Charles-Joseph Panckoucke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Charles-Joseph Panckoucke

Charles-Joseph Panckoucke (bahasa Prancis: [ʃaʁl ʒɔzɛf pɑ̃kuk]; 26 November 173619 Desember 1798) merupakan seorang penulis dan penerbit Prancis. Dia bertanggung jawab atas banyak penerbitan berpengaruh pada zaman itu, termasuk majalah sastra Mercure de France dan Encyclopédie Méthodique, penerus Encyclopédie oleh Denis Diderot. Panckoucke lahir di kota Lille, di mana ayahandanya André Joseph Panckoucke (17001753) adalah seorang penulis dan pencetak buku. Charles-Joseph menetap di Paris pada 1754, dan mendirikan toko bukunya sendiri pada 1762. Dia menggunakan kembali banyak produksi pematung Robert Bénard untuk mengilustrasikan karya-karya katalognya. Putra Panckoucke, Charles-Louis-Fleury Panckoucke, juga melanjutkan bisnis penulisan dan penerbitan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Robert Collison, Encyclopaedias: Their History Throughout the Ages, 2nd ed. (New York, London: Hafner 1966) pp. 134–135.
  • Robert Darton, The business of enlightenment: a publishing history of the Encyclope'die, (Cambridge: The Belknap Press of Harvard University 1979).