografi. Awalnya aplikasi klien, versi web dirilis pada tahun 2008.[11] Ia memiliki antarmuka grafis, dan dapat dicari struktur dan reaksi kimia.

Versi klien adalah untuk kimiawan dalam organisasi komersial. Versi untuk Windows dan Macintosh juga hadir. SciFinder Scholar[12] diperuntukkan bagi universitas dan institusi akademis lainnya serta tidak memiliki beberapa fitur tambahan untuk pencarian multi-database.

CASSI[sunting | sunting sumber]

CASSI merupakan singkatan dari Chemical Abstracts Service Source Index. Sejak 2009, bekas kompilasi CD-ROM ini tersedia sebagai sumber daring gratis untuk mencari dan mengkonfirmasi informasi publikasi. Perangkat Pencarian CASSI daring menyediakan judul dan singkatan, CODEN, ISSN, penerbit, dan tanggal edisi pertama (sejarah) untuk jurnal pilihan. Juga termasuk bahasa teks dan bahasa ringkasannya.[13]

Rentangnya dari tahun 1907 sampai sekarang, termasuk publikasi ilmiah dan teknis serial dan non-serial. Basis data tersebut diperbarui setiap empat tahun.[13] Beyond CASSI mendaftarkan judul jurnal yang disingkat dari literatur kimia awal dan sumber referensi historis lainnya.[14]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ American Chemistry Society. Chemical Landmarks, Chemical Abstracts. "ACS Online". Diakses tanggal 2009-08-01. 
  2. ^ Chemical Abstracts Service. About CAS, CAS 100th Anniversary, CAS History: Milestones [Daring]. http://www.cas.org/aboutcas/cas100/annivhistory.html. Accessed 8.1.2009
  3. ^ Chemical Abstracts Service. About CAS, CAS 100th Anniversary, CAS History: Milestones, 1958 Dale Baker [Daring]. http://www.cas.org/aboutcas/cas100/annivhistory.html. Accessed 8.1.2009
  4. ^ David Flaxbart (Winter 2007). "Issues in Science and Technology Librarianship". Diakses tanggal 8 Januari 2009. 
  5. ^ Chemical Abstracts Service (CAS), American Chemical Society.
  6. ^ "CAS Printed Products". CAS. Diakses tanggal 2009-12-02. 
  7. ^ http://www.cas.org/content/at-a-glance
  8. ^ 50 Millionth Unique Chemical Substance Recorded in CAS REGISTRY, Reuters.com
  9. ^ "CAS Database Counter". cas.org. 
  10. ^ FIZ Karlsruhe. "STN International: Home". stn-international.com. 
  11. ^ "New SciFinder Available Via the Web". CAS. April 6, 2008.
  12. ^ SciFinder Scholar, CAS
  13. ^ a b "About the CAS Source Index (CASSI) Search Tool". Provided by Chemical Abstracts Service. American Chemical Society. December 2009. Diakses tanggal 2016-08-26. 
  14. ^ Peters, Marion, Beyond CASSI (PDF), Chemical Abstracts Service, diakses tanggal 2015-08-27 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]