Cheirisofos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cheirisofos (bahasa Yunani Kuno: Χειρίσοφος) merupakan seorang jenderal umum Sparta yang bertempur dengan Sepuluh Ribu di bawah Kyrus Muda. Cheirisofos dikirim oleh ephor Sparta dengan 700 orang bersenjata berat (800 menurut Diodoros) untuk membantu Kyrus Muda dalam ekspedisinya melawan saudaranya Artahsasta pada tahun 401 SM. Dia bergabung dengan Kyrus dalam perjalanannya ke Issus di Kilikia.[1][2] Setelah Pertempuran Kounaxa, Klearkhos mengirim Cheirisofos dengan sebuah delegasi ke jenderal Persia Ariaeus untuk mengajukan tawaran untuk menempatkannya di singgasana Persia, tawaran yang ditolak Ariaeus.

Setelah penangkapan Klearkhos dan para jenderal lainnya, melalui pengkhianatan Tissafernis, Cheirisofos berperan aktif dalam mendorong pasukan dan jika tidak menghadapi darurat menjadi tentara tanpa pemimpin yang berada di dalam wilayah musuh, dan atas usul Xenophon, ditunjuk untuk memimpin vanguard tentara yang mundur itu. Dia memegang jabatan ini selama retret bekerja sama dengan Xenophon. Hanya ada satu waktu dimana ada perbedaan di antara mereka, dan itu disebabkan oleh para Cheirisofos telah menyerang, dengan kecurigaan marah, seorang armenia yang membimbing mereka, dan yang meninggalkan mereka karena penghinaan tersebut.[3][4]

Ketika orang-orang Yunani tiba di Trapezus, Laut Hitam, Cheirisofos mengajukan diri untuk pergi ke sahabatnya Anaxibius, laksamana Sparta di Byzantium, untuk mendapatkan sejumlah kapal untuk mengantar mereka ke Eropa; tapi dia tidak berhasil dalam daya tariknya.[5][6] Sekembalinya ke tentara, yang dia temukan di Sinop, dia terpilih menjadi panglima tertinggi, Xenophon telah menolak posisinya untuk dirinya sendiri dengan alasan bahwa dia bukan seorang Sparta.[7] Cheirisofos, bagaimanapun, tidak dapat memaksakan otoritasnya, atau menahan tentara Arkadia dan Akhaya untuk menjarah Heracleots. Pada hari keenam atau ketujuh setelah pemilihan Cheirisofos, pasukan ini, yang membentuk lebih dari setengah tentara, memisahkan diri dari yang lain dan pergi melalui laut di bawah sepuluh jenderal yang telah mereka tunjuk.

Xenophon kemudian menawarkan untuk melanjutkan perjalanan dengan sisa kekuatan, di bawah komando Cheirisofos, namun Cheirisofos menolak usulan tersebut berdasarkan saran dari Neon, yang berharap dapat menemukan kapal di Calpe yang dilengkapi oleh Cleander, harmost Sparta di Byzantium, dan berharap untuk mencadangkan mereka secara eksklusif untuk bagian mereka sendiri dari tentara. Dengan pembagian kecil yang masih di bawah komandonya, Cheirisofos tiba dengan selamat di Calp, di mana dia meninggal akibat obat yang ia minum karena demam.[8]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diodorus Siculus, Bibliotheca historica xiv 19, 21
  2. ^ Xenophon, Anabasis i. 4. ~ 3
  3. ^ Diodorus Siculus, Bibliotheca historica xiv. 27
  4. ^ Xenophon, Anabasis iii. 2. ~ 33, &c., 3. ~~ 3, 11, 4. ~~ 38-43, 5. ~~ 1-6, iv. 1. ~~ 6, 15-22, 2. ~ 23, &c., iii. ~~ 8, 25, &c., 6. ~~ 1-3.
  5. ^ Diodorus Siculus, Bibliotheca historica xiv. 30, 31
  6. ^ Xenophon, Anabasis v. 1. ~ 4, vi. 1. ~ 16
  7. ^ Xenophon, Anabasis vi. 1. ~~ 18-33
  8. ^ Xenophon, Anabasis vi. 2. 4, 4. ~ 11