Basis data Beilstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Beilstein's Handbook of Organic Chemistry

Basis data Beilstein adalah basis data besar dalam bidang kimia organik, di mana senyawa diidentifikasi secara unik oleh Nomor Registrasi Beilstein mereka. Basis data ini mencakup literatur ilmiah dari tahun 1771 sampai sekarang dan berisi informasi yang divalidasi secara eksperimental mengenai jutaan reaksi kimia dan zat kimia dari publikasi ilmiah asli. Basis data elektronik dibuat dari Beilstein's Handbook of Organic Chemistry, yang dibuat oleh Friedrich Konrad Beilstein pada tahun 1881[1], namun muncul secara daring dengan sejumlah nama berbeda, termasuk Crossfire Beilstein.[2] Sejak 2009, konten tersebut telah dipelihara dan didistribusikan oleh Elsevier Information Systems di Frankfurt dengan nama produknya "Reaxys".[3]

Basis data ini berisi informasi tentang reaksi, zat, struktur dan kimia. Sampaidengan 350 bidang yang berisi data kimia dan fisika (seperti titik lebur, indeks bias dan lain sebagainya) tersedia untuk setiap zat. Referensi terhadap literatur dimana data reaksi atau zat juga diberikan.

Konten Beilstein tersedia melalui Reaxys[4] dilengkapi dengan informasi yang diambil dari Gmelin (yang memberikan akses ke basis data Gmelin), gudang informasi mengenai kimia organologam dan anorganik yang sangat besar seperti informasi yang diambil dari basis data paten kimia. Merek dagang yang terdaftar pada Reaxys dan basis data itu sendiri dimiliki dan dilindungi oleh Elsevier Properties SA dan digunakan di bawah lisensi tersebut.

Basis data[sunting | sunting sumber]

Sejak 1994 Beilstein hadir sebagai basis data, yang pada tampilannya mengandung sekitar 6 juta struktur senyawa kimia. Basis data tersebut berisi informasi dari literatur ilmiah pada tahun 1771 sampai sekarang mengenai sifat kimia, fisika, farmakologi dan fisiologis senyawa organik sebagai nilai numerik, kata kunci atau sebagai entri teks.[1]

Sebuah perangkat lunak, Crossfire, didistribusikan ke basis data tersebut. Perangkat lunak ini berisi antarmuka pengguna grafis, di mana struktur kimia digambar, yang menurutnya basis data tersebut terkait dengan sifat zat, antara lain dapat dicari. Crossfire dihentikan pada akhir tahun 2010 dan diganti oleh program Reaxys, yang juga digunakan untuk mencari basis data Gmelin dan paten kimia.[4]

Akhir tahun 2008, lebih dari 10 juta struktur dan 10 juta reaksi dengan 37 juta catatan fakta terdaftar. Setiap catatan tersedia untuk referensinya pada literatur. Sekitar 2 juta artikel asli telah dievaluasi.[1]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

  • Cerita pendek Isaac Asimov "What's in a Name?" (1956) memperkenalkan Beilstein "Handbook of Organic Chemistry" sebagai salah satu unsur plot yang penting.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • (Jerman) Friedrich Richter (1957). 75 Jahre Beilsteins Handbuch der Organischen Chemie. Aufsätze und Reden. ISBN 978-3-642-53216-0. 
  • (Jerman) Reiner Luckenbach (1981). "Kennen Sie Beilstein?". Chemie in unserer Zeit 15 (2): 47–51. doi:10.1002/ciuz.19810150204. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Brockhaus ABC Chemie, VEB F. A. Brockhaus Verlag Leipzig 1965, p. 162.
  2. ^ Luckenbach (1981). "The Beilstein Handbook of Organic Chemistry- the first 100 years". J. Chem. Inf. Comput. Sci. 21: 83–86. 
  3. ^ "Press Room". Reaxys. Diakses tanggal 17 Maret 2013. 
  4. ^ a b "Reaxys". Diakses tanggal 4 January 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]